iklan

Tujuan Dan Manfaat Pasar Modal


– Secara umum, pasar modal ialah daerah atau sarana bertemunya antara undangan dan penawaran atas instrumen keuangan jangka panjang, unumnya lebih dari 1 (satu) tahun. Tujuan dan manfaat pasar modal sanggup dilihat dari 3 sudut pandang, yaitu: Sudut pandang negara, sudut pandang emiten, dan sudut pandang masyarakat.

Sudut Pandang Negara
Pasar modal dibangun dengan tujuan menggerakkan perekonomian suatu negara melalui kekuatan swasta dan mengurangi beban negara. Negara mempunyai kekuatan dan kekuasaan untuk mengatur bidang perekonomian tetapi tidak harus mempunyai perusahaan sendiri. Di negara yang sudah maju, pasar modal merupakan sarana utama dalam perekonomiannya. Negara maju tidak membutuhkan BUMN, tetapi butuh perjuangan swasta yang professional yang tercermin dalam pasar modal.

Sudut Pandang Emiten
Pasar modal merupakan sarana untuk mencari aksesori modal. Perusahaan berkepentingan untuk mendapat biaya dengan biaya yang lebih murah dan hal itu hanya sanggup diperoleh dengan pasar modal. Meningkatka modal sendiri jauh lebih baik daripada meningkatkan modal pemberian di abad persaingan yang ketat ini. perusahaan yang pada awalnya mempunyai utang lebih tinggi daripada modal sendiri sanggup berbalik mempunyai modal sendiri yang lebih tinggi daripada utang apabila memasuki pasar modal. Makara pasar modal merupakan sarana untuk memperbaiki struktur permodalan perusahaan.

Sudut Pandang Masyarakat
Masyarakat mempunyai sarana gres untuk menginvestasikan uangnya. Investasi yang semula dilakukan dalam bentuk deposito, tanah, emas, dan rumah kini sanggup dilakukan dalam bentuk saham dan obligasi. Pasar modal merupakan sarana yang baik untuk melaksanakan investasi dalam jumlah yang tidak terlalu besar bagi kebanyakan masyarakat.

Artikel Tujuan dan Manfaat Pasar Modal, dirangkum dari Buku Pasar Modal dan Manajemen Portofolio, Mohammad Samsul, Penerbit Erlangga. Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tujuan Dan Manfaat Pasar Modal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel