iklan

√ Misteri Waduk Sempor Yang Jebol Dan Menewaskan Ratusan Orang

Jika Waduk Jatigede yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah seram, apalagi waduk yang sudah dibangun semenjak tahun 1958?


Adalah Waduk Sempor yang berlokasi di Desa Sempor, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan salah satu waduk terangker yang sering memakan korban jiwa. Bahkan, di tahun 1967 bendungan ini pernah jebol sampai menewaskan ratusan orang.


Misteri Waduk Sempor yang dikenal angker ini memang sudah menyebar luas di kalangan masyarakat sekitar. Pengunjung yang tiba ke waduk ini diminta untuk berhati-hati dan tidak berpikiran kosong semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan menyerupai kecelakaan. Bacaterus sudah merangkum sebuah dongeng misteri Waduk Sempor pada goresan pena kali ini.


Sejarah Pembangunan Waduk Sempor


 yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah angker √ Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang

* sumber: lungadolan.blogspot.co.id


Bukan hanya misteri Waduk Sempor saja yang menarik untuk dibahas, tetapi sejarah pembangunan waduk ini juga sangat menarik. Ketika Indonesia masih dikuasai Belanda pada tahun 1916, Pemerintah Belanda sudah menemukan lokasi ideal untuk menciptakan waduk di Sempor, Kebumen. Fungsi pembangunan waduk ini untuk keperluan irigasi daerah-daerah di sekitarnya.


Di tahun 1950, ketika para penjajah sudah pulang ke negaranya masing-masing, proyek pembangunan Waduk Sempor kembali dilanjutkan oleh Pemerintah Indonesia. Untuk pembangunan waduk, pemerintah melaksanakan pembebasan tanah bagi warga yang tinggal di Sempor.


Misteri Jebolnya Waduk Sempor


 yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah angker √ Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang


Kisah tragis di Waduk Sempor adalah, ketika waduk ini jebol menjadikan banjir bandang yang menewaskan 127 orang. Kejadian pada tahun 1967 ini terjadi ketika Waduk Sempor belum dibangun dengan sempurna.


Kala itu, waduk ini masih berupa timbunan tanah dan batu. Sementara pengontrolan air masih memakai metode sederhana yakni dengan mengandalkan satu pintu pembuangan saja. Ada yang beropini bahwa insiden jebolnya Waduk Sempor yang menewaskan 127 orang dan 11 pekerja ini yaitu ajakan tumbal untuk kelancaran pembangunan waduk.


Namun, pendapat tersebut memang tidak sanggup dibuktikan kebenarannya dan masih banyak orang yang berpikir dengan nalar sehat dan beropini bahwa insiden tersebut memang murni akhir kesalahan manusia.


Salah satu misteri Waduk Sempor yang pernah jebol ini cukup menggegerkan pemerintahan alasannya yaitu pada ketika Indonesia masih dalam masa transisi pemerintahan dari Presiden Soekarno ke Presiden Soeharto. Namun, pembangunan fisik Waduk Sempor ini sudah disempurnakan dan final di tahun 1978.


Lereng Longsor di Dekat Waduk Sempor yang Menelan Korban


 yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah angker √ Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang


Ketika Anda melaksanakan perjalanan untuk menuju ke Waduk Sempor, Anda akan melihat pemandangan yang indah berupa tebing dan jurang di sebelah kanan dan kiri Anda. Pemandangan ini sanggup Anda nikmati kalau melewati jalur utara. Keindahan panorama ini menciptakan wisatawan ingin berhenti sejenak untuk berfoto dengan latar belakang lereng dan jurang serta beberapa sungai di sini.


Di balik keindahan panorama di jalur utara menuju ke Waduk Sempor ini, ternyata jalur ini dikenal sebagai jalur maut. Pasalnya, lereng dan jurang tersebut sering memakan korban jiwa.


Salah satu dongeng tragis pernah menimpa sepasang kekasih yang sedang asyik berduaan di sekitar tebing. Namun, tiba-tiba mereka berdua tertimpa watu besar yang longsor dan meninggal. Bukan hanya misteri Waduk Sempor saja yang sanggup membahayakan nyawa seseorang, tetapi tempat di sekitarnya pun juga cukup berbahaya.


Masjid yang Menahan Banjir Bandang


 yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah angker √ Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang


Tragedi Waduk Sempor yang jebol di tahun 1967 ternyata juga menunjukkan kebesaran Allah. Di salah satu desa yang terkena imbas dari banjir bandang tersebut ada sebuah masjid yang gres final dibangun pada tahun 1960, namanya Masjid Pancasila. Masjid ini nampak sederhana dan jauh dari kesan megah.


Pada ketika Bendungan Sempor jebol dan menjadikan banjir bandang yang merusak rumah-rumah warga, masjid tersebut justru tetap berdiri menahan banjir bandang. Memang masjid ini mengalami kerusakan, tetapi tidak separah rumah-rumah yang berada di sekitarnya.


Peristiwa masjid yang menahan banjir bandang ini menciptakan kita semakin percaya terhadap kebesaran Allah. Jika dipikir dengan nalar sehat, nampaknya memang tidak mungkin kalau masjid dengan arsitektur yang sederhana ini tidak rusak total ketika diterjang banjir bandang.


Beberapa tahun sehabis insiden ini, Masjid Pancasila dibangun kembali. Kini, Anda juga sanggup mampir untuk melihat masjid tersebut ketika berkunjung ke Waduk Sempor.


Selalu Meminta Tumbal


 yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah angker √ Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang


Misteri Waduk Sempor yang satu ini mungkin sanggup mengurungkan niat Anda untuk berkunjung ke waduk yang juga menjadi tempat rekreasi ini. Sudah menjadi belakang layar umum kalau Waduk Sempor selalu meminta tumbal.


Setiap tahun, niscaya ada saja korban meninggal alasannya yaitu karam di Waduk Sempor. Kejadian yang terus berulang setiap tahun ini menciptakan masyarakat yakin bahwa penunggu Waduk Sempor selalu meminta tumbal tahunan.


Cara meninggal korban di waduk ini berbeda-beda, ada yang karam alasannya yaitu menjaring ikan, ada yang hanya berada di tepi waduk tetapi terpeleset dan tenggelam, dan ada yang perahunya bocor sehingga menenggelamkan orang yang berada di atas bahtera tersebut.


Entah insiden ini memang alasannya yaitu kelalaian insan atau ulah penunggu Waduk Sempor, yang niscaya kita dituntut untuk berhati-hati dan selalu waspada kalau berkunjung ke waduk ini.


Waduk Sempor, Cantik dan Misterius


 yang dibangun pada kurun kepemimpinan Presiden Joko Widodo saja sudah angker √ Misteri Waduk Sempor yang Jebol dan Menewaskan Ratusan Orang


Sejumlah misteri Waduk Sempor tersebut mungkin menyurutkan niat sebagian orang untuk tiba berwisata ke Waduk Sempor. Waduk ini mulai sepi dikunjungi oleh wisatawan. Padahal, dulu waduk ini memang cukup ramai karena tempatnya bersih, tenang, dan banyak pedagang yang berjualan di sekitar waduk.


Sepinya pengunjung di Waduk Sempor ini bukan alasannya yaitu ulah makhluk astral yang menghuni waduk. Akan tetapi, ini merupakan tantangan bagi pemerintah setempat untuk sanggup mempromosikan wisata Waduk Sempor secara lebih giat.


Terlepas dari kisah misteri atau tumbal tahunan di Waduk Sempor, waduk ini sebetulnya sangat menarik untuk dikunjungi. Waduk Sempor yang dikelilingi perbukitan dengan hutan cemara ini terlihat sangat asri dan menyejukkan mata. Udara di sekitar waduk juga sangat sejuk sehingga kontras sekali dengan suhu udara di Kebumen yang populer panas.


Dengan adanya sejumlah misteri Waduk Sempor yang terdengar mengerikan, kita tetap harus berserah diri pada Allah. Ingat, insan sanggup menemui ajalnya di mana saja. Jadi, walaupun Anda tiba ke tempat yang dianggap angker dan sering memakan korban jiwa, tapi kalau Allah belum memanggil Anda, tentu saja Anda tidak akan menjemput ajal di tempat tersebut.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Misteri Waduk Sempor Yang Jebol Dan Menewaskan Ratusan Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel