iklan

Tingkatan / Level Usaha


-  Menurut skalanya, tingkatan perjuangan dibagi atas 4 (empat) level menurut kebutuhan modalnya. Skala perjuangan tersebut terdiri dari perjuangan mikro, perjuangan kecil, perjuangan menengah, sampai perjuangan besar.

Kriteria dari tingkatan perjuangan tersebut yakni sebagai berikut:
Usaha Mikro. Usaha dengan modal dibawah Rp 50 juta, diluar pemakaian asset pribadi. Usaha mikro merupakan skala perjuangan dengan kebutuhan modal yang paling minim. Segala jenis perjuangan yang memakai modal tak lebih dari Rp 50 juta termasuk dalam perjuangan mikro.
Usaha Kecil. Usaha yang kebutuhan modalnya di atas Rp 50 juta dan di bawah Rp 200 juta di luar asset usaha. Skala perjuangan ini setingkat lebih besar daripada perjuangan mikro.
Usaha Menengah. Usaha yang kebutuhan modalnya di atas Rp 200 juta dan di bawah Rp 500 juta di luar asset. Skala perjuangan ini memang berskala lumayan, mengingat modal yang diharapkan sudah di atas Rp 200 juta.
Usaha Besar. Usaha yang kebutuhan modalnya di atas Rp 500 juta. Level perjuangan ini memang tertinggi dan bentuknya bermacam-macam, termasuk industry besar dan perusahaan-perusahaan berskala nasional maupun internasional.

Artikel ini dirangkum dari buku Siswa Juga Bisa Makara Pengusaha oleh Wulan Ayodya, Penerbit Esensi (Erlangga Group). Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tingkatan / Level Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel