iklan

5 Cara Budidaya Ikan Louhan Di Akuarium Paling Mudah

Siapa yang tak kenal dengan Ikan Louhan ? tampaknya banyak di antara kita sudah mengetahui ikan jenis satu ini. Ikan Louhan dikenal sebagai binatang peliharaan dalam akuarium yang mempunyai sisik menarik serta sedap untuk di pandang mata, selain itu benjolan (disebut juga bengkak kelam) atau nonong menjadi daya pikat dan ciri khas dari ikan ini.


Hewan satu ini mempunyai habitat orisinil dari Malaysia dan Taiwan, akan tetapi kindahan ikan satu ini membuatnya terkenal dan di peliharan sampai di seluruh penjuru dunia. Ikan louhan ini merupakan hasil dari perkawinan antara ikan merah cichlid dengan bibit unggul parrot cichlid.


Ikan Louhan pernah menjadi primado, naik daun, serta hits (populer) pada eranya, yaitu di tahun 2000 – an, sampai para pecintanya tak segan mengeluarkan uang dari kantongnya dengan harga ratusan ribu sampai puluhan juta demi meminang satu ekor ikan louhan. Kendati ketika ini ikan louhan tak seternar pada waktu jaman jayanya dulu, namun ikan ini tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya. Tak jarang ikan ini masih banyak yang mencari untuk dipakai sebagai ikan hias atau pun ikan pembawa keberuntungan.


Banyak cara dilakukan untuk mengembang biakan ikan ini, salah satunya yaitu dengan cara budidaya ikan louhan di akuarium. Untuk tahapannya pun sangat gampang dari pada cara menciptakan pupuk SP 36 sendiri, saking mudahnya siapa saja sanggup membudidayakan louhan, asalkan menerapkan langkap-langkah yang tepat biar mendapat ikan louhan berkualitas tinggi, dan tentunya sehat.


Cara Budidaya Ikan Louhan Di Akuarium


Cara budidaya ikan louhan di akuarium memang gampang mirip halnya cara budidaya belut dalam bak beton, tak membutuhkan banyak peralatan serta lahan yang luas dalam mendapat ikan berkualitas. Berikut ini langkah-langkahnya, diantaranya :



  1. Sediakan Akuarium dan Perlengkapannya


Langkah pertama cara budidaya ikan louhan ialah menyiapkan akuarium dan tentunya bersama perlengkapannya. Sediakan akuarim dengan ukuran  lebaranya kurang lebih 40 cm, sedangkan panjangnya yaitu 70 cm, dan untuk tingginya kurang lebih 40 cm. Ukurannya sanggup saja diadaptasi kebutuhan Anda, ukurannya lebih besar dari yang sudah disebutkan tadi malah lebih baik.


Setelah akurium siap digunakan, sediakan peralatan penunjang lainnya ke dalam tempat berkembang calon ikan louhan Anda supaya nyaman untuk berkembang biak, berikut diantaranya :



  • Lampu UV, lampu mempunyai kegunaan sebagai pencahayaan, serta mengatur kebutuhan cahaya dalam bak menjadi terpenuhi.

  • Filter, alat ini menjadi penting lantaran menjadi penyaring air dan bertugas mengontrol keberisihan bak supaya tetap terjaga.

  • Aerator, selain filter aerator juga mempunyai pernan fital dalam akurium. Alat yang kerap disebut juga sebagai pencipta gelembung udara ini berperan dalam mengatur kadar oksigen di dalam akurium.

  • Bebatuan serta flora air, ciptakan suasana akuarium mirip tempat tinggal di habitat orisinil ikan louhan. dengan menambahan bebatuan dan flora air.



  1. Menyiapkan Air untuk Akurium


Cara budidaya ikan louhan di akurium selanjutnya yakni menyiapkan air. Jangan asal menawarkan air ke dalam akurium, lantaran di setiap kawasan memiiki kadar pH berbeda-beda. Sebaiknya cek kadar potensial Hidrogen (kepanjangan dari kadar pH), atau sanggup memakai cara menawarkan air endapan terlebih dahulu.


Cara donasi air endapan sangat gampang semudah cara budidaya ikan louhan cencu, yaitu dengan hanya menawarkan air kedalam akurium selama kurang lebih satu hari. Langkah ini mempunyai kegunaan mengatur kadar pH dalam akurium. Bila dalam waktu sehari di rasa cukup lama, sanggup juga memakai larutan trisufat 5 ppm, atau dengan menggunaan garam khusus ikan hias. Untuk kadar pH normal dalam air untuk tempat tinggal ikan louhan yaitu antara 6,5 sampai 7,5.


Setelah kadar pH sudah siap, penting kiranya mengatur suhu air dalam akuarium biar ikan merasa kondusif dan mejadi nyaman ketika berada di tempat barunya. Untuk menjadi perhatian, suhu nyaman ikan louhan yaitu antara 32 derajat celsius sampai 35 derajat Celsius. 








  1. Berikan Pakan Berkualitas


Pemberian makan menjadi hal penting dalam proses pembudidayaan ikan louhan, di harapkan untuk tak menawarkan pakan sembarangan, di sarankan memakai pakan berkualitas biar mendapatakan ikan berkualitas pula. Sebab salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya ikan louhan berada pada donasi pakan, khususnya pada usia 2 ahad sebelum ikan akan di budidayakan.


Untuk donasi pakan yang disarankan ialah jenis pakan alami, contohnya jangkrik, udang kecil,  dan cacing alasannya yakni makanan itu mengandung nilai gizi yang sangat baik bagi ikan louhan. Selain menawarkan pakan alami, juga penting untuk tidak menawarkan pakan buatan lantaran biasanya makanan ikan itu mempunyai kkandungan zat pewarna atau pelet yang berbahaya bagi kesuburan ikan.



  1. Memilih Indukan Berkualitas


Sebelum mendapat ikan louhan berkualitas, menentukan indukan berbobot tak sanggup di lewatkan. Sebab, kualitas anakan ikan sangat di pengaruhi oleh indukannya yang tentunya berkualitas pula. Cara mendapat indukan berkualitas sangat gampang jauh lebih gampang ke timbang cara budidaya cacing sutra tanpa lumpur, yaitu cukup membeli ikan louhan berharga mahal (tentunya sudah memperhatikan banyak faktor-faktor), langkah ini juga akan menjadi menguntungkan bila indukan hendak di jual kembali.


Untuk mendapat indukan berkualitas perlu kiranya memperhatikan ciri-cirinya, berikut klarifikasi singkatnya, antara lain :



  • Anggota tubuhnya lengkap dan tak mempunyai tubuh yang cacat serta bengkok.

  • Memiliki jenong, alasannya yakni ikan louhan tanpa jenong itu bukan lah ikan louhan.

  • Ikan sudah mempunyai tanda jenong di pecahan kepala ketika berukuran kurang lebih 10 cm, serta sudah tampak corak mutiara pada pecahan jenongnya. 







Cara lain mendapat indukan sanggup juga mengkawinkan ikan louhan berkelamin jantan dan bertina. Langkanya pun mudah,  cukup menyiapkan ikan jantan dan betina tadi kedalam akurium. Berikan juga penyekat ditengah tengah akurium, ini mempunyai kegunaan untuk proses pendekatan. Setelah dimasukkan perhatikan gerak gerik antara keduanya, bila keduanya malah terlihat ingin adu tutup kembali sekat tadi.


Tunnggu sampai keduanya mulain mengenal dan akrab, nah bila situasi sudah baiklah buka sekatnya dengan cara perlahan-lahan, lalu amati kembali polah tingkah keduanya.


Bila keduanya damai dan kondusif biyarkan saja, bila masih adu tutup kembali sekatnya. Ciri-ciri ikan louhan yang sudah bersahabat dan ingin kawin yakni mulai menggesek gesekkan badanya dan menggoyangkan ekor. Setelah keduanya siap kawin tutup saja atas akurium memakai kertas berwarna gelap. Jangan lupa juga untuk menawarkan pakan yang banyak, supaya keduanya tak kelaparan. Biyarkan saja ikan louhan tadi melaksanakan proses perkawinan, lepaskan epilog dengan durasi waktu 1 sampai 2 hari lantaran di waktu itu biasanya ikan melaksanakan perkawinan.



  1. Proses Pemijahan Telur


Proses perkawinan kurang lebih terjadi dalam waktu 1 sampai 2 hari, sesudah itu telur akan mulai terlihat pada pecahan bawah akurium. Tidak semua telur behasil di buahi, untuk itu perhatikan telur yang gagal dibuahi, dengan ciri berwarna putih mirip susu. Sedangkan telur tepat di tandai dengan berwarna bening dengan bintik hitam.


Setelah telur keluar biyarkan indukan ikan tetap ada di akurium, alasannya yakni keduanya akan menawarkan sirkulasi pada telurnya dengan cara mengipasi dengan siripnya, dan jangan lupa untuk tetap menawarkan makan. Setelah waktu berjalan kurang lebih 48 jam atau 2 hari, telur akan mulai menetas. Sebaiknya memindahkan indukan ikan louhan dari telurnya ke tempat berbeda biar tak mengancam keberlangsungan hidup anakannya.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Budidaya Ikan Louhan Di Akuarium Paling Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel