iklan

Karena Banyaknya Bugs, Hasilnya Tim Dapodik Akan Merilis Patch Dapodik 2018.B Terbaru

 dirilis secara resmi oleh Tim Pengembang Dapodik Kemdikbud pada simpulan bulan Januari  Karena Banyaknya Bugs, Akhirnya Tim Dapodik akan Merilis Patch Dapodik 2018.b Terbaru
inulwara.blogspot.com
Semenjak aplikasi Dapodik 2018.b dirilis secara resmi oleh Tim Pengembang Dapodik Kemdikbud pada simpulan bulan Januari 2018 kemarin, hampir semua Operator Dapodik telah mengunduh installer aplikasinya dan menginstalnya di laptop maupun PC sekolah masing-masing untuk memperbarui data guru pada semester ke-2 tahun pelajaran 2017/2018.

Selang beberapa hari sesudah rilis installer Dapodik, terbitlah Surat Edaran dari Dirjen GTK yang mengharuskan pengecekkan dan pembaruan data guru dan terkhusus lagi bagi mereka yang sudah berstatus sertifikasi sebelum tanggal 28 Februari 2018 sebagai batas akhir cut off penerbitan SK Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk semester ke-2 tahun pelajaran 2017/2018 ini.

"Tak ada barang yang sempurna", itulah mungkin ungkapan yang tepat untuk menggambarkan aplikasi Dapodik 2018.b ini. Ketika pembaruan data telah dilakukan, sebagian besar Operator Dapodik menemukan beberapa keluhan yang sama pada fitur tertentu di aplikasi Dapodik 2018.b ini. Jika pada aplikasi Dapodik sebelumnya tidak ada duduk masalah dengan fitur tersebut justru pada aplikasi Dapodik 2018.b ini malah dianggap invalid padahal dalam setiap pengisian selalu berorientasi pada pengisian di aplikasi sebelumnya.

Salah satu fitur yang banyak menjadi perdebatan sekaligus keluhan para Operator Dapodik yaitu masalah penambahan jumlah jam wajib pembelajaran yang dikatakan oleh sistem "Invalid" padahal pengisiannya sesuai dengan tatacara pengisian pada aplikasi Dapodik sebelumnya. Dengan kondisi ini tentu guru-guru yang harus menambah jam wajib pembelajarannya di luar kelas utama dia mengajar akan sangat dirugikan, terlebih bagi mereka yang sudah berstatus sertifikasi.

Beberapa operator yang paham dengan dunia Informasi dan Teknologi (IT) mungkin menganggap bahwa duduk masalah itu merupakan bugs (istilah IT untuk aktivitas yang tidak berfungsi dengan sewajarnya) aplikasi. Sehingga, perlu untuk dibenahi dan diperbaiki. Beberapa operator juga banyak yang bertanya apakah ini merupakan kebijakan gres atau ada kesalahan pada pengentrian datanya. Sehingga sering menjadi perdebatan yang tidak ada kepastiannya.

Aplikasi yang masih bermasalah dan tidak berfungsi dengan baik alasannya yaitu banyaknya bug yang ditemukan dikala penggunaannya menciptakan Tim Dapodik segera merilis patch Dapodik 2018.b terbaru. Hal ini tidak lain yaitu untuk menjamin pengentrian data guru tidak terjadi kesalahan sesudah dilakukan cut off nantinya.

Banyaknya keluhan yang masuk dari operator Dapodik kepada Tim Pengembang Dapodik kesudahannya direspon dengan baik oleh mereka. Salah satunya yaitu Pak Yusuf Rokhmat yang merupakan bab dari Tim Pengembang aplikasi Dapodik. Dalam jawaban komentar akun facebook ia menyatakan bahwa akan segera merilis patch terbaru untuk memperbaiki fitur-fitur Dapodik 2018.b yang menjadi keluhan para Operator Dapodik.
 dirilis secara resmi oleh Tim Pengembang Dapodik Kemdikbud pada simpulan bulan Januari  Karena Banyaknya Bugs, Akhirnya Tim Dapodik akan Merilis Patch Dapodik 2018.b Terbaru
inulwara.blogspot.com

Memang, dari jawaban tersebut ia tidak menjelaskan secara niscaya kapan waktu rilis patch tersebut. Namun, dapat dipastikan jikalau patch tersebut akan dirilis di bulan ini mengingat ibarat yang telah saya sebutkan di atas bahwa Dirjen GTK telah memberi batas waktu untuk pengecekkan dan pembaruan data guru di aplikasi Dapodik sebelum tanggal 28 Februari 2018. Jika waktu rilis lewat dari tanggal itu saya kira akan merugikan guru-guru yang sudah berstatus sertifikasi.

Kita tunggu saja waktu rilisnya beberapa hari ke depan. Mudah-mudahan secepatnya dapat dilakukan. Semoga bermanfaat!

Sumber http://inulwara.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karena Banyaknya Bugs, Hasilnya Tim Dapodik Akan Merilis Patch Dapodik 2018.B Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel