iklan

Rumus Peluang Adonan Dua Kejadian

Defenisi peluang dalam kehidupan sehari hari yakni perbandingan antara hal yang diinginkan dengan semua kemungkinan yang terjadi. Sebagai contoh, peluang Amel untuk menjadi juara kelas dimana pada suatu kelas tersebut terdapat 30 siswa.
Peluang dua Kejadian, kalau digambarkan, Lingkaran pertama bencana 1, bulat 2 kejadan 2. Maka peluang dua bencana tersebut yakni perbandingan area berwarna merah dengan seluruh luas persegi panjang.

Karena Amel hanya seorang (1) sementara kemungkinan yang akan menjadi juara 30 orang,maka peluang Amel untuk menjadi juara tersebut yakni 1/30.

Itu yakni hal yang sederhana. Lantas bagaimana bila ada 2 bencana atau lebih. Inilah yang akan kita bahas ihwal peluang gabuangan 2 Kejadian. Secara umum peluang campuran dua bencana sanggup dirumuskan sebagai berikut,
P (A∪B) = P(A) + P(B) - P(A ∩B)
dimana:
P (A∪B) = Peluang A gabung B
P(A) = Peluang bencana Pertama
P(B)= Peluang Kejadian ke-dua
P(AB) = Peluang bencana A dan B.

Agar mempermudah pemahaman, sanggup diperhatikan pola soal di bawah ini,
#Contoh Soal Peluang 2 Kejadian.
Sebuah dadu dilemparkan. Berapakah peluang munculnya mata dadu genap atau prima.

#Pembahasan.
Diketahui: n(S) = 6 (semua kemungkinan).
n (A) = 3 (mata dadu genap ada 3 yaitu 2,4,6)
n (B) = 3 ( mata dadu prima ada 3 yaitu 2,3,5)
Tanya : P (A∪B)  
Jawab:
$P(A)= \frac {n(A)}{n(S)} = \frac {3}{6} \\ P(B)= \frac {n(B)}{n(S)} = \frac {3}{6} \\ P(A\cup B) = P(A)+P(B)-P(A\cap B) \\ P(A\cup B)= \frac {3}{6}+\frac {3}{6} - \frac {1}{6} = \frac {5}{6}$
Lalu darimana datangnya P(AB)  = 1/6. Di sini perhatikan kemungkinan yang sama antara bencana A dan B yakni 1, yaitu angka 2.

Coba kita bandingkan dengan perhitungan manual. AngkaGenap atau prima pada dadu { 2,3,4,5,6} jadi terdapat 5 angka genap atau prima. Total semua kemungkinan ada {1,2,3,4,5,6} 6 buah. Sesuai prinsip peluang maka sanggup ditulis $ P(genapprima) = \frac {n_{genapprima}} {n_total} = \frac {5}{6}$

Sama bukan jawabannya? Nah kemudian kenapa diberikan rumus tersebut, bila dihitung manual juga bisa? Ini alasannya yakni pada pola soal di atas gres pada kasus kecil. Bayangkan bila menghitung peluang dengan jumlah besar, cukup merepotkan bukan menghitung secara manual.
Sumber http://www.marthamatika.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Peluang Adonan Dua Kejadian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel