iklan

Tips Menyembunyikan Error #Div/0! Pada Microsoft Excel

Tentunya Anda familiar dengan kegiatan olah data yang terkenal dari Microsoft, yaitu Office Excel. Pada kegiatan ini, kalau sebuah nilai dibagi dengan nol (0) atau sebuah sel kosong pada rumus, maka sel akan menampilkan hasil tamat perhitungan sebagai nilai error yang disebut #DIV/0!


Nilai error ini sanggup menawarkan persepsi yang salah pada pembaca, khususnya ketika lembar kerja sedang dikerjakan. Selain itu, lembar kerja akan terlihat tidak profesional atau baik pada ketika rumus yang sama diaplikasikan untuk sel yang banyak dengan cara men-drag atau meng-copy ke banyak sel.


Nilai error ini masih valid, sebab mustahil untuk membagi sebuah angka dengan 0. Namun, Anda sanggup menyembunyikan atau menghapus nilai error #DIV/0! ini pada sel yang mempunyai rumus yang tidak valid, dengan memakai fungsi IF.


Untuk menahan #DIV/0! supaya tidak muncul pada ketika ada kesalahan, gunakanlah rumus berikut untuk menggantikan rumus pembagian standar:


=IF(penyebut=0,””,pembagi/penyebut)


“Pembagi” merujuk pada sel yang akan dibagi. “Penyebut” merujuk pada sel yang menjadi pembagi.


Sebagai contoh, untuk rumus “C3/C4” (sel C3 dibagi dengan sel C4), rumus yang dimasukkan pada sel hasil yakni menyerupai berikut:


=IF(C4=0,””,C3/C4)


Rumus di atas akan mengecek apakah bilangan penyebut sama dengan nol (atau kosong). Jika benar, sebuah sel kosong akan ditampilkan. Namun kalau salah, maka sel yang mengandung fungsi akan menampilkan hasil dari rumus sehabis perhitungan.


Untuk menampilkan gosip yang lain pada sel apabila pembilang yakni sel kosong atau nol, Anda cukup mengetik gosip yang dibutuhkan pada rumus dimana tanda petik muncul. Jika Anda ingin menampilkan teks, ketikkan diantara tanda kutip. Jika Anda ingin menampilkan suatu nilai, ketika nilai yang dinginkan tanpa tanda kutip.


Rumus IF lainnya yang sanggup dipakai selain trik di atas yakni memakai kondisi ISERROR, dengan perintah untuk rumus menyerupai berikut:


=IF(ISERROR(pembagi/penyebut),””,pembagi/penyebut)


Misalnya,


=IF(ISERROR(C3/C4),””,C3/C4)


Setelah memasukkan rumus perbaikan error menyerupai di atas, Anda sanggup men-drag sel tersebut untuk menyalin rumus ke sel lain, dan rumus yang sama akan dipakai secara otomatis.



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Menyembunyikan Error #Div/0! Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel