iklan

Cara Menciptakan Kentang Goreng Ala French Fries

Dengan resep kontang goreng sederhana, kau juga sanggup menciptakan kentang goreng ala frech fries yang enaknya tidak kalah dengan restoran kelas atas di Amerika. Untuk menghasilkan kualitas kuliner yang bagus, kentang biasanya digoreng dua kali. Yang pertama digoreng dengan suhu yang lebih rendah, kemudian dikeringkan dan dibiarkan cuek sebelum dicelupkan ke dalam minyak yang lebih panas untuk menciptakan kentang goreng renyah hingga berwarna keemasan.


Resep kentang goreng sangat bervariasi. Tapi sebelum memasaknya, perlu diketahui bahwa satu kentang yang digoreng ala french fries biasanya cukup untuk satu orang. Tetapi kau juga sanggup menikmatinya lebih puas dengan memasaknya lebih banyak.


Pertimbangkan juga semoga menyesuaikan mood kau dalam memasak kentang goreng yang banyak dan waktu yang dibutuhkan. Biasanya 4 hingga 6 kentang yang dipotong-potong dan digoreng cukup untuk santapan 4 hingga 8 orang. Kentang goreng buatan sendiri juga sanggup dijadikan suguhan istimewa disantap dengan kudapan manis hamburger, steak atau kerang kukus. Tapi sebelum mengikuti cara menciptakan kentang goreng ala french fries, ketahui terlebih dahulu apa itu french fries. Jika kau sudah kenal french fries, kau sanggup eksklusif ke resep kentang goreng nya.


Apa itu French Fries?


Arti French Fries ialah kentang goreng. Makanan ini biasa disajikan restoran di Perancis, yang mana di negara tersebut kuliner ini disebut dengan nama orisinil pommes frites. French fries sangat populer bahkan menjadi salah satu kuliner favorit di Amerika. Sedangkan asal-usul istilah french fries sendiri berasal dari Amerika Serikat yang hingga kini masih menjadi perdebatan.


Dalam terminologi memasak, frenching mempunyai arti memotong kuliner dengan ukuran potongan memanjang. Jika kau sering memasak sayur kacang panjang, ukuran potongan frenching kira-kira menyerupai itu. Banyak jenis kentang goreng yang dibedakan menurut potongan dan bumbu nya. Sedangkan kentang goreng ala french fries ialah kentang goreng renyah yang ukuran potongan kentangnya kurang-lebih menyerupai yang sudah dijelaskan tadi.


Ada juga pendapat lain yang menyampaikan bahwa french fries pertama kali dikenalkan oleh Thomas Jefferson di Amerika sehabis dari Paris. Sementara itu tidak ada perselisihan yang menyangkal pernyataan bahwa french fries ialah temuan orang Amerika. Jadi, banyak orang yang percaya bahwa french fries dinamai persis dengan negara dimana Jefferson menemukan kentang goreng.


Kesimpulannya, pengertian french fries sanggup juga diartikan hanya kentang goreng. Tapi mengingan banyaknya jenis kuliner kentang goreng, pada resep kali ini disebutkan dengan kentang goreng ala french fries supaya mengetahui bentuk potongan kentang goreng nya.


Resep Kentang Goreng Ala French Fries


Bahan kuliner yang dipakai untuk memasak kentang goreng bahu-membahu cukup sederhana. Di bawah ini ialah resep kentang goreng untuk menciptakan french fries.



  • 1/2 kg (setengah kilogram) kentang cokelat muda,

  • Minyak sayur untuk digoreng,

  • Garam dapur untuk ditaburi ke kentang goreng, dan

  • Kecap dan mayones untuk campur dan disajikan.


Cara Memasak Kentang Goreng



  • Tingkat kesulitan: Rendah

  • Waktu yang diperlukan: Sekitar 40 menit

    • Mempersiapkan: 20 menit

    • Menggoreng: 20



  • Porsi: Untuk 4 orang.


Ikuti panduan di bawah untuk menciptakan kentang goreng ala french fries. Tapi sebelum mulai menggoreng, kau juga sanggup mengikuti tips memasak dari Wongunik semoga lebih mudah dan kuliner lebih sehat.



  1. Kupas kentangnya dan dicuci bersih. Potong masing-masing kentang menjadi 5 atau 5 bagian, kemudian balas potongannya semoga membentuk batang-batang seukurang potongan sayur kacang panjang. Cara tersebut disebut juga dengan frenching. Semakin tipis potongan kentangnya maka semakin akan semakin garing sehabis digoreng.

  2. Masukkan kentang yang sudah dipotong tersebut ke dalam mangkuk besar dan direndam dengan air dingin. Tutupi mangkuk tersebut kemudian biarkan selama 2 atau 3 jam. Kamu juga sanggup memasukkannya ke dalam kulkas dan membiarkan terendam semalaman kalau tidak sempat menggoreng hari ini.

  3. Jika kau sudah siap untuk mulai menciptakan kentang goreng, tiriskan airnya dan letakkan potongan-potongan kentang di atas 2 loyang yang dilapisi kertas tisu. Lap potongan kentang dengan tisu tersebut.

  4. Panaskan minyak sayur secukupnya hingga 150 derajat C dalam kuali.

  5. Goreng kentang sekitar 4 hingga 5 menit per sesi hingga lunak. Disarankan membagi kentang menjadi 3 atau 4 sesi penggorengan. Pastikan kentang yang digoreng tidak hingga berwarna cokelat.

  6. Angkat kentang goreng yang gres dimasak dan tiriskan di atas tisu kering.

  7. Setelah semua potongan kentang digoreng pada suhu 150 derajat C, kemudian naikkan panas kompornya hingga suhu minyak mencapai 200 derajat C.

  8. Pada ketika minyak goreng sudah panas, goreng kembali potongan kentang tersebut dalam 3 atau 4 sesi penggorengan hingga warnanya menyerupai emas dan terlihat garing.

  9. Angkat kentang goreng dari minyak sayur dan tiriskan di atas kertas tisu yang kering.

  10. Taburi kentang goreng dengan garam dapur dan clupkan kecap-mayo sebelum merasakan semoga rasanya lezat.


Itulah tadi panduan cara menciptakan kentang goreng dengan mudah. Walaupun resepnya sederhana, tapi sangat nikmat dijadikan kudapan ketika bersantai atau menonton TV di rumah bersama anggota keluarga. Selamat menikmati kentang goreng buatan kau sendiri! Ikuti terus resep-resep kuliner terbaru dari Wongunik kategori DIY → Masak.



Sumber https://www.wongunik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Kentang Goreng Ala French Fries"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel