iklan

Pengertian Analisis Diskriminan


Analisis Diskriminan yaitu bentuk regresi dengan variabel terikat berbentuk non-metrik atau kategori. Berikut ini pola kasus yang sanggup diselesaikan dengan analisis diskriminan:
“Seorang analis keuangan ingin mengetahui variabel-variabel atau faktor-faktor apa saja yang membedakan antara perusahaan sehat dan perusahaan yang mengalami kebangkrutan. Analis keuangan tersebut juga ingin mengetahui apakah mungkin memakai faktor-faktor yang telah teridentifikasi tadi sebagai bentuk indeks yang bisa membedakan kedua perusahaan sehat danbangkrut. Indeks tersebut lalu dipakai untuk meramalkan kemungkinan perusahaan akan bangrut di lalu hari.”
Dari pola di atas, sanggup ditarik tiga benang merah atau tujuan dari pola kasus di atas dengan memakai analisis diskriminan:
1.      Mengidentifikasi variabel-variabel yang bisa membedakan antara kedua kelompok (perusahaan sehat dan bangkrut).
2.      Menggunakan variabel-variabel yang telah teridentifikasi untuk menyusun persamaan atau fungsi untuk menghitung variabel gres atau indeks yang sanggup menjelaskan perbedaan antara dua kelompok.
3.      Menggunakan variabel yang telah teridentifikasi atau indeks untuk menyebarkan hukum atau cara mengelompokkan observasi di masa tiba kedalam satu dari dua kelompok.

Sumber artikel ini dari buku Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 (Ed. 5), Prof. Dr. H. Imam Ghozali, M.Com, Akt. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Terimakasih.


Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Analisis Diskriminan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel