iklan

Pengertian Akuntansi Syariah


- Secara sederhana, pengertian akuntansi syariah sanggup dijelaskan melalui akar kata yang dimilikinya yaitu akuntansi dan syariah. Akuntansi merupakan identifikasi transaksi yang kemudian diikuti dengan kegiatan pencatatan, penggolongan, serta pengikhtisaran transaksi tersebut sehingga menghasilkan laporan keuangan yang sanggup dipakai untuk pengambilan keputusan.

Sedangkan pengertian syariah yaitu hukum yang telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk dipatuhi oleh insan dalam menjalani segala kegiatan hidupnya di dunia. Jadi, akuntansi syariah sanggup diartikan sebagai proses akuntansi atas transaksi-transaksi yang sesuai dengan hukum yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Akuntansi syariah dibutuhkan untuk mendukung kegiatan yang harus dilakukan sesuai syariah, sebab mustahil sanggup menerapkan akuntansi yang sesuai dengan syariah jikalau transaksi yang akan dicatat oleh proses akuntansi tersebut tidak sesuai dengan syariah.

Sumber artikel ini dari buku Akuntansi Syariah di Indonesia (Ed. 2), Sri Nurhayati & Wasilah, Penerbit Salemba Empat. Terimakasih.

Sumber http://accounting-media.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Akuntansi Syariah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel