iklan

Bisnis Masakan Ringan Elok Lembap Omset Ratusan Juta, Mungkinkah?

Memang sudah kodratnya bila kaum perempuan selalu diidentikkan dengan dunia masakan Bisnis Kue Basah Omset ratusan Juta, Mungkinkah?Memang sudah kodratnya bila kaum perempuan selalu diidentikkan dengan dunia kuliner. Tak absurd pula jika menemukan perempuan menggemari dunia masak memasak. Kaprikornus memang masuk akal saja jika banyak perempuan yang kemudian menggeluti dunia bisnis kuliner, termasuk bisnis kudapan cantik basah.


Yang mengejutkan justru ketika bisnis kudapan cantik rumahan yang selama ini lebih kental dianggap sebagai jenis perjuangan sampingan di rumah dengan hasil sekedar menambah keuangan keluarga bisa mencapai omset 350 juta tiap bulan dan memperkerjakan banyak karyawan.


Kesuksesan inilah yang direguk oleh seorang perempuan berusia 41 tahun berjulukan Gracia Wenni. Mengawali bisnis kudapan cantik lembap di tahun 2008 dengan modal kemampuan dan kegemarannya akan dunia kudapan cantik dan kuliner ringan sukses mengantarnya menjadi wisarusaha besar dunia kuliner.


Padahal ketika itu, semua diawali dengan sekedar iseng. Malah pada awalnya Gracia hanya menciptakan satu jenis kudapan cantik lembap yang menjadi andalannya, kudapan cantik pastel. Tak Gracia nyana, banyak yang menyukai pastel buatannya. Sejak awal usahanya, Gracia kerap kebanjiran pesanan pastel.


Menyadari banyak yang menggemari kudapan cantik pastel buatannya, Gracia mencoba untuk menciptakan kudapan cantik lembap jenis lain dan memasarkannya melalui pelanggan pastelnya. Rupanya memang Gracia mempunyai talenta yang kental di dunia kuliner, terbukti meski tanpa pendidikan kuliner, bisnis kudapan cantik basahnya selalu menerima jawaban positif.


Dari sanalah karenanya Gracia memulai bisnis rumahannya ini dengan serius. Dengan bisnis modal 5 juta yang didapatkan dari menguras tabungan, dia mulai melengkapi beberapa peralatan untuk industri. Beruntung keputusan ini menerima dukungan penuh dari keluarganya. Gracia berhasil menyulap bisnis rumahan ibu rumah tangga, menjadi bisnis yang menguntungkan.


Menguras tabungan hingga habis memaksa Gracia memutar otak untuk mengembalikan modal dengan cepat. Untuk itu, Gracia tak ragu melempar penawaran dan anjuran yang mengarah pada korporasi dan komunitas. Harapannya dengan pemasaran model ini Gracia bisa mengeruk pesanan dalam bentuk massal yang membantu roda usahanya berjalan dengan lancar.


Gracia juga mengarah pameran-pameran ibarat mengikuti pekan raya nasional masakan Pangan Nusa yang diadakan oleh Kementrian Perdagangan. Bagi Gracia ini yaitu kesempatan emas sebagai ajang pamer bermacam-macam pilihan kudapan cantik lembap produksi dari merk usahanya , Pastel Tasty.


Gracia juga meluangkan cukup dana untuk menciptakan lebih banyak sampel produk untuk dilempar pada kegiatan promosinya. Bagi Gracia perjuangan masakan tetap membutuhkan derma pengecap untuk menciptakan pasar tertarik. Karenanya hanya dengan sampel produk pasar bisa merasakan bagaimana rasa dari kudapan cantik lembap buatan gracia.


Peluang Manis Bisnis Kue Basah


Dengan perjuangan yang berawal dari skala rumahan dan pesanan tidak menentu, sekarang Gracia harus meningkatkan produksi dengan kapasitas setidaknya 4000 pieces kudapan cantik tiap harinya dengan 200 jenis kudapan cantik lembap aneka rasa. Gracia juga sudah memperkerjakan setidaknya 25 orang tenaga. Biasanya satu buah kudapan cantik lembap dibandrol Gracia dengan harga kisaran Rp 2000 hingga Rp 4000. Tidak heran jika dalam satu bulan Gracia bisa membukukan omset hingga 350 jutaan tiap bulan bahkan lebih.


Dengan hasil sekitar 350 juta, Gracia memperkirakan margin yang diperoleh sekitar 20% yang artinya berkisar pada angka 70 jutaan. Bisa Anda bayangkan dari modal 5 juta dalam 7 tahun Gracia bisa membukukan laba hingga lebih dari 10 kali lipat.


Gracia sempat memberikan diam-diam besar dibalik pesatnya pertumbuhan bisnis kudapan cantik lembap miliknya. Beliau selalu menekankan kualitas baik dari sisi materi maupun proses olah. Tak hanya itu, dia juga selalu bekerja dengan higienis dan kecermatan dalam proses produksi. Dan tak lupa dengan cara cara ikhlas dia dalam berpromosi.


Sebelum memungkasi kisahnya dengan bisnis kudapan cantik lembap yang berkembang pesat ini, pemilik Pastel tasty ini mengungkapkan bagaimana dia berhasil menerima kepercayaan banyak pelanggan. Gracia mengutarakan bahwa kualitas dan rasa selalu menjadi aspek penting dalam produknya. Tetapi bagi Gracia pelayanan dan ketulusan terhadap konsumen merupakan diam-diam dibalik hubungan baiknya dengan semua pelanggan yang terjalin bertahun-tahun.


Gracia juga menambahkan, bahwa selain menjalin hubungan baik dengan pelanggan, Gracia juga selalu mengutamakan hubungan baik dengan karyawan dalam menyebarkan bisnis kudapan cantik basahnya. Menurutnya karyawan setia yaitu asset untuk membantunya mencapai sukses. Merekruit tenaga gres akan menambah banyak biaya dan menyita waktu. Sedang karyawan setia akan menciptakan usahanya berjalan dengan efisien dan hasil memuaskan setiap saat.


sumber gambar: tokomesin.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisnis Masakan Ringan Elok Lembap Omset Ratusan Juta, Mungkinkah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel