iklan

√ Pilih Kartu Prabayar Atau Pascabayar?

Bingung memilh kartu SIM untuk kebutuhan telekomunikasi sehari √ Pilih Kartu Prabayar Atau Pascabayar?


Bingung memilh kartu SIM untuk kebutuhan telekomunikasi sehari-hari? Atau malah resah menentukan kartu Prabayar atau Pascabayar? Kamu tidak sendiri lantaran ada jutaan insan Indonesia ketika ini yang masih galau dalam menentukan mana yang terbaik untuk dijadikan alat komunikasi.


Saya bukan termasuk generasi milenial yang lahir di kurun tahun 2000an namun sudah bersahabat dengan namanya Internet semenjak masih memakai koneksi modem Dial-Up Telkomnet Instant 56K. Saya juga masih mengingat bagaimana rasanya memegang ponsel jadul Siemens C35 hingga terkesima dengan kecanggihan kamera Sony Ericsson T310.


Walaupun gres diberi kesempatan untuk mempunyai ponsel sendiri sekitar tahun 2004, aku pun paham betul bagaimana mahalnya tarif telepon, SMS apalagi data. Menggunakan internet di ponsel ialah salah satu kemewahan pada ketika itu. Praktis, dunia komunikasi sampaumur kurun tersebut berkutat di seputaran telepon dan SMS.


Sekarang semuanya berubah drastis dimana tarif seluler sudah semakin murah dan terjangkau. Semua operator telekomunikasi berlomba-lomba menunjukkan banyak sekali paket murah. Paket murah tersebut sangat beraneka ragam mulai dari yang bebas telepon, bebas SMS, bebas internet ataupun kombinasi dari ketiganya. Saking banyaknya paket dan banyak sekali S&K tak jarang banyak pelanggan yang malah resah dan pusing sendiri.


OK, sudah cukup basa-basinya dan mari kembali ke topik pembahasan.


Saat ini di Indonesia ada dua jenis kartu SIM yang banyak dipakai oleh pelanggan.

















Jenis KartuKeterangan
PrabayarKartu yang hanya sanggup dipakai kalau diisi sejumlah nominal pulsa atau paket data terlebih dahulu. Kartu ini mempunyai masa aktif yang bervariasi tergantung kebijakan dan aktivitas masing-masing provider.
PascabayarKartu yang mengizinkan pelanggan untuk memakai terlebih dahulu layanan komunikasi atau data dan di simpulan periode akan dibebankan tagihan sejumlah besarnya pemakaian sebelumnya. Kartu ini mempunyai masa aktif menurut BC (Billing Cycle) yang ditentukan oleh kontrak, biasanya 30 hari.


Dari dua jenis kartu di atas tentu kartu prabayar yang paling banyak dipakai oleh pelanggan seluler di Indonesia. Alasannya simpel, lantaran kartu prabayar praktis, mudah didapatkan dan murah biayanya.


Melihat fenomena ini operator pun tidak tinggal membisu dan semakin gencar menunjukkan paket kartu pascabayar yang lebih terjangkau dengan banyak sekali laba dan alokasi kuota data, telepon atau SMS yang cukup besar.


Ambil pola kartu pascabayar dari Telkomsel, kartuHalo, yang kini sudah semakin murah dan ditawarkan dengan banyak sekali jenis paket. Hanya dengan biaya bulanan sebesar Rp 100.000 (excl. PPN 10%) pelanggan bisa mendapat benefit 2 GB Flash (semua jaringan) + 200 menit telepon ke Telkomsel + 200 SMS Telkomsel. Kuota menyerupai itu sudah lebih dari cukup untuk penggunaan selama sebulan.


Pelanggan yang sudah terbiasa dengan kartu prabayar pun banyak yang terpengaruhi dan mencoba berpaling ke pascabayar.


Namun apakah keputusan tersebut bijaksana?


Oleh alasannya ialah itu sebelum terlanjur menyesal nantinya dalam menentukan kartu prabayar atau pascabayar, yuk mari kita lihat dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Kamu Harus Pakai Kartu Prabayar Jika…



  • Kamu tidak mempunyai pengeluaran bulanan rutin untuk kebutuhan komunikasi.

  • Kamu maunya mudah tanpa harus tiba ke gerai resmi untuk menyerahkan KTP, mengisi formulir, membeli materai dan menunggu kartu diaktifkan beberapa hari kemudian.

  • Kamu orangnya labil dan mudah terpengaruh dengan promo paket yang lebih murah.

  • Kamu orangnya mudah bosan dan suka gonta-ganti kartu.

  • Kamu tipe orang yang tidak menghargai nomor sehingga setiap bulan selalu ganti nomor.

  • Kamu cuma memakai kartu SIM hanya untuk paket data saja sehingga kalau paket data habis langsung buang dan beli kartu lagi.

  • Kamu hobi ngoprek kartu dan mencari celah untuk sanggup internet gratis, telepon gratis atau hal-hal gratis lainnya.


Kamu Harus Pakai Kartu Pascabayar Jika…



  • Kamu sudah mempunyai post pengeluaran yang terperinci dan rutin untuk kebutuhan komunikasi bulanan.

  • Kamu orangnya tertib manajemen lantaran semua data isu personal akan tercatat di sistem database operator.

  • Kamu tidak mudah terpengaruh dengan promosi paket murah lainnya lantaran apa yang kau sanggup di paket pascabayar sudah cukup.

  • Kamu orangnya tidak mau repot harus sibuk pergi ke counter beli pulsa atau gelagapan tengah malam cari daerah jual pulsa.

  • Kamu mempunyai prestise yang tinggi lantaran nomor pascabayar ialah unik dan eksklusif.

  • Kamu bahagia diberikan layanan prioritas.

  • Kamu orangnya menghargai nomor dan setia terhadap apa yang telah kau tandatangani di kontrak walaupun harus keluar uang lagi kalau ingin naik ke paket yang lebih tinggi.


Saya sendiri pun kalau harus ditanya pilih kartu prabayar atau pascabayar maka jawabannya aku pilih kartu prabayar.


Bukan tanpa alasan kenapa aku pilih kartu prabayar. Saya pribadi pernah punya pengalaman tidak menyenangkan dengan kartu pascabayar.


Jadi ceritanya, beberapa tahun yang kemudian aku ialah pelanggan kartuHalo dengan paket HaloFit 80.000 yang sudah termasuk 2GB Flash + 200 menit + 200 SMS. Bertahun-tahun lamanya aku memakai kartuHalo dan cukup puas dengan layanannya hingga tiba-tiba ada notifikasi bahwa Telkomsel akan menyesuaikan benefit HaloFit 80.000 dengan memotong jatah telepon dan SMS dari 200 menit dan 200 SMS menjadi 100 menit dan 100 SMS namun dengan biaya langganan yang sama.


Tentu aku pun komplain dengan CS namun tetap saja itu tidak membantu banyak. Ya sudah aku pun tetap memakai kartuHalo walaupun dengan rasa dongkol lantaran nomor kartuHalo tersebut sudah tidak mengecewakan banyak diketahui kolega.


Sebenarnya aku masih mempunyai nomor Simpati yang selama ini tidak dipakai lantaran dominasi dari penggunaan kartuHalo. Eh ternyata tanpa diduga ketika sedang iseng-iseng mengecek paket Simpati ada paket Internet Murah Super Kuota yang cukup heboh ketika itu lantaran harganya sangat murah namun dengan kuota yang besar.


Ketika itu paket Telkomsel Internet Murah Super Kuota harganya Rp 50.000 mendapat kuota 8 GB Flash dan 1 GB Joox. Jauh lebih murah daripada paket pascabayar kartuHalo aku sebelumnya.


Setelah menimbang masak-masang dan menghitung untung ruginya aku hingga pada keputusan untuk menghentikan berlangganan kartuHalo lantaran sudah tidak worthy lagi. Sampai kini pun aku masih menyakini bahwa itu ialah keputusan yang tepat.


Nomor Simpati yang sempat ditelantarkan pun pada kesannya menjadi nomor utama kembali dengan Paket Internet Murah Super Kuota selalu terpasang hingga pada titik penghabisan.


Walaupun kini Paket Internet Murah Super Kuota Telkomsel sudah tidak ada lagi tapi muncul lagi paket Combo Internet yang bahkan jauh lebih menguntungkan lantaran dengan harga Rp 25.000 pelanggan mendapat benefit 2 GB Flash + 300 menit telepon + 150 SMS. Coba bandingkan dengan harga pascabayar HaloFit.


Memang ini bukan soal murah atau mahal lantaran bagaimanapun pascabayar niscaya akan selalu lebih tinggi harganya daripada prabayar. Operator pun tahu bahwa dua jenis kartu ini mempunyai pangsa pasar dan peruntukannya sendiri-sendiri.


Atau, bahasa kasarnya, kartu prabayar ialah kartu untuk para pelanggan yang sensitif dengan harga sedangkan sebaliknya pelanggan pascabayar ialah pelanggan yang lebih mengutamakan layanan dan kepraktisan diatas nominal Rupiah.


Jadi kesimpulannya kalau didasarkan kepada apa yang telah aku jalani selama ini ialah;



  • Gunakan kartu prabayar kalau kau masih ingin mendapat lebih daripada apa yang kau bayar lantaran ketika ini harga paket internet, telepon dan SMS akan selalu cenderung murah setiap saat.

  • Gunakan kartu pascabayar kalau kau lebih ingin konsisten setiap ketika dan tidak terbebani dengan rutinitas isi ulang, ganti kartu, pusing menentukan paket atau hal teknis lainnya lantaran kau membayar untuk apa yang kau dapat.


Setiap pilihan bisa saja berubah tergantung dengan kondisi dan keadaan. Mungkin ketika ini kau puas dengan kartu prabayar tapi kalau kau sudah mulai mapan dan bisa menghargai layanan prioritas bisa jadi ada saatnya kau akan beralih menjadi pelanggan kartu pascabayar yang setia.


Atau kata adik saya, “Mau prabayar kek mau pascabayar kek kalau gak bisa untuk telponan dan internetan ya sama aja bohong! Buang aja gih kartunya!”


Sebuah filosofi yang bijaksana. 🙂



Sumber https://dionbarus.comm

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pilih Kartu Prabayar Atau Pascabayar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel