iklan

√ Untung Rugi Punya Domain Nama Sendiri

 tipe blogger yang mungkin sering anda jumpai yaitu blogger yang memakai nama domain d √ Untung Rugi Punya Domain Nama Sendiri


Saat ini di dalam dunia maya ada 2 tipe blogger yang mungkin sering anda jumpai yaitu blogger yang memakai nama domain dengan namanya sendiri atau blogger yang mempunyai domain dengan merek atau brand tertentu menyerupai blogtipskeren.com atau blogcariuang.net.


Saya sendiri masuk ke dalam golongan pertama yang memakai nama sendiri lantaran dari pertama kali ngeblog di platform WordPress.com semenjak tahun 2008 sudah terlanjur terasosiasi dengan nama Dion Barus dan karenanya terbawa hingga sekarang.


Tentu, setiap blogger mempunyai alasannya masing-masing kenapa mereka memutuskan untuk memakai nama tersebut, mulai dari alasan personal sentimental hingga alasan teknis untuk mempermudah kinerja SEO.


Bagi para netizen yang mulai tertarik untuk ngeblog dan masih gundah menentukan apakah harus memakai domain nama sendiri atau domain brand/merek, anda tiba di waktu yang sempurna lantaran saya akan mengatakan citra untung ruginya punya domain nama sendiri.


Saya Ingin Punya Domain Nama Sendiri. Apa Untungnya?


Nama Anda Tercatat Permanen Di Internet


Salah satu laba memakai domain nama sendiri ialah nama anda akan selalu muncul di hasil pencarian mesin pencari menyerupai Google, Bing dan lain-lain. Hal ini berbeda dengan tujuan penggunaan nama profil media umum Facebook, Twitter atau Instagram.


Untuk nama profil media sosial, tugas anda bukanlah sebagai pemilik melainkan user atau pengguna. Lain halnya dengan blog atau web dimana anda ialah pemilik dari bidang tanah tersebut. Dengan mempunyai nama domain sendiri untuk blog/web maka anda diberi keleluasaan yang luas untuk mengatur, menulis dan mengarahkan tujuan dari goresan pena dan pikiran anda.


Sukses Berarti Nama Anda Terkenal


Jika sewaktu-waktu blog anda menjadi hits dan terkenal maka hal pertama yang akan diingat oleh orang ialah domain dari blog anda tersebut yakni nama anda sendiri. Memang tidak harus memakai domain nama sendiri untuk sanggup menjadi terkenal tapi kita sedang berbicara mengenai membangun brand awareness di sini.


Coba lihat brand dan merek busana fashion terkenal hampir lebih banyak didominasi memakai nama dari desainer-nya sendiri, bukan? Kenapa sanggup begitu?


Menurut para pakar Marketing, personal brand (nama sendiri) mengatakan imbas kedekatan yang lebih berpengaruh kepada customer atau klien. Orang akan lebih terikat secara emosional dengan nama eksklusif daripada dengan merek bisnis (business brand).


Oleh lantaran itu kalau suatu ketika anda menjadi blogger sukses maka orang akan melihat anda sebagai merek yang menulis hal-hal mempunyai kegunaan bagi pembaca bukan orang yang berada di balik merek tertentu.


Membuat Anda Lebih Profesional


Saya sering menerima keraguan dari orang-orang ketika saya menuliskan alamat email di formulir registrasi atau form aplikasi tertentu bukan lantaran nama saya asing tapi lantaran saya memakai email dengan nama sendiri.


Biasanya, sudah menjadi hal lumrah kalau orang akan menuliskan alamat email mereka dengan layanan email gratis semisal Gmail, Yahoo, Outlook dan sebagainya. Namun alangkah ekslusifnya kalau ada satu orang saja yang berbeda dan memakai nama domain sendiri untuk layanan emailnya.


Dengan mempunyai email atau layanan lain dengan domain nama sendiri akan menciptakan anda menjadi lebih profesional dan serius untuk setiap hal yang anda lakukan.


Saya Ingin Punya Domain Nama Sendiri. Apa Ruginya?


Karena Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga


Masalah terbesar menyandang nama sendiri ialah anda harus selalu sanggup menjaga nama baik setiap saat. Saat ini internet dipenuhi oleh orang-orang dengan nama samaran (nickname) dan anonymous yang sanggup bertindak sesuka hati tanpa harus takut nama orisinil mereka diketahui. Dan, anda tidak sanggup menyerupai itu.


Saya masih ingat beberapa tahun yang kemudian ada seorang blogger yang harus menutup blog dan seluruh akun sosial medianya lantaran beliau tertangkap lembap oleh netizen menulis artikel post fitnah dan menggelapkan uang hasil bantuan dari para pembacanya.


Pelajaran penting yang sanggup kita ambil dari insiden itu ialah bagaimana sulitnya menjaga nama baik di dunia online ini. Walaupun kita sudah berusaha keras menjaga nama baik niscaya akan ada saja orang yang berusaha merusaknya dengan menciptakan blog yang semirip mungkin atau mengaku sebagai kita dengan memanfaatkan media umum samaran.


Tentu kita tidak ingin kalau seseorang mengetikan nama kita di mesin pencarian dan ternyata yang keluar di halaman pertama ialah semua hal-hal negatif, bukan?


Tidak Bisa Dipindahtangankan


Ini mungkin menjadi dilema yang sangat problematis bagi saya pribadi. Pernah suatu ketika saya mendapatkan email masuk dari seseorang yang menanyakan apakah blog saya ini dijual. Respon saya waktu itu ialah menanyakan kembali kalau saya menjualnya berapa yang sanggup beliau bayar.


Walaupun saya tidak berniat menjual blog tapi rasa ingin tau tetap ada untuk setidaknya mengetahui berapa nilai jual blog ini. Akhirnya email saya dibalas dan beliau memperlihatkan jumlah uang yang relatif besar. Sempat juga sih termakan tapi tiba-tiba saya teringat bahwa ini ialah blog dengan domain nama sendiri dan seluruh aktifitas surat menyurat online saya menempel pada email domain ini juga.


Kalau saya menjual blog ini niscaya harus menyerahkan seluruh content, domain dan kepemilikan blog termasuk email domain pribadi. Selain itu hal yang paling angker lainnya ialah kita tidak tahu bagaimana nanti blog domain nama sendiri ini akan diarahkan oleh pemilik barunya. Apakah pemilik gres akan mengubah blog saya menjadi blog jodi, blog p0rn*, blog hoax penipuan atau lainnya.


Jadi, kalau anda memilki blog atau web dengan domain nama sendiri mudah domain tersebut menempel kepada anda selamanya. Tidak ada yang namanya dijual atau dipindahtangankan. Nama anda ialah anda bukan orang lain.


Apakah sudah mengambil keputusan untuk menciptakan nama domain baru? Menurut saya selain content dan isi, pemilihan nama domain untuk suatu blog atau web sangatlah penting lantaran nama domain yang baik dan unik ialah impresi pertama pengunjung.


Domain nama sendiri dan domain nama samaran/brand keduanya sama-sama baik kalau anda tetap konsisten dengan isi dan kualitas tulisan. Kesuksesan tidak sanggup dibatasi hanya dengan nama domain tapi menentukan nama domain yang bijak sanggup menyelamatkan anda dari permasalahan untuk kedepan nanti.



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Untung Rugi Punya Domain Nama Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel