iklan

Pengertian Audit Kepastian Kualitas

– Semakin ketatnya intensitas persaingan dalam merebut pasar mendorong perusahaan untuk memperlihatkan yang lebih kepada pelanggannya dibandingkan dengan apa yang diberikan oleh pesaing. Usaha dan operasional perusahaan terfokuskan kepada keinginan, harapan, dan kebutuhan pelanggan (costumer focus).

Untuk memenuhi keinginan, kebutuhan dan keinginan pelanggan, perusahaan membangun suatu sistem kepastian kualitas. Hal ini berkaitan dengan perjuangan untuk memastikan bahwa proses-proses yang berjalan di dalam perusahaan sanggup menjamin dihasilkan dan dihasilkannya produk barang/jasa yang sesuai dengan spesifikasi pelanggan.
Audit sistem kepastian kualitas yakni proses sistematis, mandiri, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti objektif dan menilainya secara objektif untuk memilih sejauh mana kriteria audit telah terpenuhi. Audit ini dirancang untuk menilai aktivitas, praktik atau kebijakan perusahaan untuk memilih apakah perusahaan mempunyai kemampuan untuk memenuhi standar kualitas yang telah ditatepkan dalam operasinya. Audit atas sistem kepastian kualitas mungkin dirasakan perlu saat kinerja kualitas actual berbeda dengan standar yang telah ditetapkan. Program audit mungkin juga bab dari persyaratan kontrak dengan pelanggan atau mungkin juga persyaratan yang ditetapkan pemerintah dalam memperlihatkan kepastian terpenuhinya standar kualitas yang ditetapkan pemerintah. Audit memperlihatkan isu kepada perusahaan perihal kinerja produk yang dihasilkan, kinerja departemen, kinerja perusahaan secara keseluruhan, dan area peningkatan yang harus dilakukan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

Sumber artikel ini dari buku Audit Manajemen, IBK Bhayangkara, Penerbit Salemba Empat. Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Audit Kepastian Kualitas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel