iklan

√ Berpikir Untuk Pindah Hosting (Lagi)

Sulit memang untuk mendapat sesuatu yang  √ Berpikir Untuk Pindah Hosting (Lagi)


Sulit memang untuk mendapat sesuatu yang “memuaskan” dengan harga yang “miring, begitu juga berlaku untuk menentukan jasa web hosting yang baik. Sudah hampir tiga tahun saya berlangganan di salah satu hosting terbesar di Indonesia dan selama itu bersama-sama tidak pernah menemukan hambatan yang berarti. Mungkin, satu-satunya komplain terbesar saya ialah adanya downtime yang cukup usang (untuk standar sekarang), namun masih dapat dianggap dalam batas kewajaran.


Selain problem downtime tersebut, ada satu problem besar yang benar-benar menciptakan saya berpikir untuk memindahkan hosting ke daerah lain. Masalah itu tak lain ialah page load time blog ini yang semakin lambat. Page Load Time ini maksudnya ialah waktu yang diperlukan untuk membuka sebuah situs secara optimal. Normalnya waktu muat sebuah halaman itu kurang lebih 2-5 detik dan khusus untuk server response time, Google bahkan memakai standar 200ms (2 detik) untuk Googlebot meng-crawl halaman anda biar ter-index dengan optimal. Tapi akan ada pembahasan tersendiri mengenai page load time dan server response time itu.


Berbicara mengenai page load time ini akan ada aneka macam yang mempengaruhinya, menyerupai faktor internal dan eksternal. Kalau dari faktor internal berkaitan dengan tema yang dipakai, kode script, plugin atau traffic. Sedangkan faktor eksternal lebih kepada sumber daya hosting menyerupai CPU, RAM, Webserver, lokasi server, bandwidth dan lain-lain. Khusus untuk faktor internal saya telah melaksanakan beberapa kustomisasi dari sisi end user dan yang paling besar pengaruhnya ialah ada beberapa baris script di tema ini yang rupanya menjadi biang keladi loading lambat telah saya buang. Dan ada plugin yang dirasa tidak signifikan juga telah di-uninstall namun itu semua belum cukup membantu.


Keresahan utama saya terhadap lambat-nya loading ini cukup teratasi dengan menambahkan plugin W3 Total Cache. Penggunaan plugin ini hanya bersifat sementara saja alasannya ialah pokok utama permasalahannya belum terselesaikan. Dahulu saya tidak pernah memakai plugin sejenis Cache itu alasannya ialah performa blog masih dirasa memuaskan namun entah kenapa semenjak beberapa bulan belakangan ini blog semakin usang semakin lambat untuk diakses. Sebagai gambaran, jika anda meng-klik sebuah URL dan ada jedah beberapa detik “kebengongan” sebelum URL tersebut terbuka berarti ada sesuatu yang tidak normal disana, alasannya ialah normalnya dikala sebuah URL di klik akan ada reaksi eksklusif tidak berhenti sebentar dahulu (berapapun kecepatan internet anda).


Kalau itu memang problem di pihak hostingnya hanya alasannya ialah saya berada di shared hosting kenapa gres kini saya mencicipi ketidaknormalan tersebut. Kenapa dahulu blog saya cepat untuk diakses padahal traffic ke blog ini pun dari dulu hingga kini tidak jauh berbeda dan tidak ada lonjakan yang fantastis. Sempat juga sih terbersit dipikiran jika paket saya ini di anak-tirikan oleh pihak hosting alasannya ialah mereka kini sudah ada paket gres yang lebih modern dengan teknologi cloud sedangkan saya sebagai pelanggan usang masih tertinggal di paket yang jadul. Apakah mungkin ada skala prioritas penggunaan server antara pelanggan usang dan pelanggan baru. Kalau kita berpikiran linear menyerupai itu sih dapat saja alasannya ialah problem ini mulai muncul dikala ada perkenalan paket gres di hosting tersebut.


Sebenarnya saya juga berlangganan hosting di daerah lain yang jauh sudah modern dengan teknologi Cloud dan SSD Powered dan hingga kini belum menemukan problem bahkan uptime-nya 100%. Tapi itu pokok bahasan yang lain dan saya tergelitik untuk sedikit ber-investigasi apakah memang benar hanya blog saya saja yang bermasalah di hosting tersebut atau ada blog lain yang sama-sama mencicipi problem serupa yang mana akan saya tulis di postingan selanjutnya.



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Berpikir Untuk Pindah Hosting (Lagi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel