iklan

Cara Install Dan Konfigurasi Proxy Server Squid Di Debian

Cara Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian



Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian – squid 3.0 dan seterusnya dikembangkan oleh komunitas “web-filtering” yang lebih menitikberatkan pada fungsi Squid sebagai pengubah konten transit.


Terpecahnya versi Squid mi diawali ketika pada tahun 2006 dan 2007 Adrian Chadd mulai menyebarkan Squid 2.6 semoga sanggup memenuhi tuntutan pada lingkungan berkinerja tinggi. Dan disaat bersamaan Squid versi 3.0 mulai dikembangkan dan Squid 2.6 dengan tidak memasukkan fitux-fitur yang dikembangkan untuk memenuhi tuntutan Iingkungan berkinerja tmggi.


pada dikala versi 3.0 dirilis, fitur dan patch untuk Squid versi 2.6 yang dikembangkan oleh Adrian Chadd dan mitra kawan cukup untuk menciptakan rilis versi gres Squid yang lam, yaitu versi 2.7 sehingga pada dikala yang

bersamaan terdapat dua versi Squid yang dirilis, yaitu versi 2.7 dan versi 3.0, yang dikembangkan oleh dua kelompok pengembang yang berbeda dan mempunyai fungsi dan kemampuan yang cukup berbeda.


Oleh alasannya ialah itu, untuk memakai Squid pada dikala ini, kita harus mempertimbangkan 1ingkungan menyerupai apa yang hams dipenuhi oleh Squid. kalau Anda menginginkan Squid untuk melayani banyak klien, dengan jumlah trafik yang besar tetapi cukup handal dan stabil, maka Squid versi 2.7 lebih cocok digunakan. Tetapi kalau hanya dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan akan aktifitas filtering konten dengan trafik yang tidak besar, maka Squid versi 3.0 sanggup memeriuhi hal tersebut.



Install Squid


jika Anda menentukan Squid versi 3.x, jalankan perintah herikut untuk menginstall squid beserta aplikasi pembantu yang diharapkan untuk melaksanakan otentikasi ke LDAP


Cara Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian Cara Install dan Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian


Pehatikan, kita memakai aplikasi squid3-ldap bukan squid3 untuk mendapat pemberian Squid terhadap LDAP yang akan kita gunakan nanti. Sedangkan untuk memakai Squid versi 2.7 disarankan untuk melaksanakan instalasi dan aba-aba sumber. Sebelum menginstalasi Squid dan aba-aba sumber, terlebih dahulu persiapkan ketergantungan dari Squid, tergantung dan apa yang dibutuhkan dan ingin dicapai.

Install Aplikasi Tambahan Squid


Untuk keperluan kita, kita akan memanfaatkan akomodasi otentikasi untuk pengguna Squid ke database klien yang tersimpan di server LDAP sehingga setiap pengguna akan dimintakan otentikasi terlebih dahulu oleh Squid sebelum sanggup memakai koneksi internet. Untuk itu Squid membutuhkan aplikasi openldap, openldap-cients dan openldap-devel. Sebelum Squid diinstal, pastikan ketiga aplikasi tersebut sudah terinstal terlebih dahulu. Jalankan perintah berikut untuk menginstal ketiga aplikasi tersebut


Cara Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian Cara Install dan Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian


Setelah ketiga paket tersebut terinstal, kita siap untuk melangkah ke tahap berikutnya yaitu melaksanakan instalasi Squid itu sendiri. Squid yang dipakai ialah Squid versi 2.7STABLE9. Pertama d0wnl0ad aba-aba sumber Squid:


Cara Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian Cara Install dan Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian


Konfigurasi Squid


Setelah squid final did0wnl0ad, berikutnya ialah melaksanakan instalasi Squidd dengan memakai perintah . /configure, make dan make install sebagai berikut:


Cara Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian Cara Install dan Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian


Tunggu beberapa dikala hingga proses instalasi final dan Squid siap dipakai Namun harap diperhatikan. sesuaikan konfigurasi Squid termasuk fitur-fitur yang kita butuhkan ketika melaksanakan . /configure. Opsi yang dipakai di atas diadaptasi dengan konfigurasi default di Debian, dengan suplemen penggunaan modul LDAP untuk otentikasi ke LDAP dengan memakai opsi-enable-basic-auth-helpers=LD dan juga akomodasi delay pools squid dengan opsi-enable-delay-pools. Secara Iengkap Anda sanggup membaca opsi yang tersedia sebelum menjalankan konfigurasi dengan menjalankan perintah berikut dan dalam direktori Squid


Cara Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian Cara Install dan Konfigurasi Proxy Server Squid di Debian


Di kutip Dari Buku Jasakom Linux Networking


Baca Juga : 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Install Dan Konfigurasi Proxy Server Squid Di Debian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel