iklan

√ Apakah Pakai Spotify Itu Boros Data?

Kuota data internet merupakan salah satu persoalan yang sensitif bagi dominan pengguna internet di Indonesia. Hal ini juga yang menjadi pertimbangan khusus ketika mereka ingin menginstall atau memakai aplikasi tertentu apalagi ketika ini kebanyakan aplikasi di ponsel berakal mengharuskan selalu terhubung ke internet. Nah melanjutkan postingan sebelumnya mengenai aplikasi musik berjulukan Spotify, kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai penggunaan data Spotify apakah boros atau tidak?


Untuk mengukur penggunaan data Spotify biar sedikit lebih akurat maka parameter yang ada dalam kasus ini yakni sebagai berikut:



  • Device Hisense Andromax Es

  • Konektivitas 4G LTE

  • Paket internet True Unlimited

  • Spotify versi 5.1.0.849

  • Akun Premium

  • Setting kualitas audio Extreme

  • Download Off


Tipikal Penggunaan Spotify



  • Kasual dimana hanya memakai Spotify sekitar 1-2 jam perhari selama 4-5 hari per minggu

  • Durasi lagu berkisar 2-4 menit

  • Sering skip antar lagu

  • Storage Spotify 302 MB dengan datanya 225 MB

  • Penggunaan bulan Januari, Februari, Maret dan s/d 19 April 2016


Setelah menetapkan parameter di atas maka hasil yang diperoleh menyerupai dalam data dibawah ini:


Kuota data internet merupakan salah satu persoalan yang sensitif bagi dominan pengguna int √ Apakah Pakai Spotify Itu Boros Data?


Total penggunaan data Spotify selama 3,5 bulan yakni 26,73 GB dimana penggunaan tertinggi berada di bulan Januari dan terendah ada di bulan Maret. Besarnya data ini berbanding dengan frekuensi pemakaian kita, semakin sering penggunaan Spotify maka akan semakin besar pula data internet yang diperlukan.


Seandainya rata-rata pengunaan data internet per orang di Indonesia ialah 2GB/bulan sudah terang Spotify bukan merupakan teman terbaik anda dalam mendengarkan musik. Perlu diingat juga bahwa konsumsi data Spotify tidak hanya untuk streaming audio saja tapi juga untuk me-render atau menampilkan images (gambar). Images juga berperan besar dalam menghabiskan data internet kita lantaran setiap lagu, artis, album, playlist, chart dan lainnya memerlukan gambar yang harus ditampilkan ketika kita memakai Spotify.


Kuota data internet merupakan salah satu persoalan yang sensitif bagi dominan pengguna int √ Apakah Pakai Spotify Itu Boros Data?


Tidak hanya rakus konsumsi data, Spotify juga mengharuskan kita mempunyai ruang penyimpanan yang cukup besar di ponsel. Ruang penyimpanan pada ponsel ini dipakai Spotify untuk menyimpan data aktifitas kita selama memakai Spotify menyerupai cache images atau lagu yang telah terd0wnl0ad. Saya yang belum pernah d0wnl0ad lagu saja sudah tergoda 302 MB dan jumlah ini akan semakin bertambah setiap kali kita memakai Spotify.


Dari detail data-data tersebut bergotong-royong sanggup disimpulkan bahwa Spotify bukanlah aplikasi yang ramah untuk pengguna Internet dengan contoh penggunaan yang biasa-biasa saja. Memang di satu sisi Spotify menghemat ruang penyimpanan ponsel untuk koleksi lagu-lagu kita tapi aplikasi Spotify juga membutuhkan ruang yang jumlahnya bahkan sama jika kita pribadi menyimpan lagu-lagu tersebut.


Memang sih data tersebut sanggup dihapus setiap ketika tanpa harus meng-uninstall aplikasinya sendiri tapi langkah ini juga tidak terlalu efektif lantaran kita harus setiap ketika rajin menghapus data yang semakin besar. Oleh alasannya yakni itu berdasarkan saya Spotify akan lebih efektif dan efesien bagi para penikmat musik kelas berat yang mempunyai ketersedian ruang penyimpanan dan susukan internet yang tanpa batas.


Banyak cara untuk menikmati musik dan Spotify hanya salah satu dari cara tersebut dan kini tergantung kita melihat berapa besar arti musik dalam hidup kita. 😎



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Apakah Pakai Spotify Itu Boros Data?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel