iklan

Pengertian Segmen Pasar


Segmen Pasar yaitu sekelompok pelanggan tertentu yang mempunyai jawaban yang relatif sama terhadap dorongan membeli yang dilakukan oleh pihak pemasaran. Kelompok ini biasanya mempunyai karakteristik, kebutuhan, dan impian yang relatif sama sehingga akan mengatakan respon yang relatif sama pula.

Penentuan segmen pasar ini berkhasiat untuk memperjelas pelanggan mana yang akan kau layani nanti. Apabila kau tidak mengetahui siapa pelanggan yang akan dilayani, maka kau akan memperlihatkan produk dan jasa kau kepada siapa saja tanpa arah yang jelas.
Cara mengidentifikasi berdasarkan Philip Kotler ada 3 (tiga) cara, yaitu:
1.     Segmentasi pasar berdasarkan kelompok demografis. Target marketnya digolongkan berdasarkan usia/umur. Contoh: sasaran marketnya ramaja usia 15-24 tahun.
2.     Segmentasi pasar kedalam kelompok-kelompok kebutuhan. Misalnya, sasaran maketnya yaitu perempuan bekerja yang menginginkan fasilitas dalam berbelanja.
3.     Segmen pasar berdasarkan kelompok-kelompok perilaku. Target marketnya didasarkan pada sikap dan gaya hidup. Contoh: sasaran marketnya dewasa yang hidup konsumtif dalam membeli pakaian.

Sumber artikel ini dari buku Siswa Juga Bisa Makara Pengusaha oleh Wulan Ayodya, Penerbit Esensi. Silahkan beli buku yang orisinil untuk mendapat pengetahuan dan tips menarik lainnya. Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Segmen Pasar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel