iklan

Macam-Macam Jaringan Komputer

Macam-macam Jaringan Komputer - Jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja tolong-menolong untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

1. Membagi sumber daya: contohnya membuatkan pemakaian printer, CPU, memori, harddisk.
2. Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting.
3. Akses informasi: contohnya web browsing.

Agar sanggup mencapai tujuan yang sama, setiap bab dari jaringan komputer meminta dan memperlihatkan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memperlihatkan layanan disebut pelayan (server).

Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server dan dipakai pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Baca juga:
Pengertian Jaringan Komputer
Manfaat Jaringan Komputer
Perangkat Jaringan Komputer
Jenis Jaringan Komputer
Topologi Jaringan Komputer

Macam Macam Jaringan Komputer menurut Skala

1. Local Area Network (LAN)
2. Metropolitant Area Network (MAN)
3. Wide Area Network (WAN)

 Jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan  Macam-macam Jaringan Komputer

Macam Macam Jaringan Komputer menurut Fungsi
Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang mempunyai komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client.

Ada juga yang tidak mempunyai komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu menurut fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:

1. Client-server
Pengertian Client-server yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan sanggup diberikan oleh sebuah komputer atau lebih.

Contohnya yaitu sebuah domain menyerupai www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau sanggup juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer.

Contohnya yaitu server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.

2. Peer-to-peer
Pengertian Peer-to-peer yaitu jaringan komputer dimana setiap host sanggup menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.

Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak jalan masuk terhadap file yang dimilikinya.

Pada satu dikala A mengakses file share dari B berjulukan data_nilai.xls dan juga memberi jalan masuk file soal_uas.doc kepada C.

Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan dikala A memberi jalan masuk file kepada C maka A berfungsi sebagai server.

Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan menyerupai ini dinamakan peer to peer.

Macam Macam Jaringan Komputer menurut Topologi
Berdasarkan (topologi jaringan komputer), jaringan komputer sanggup dibedakan atas:

a. Topologi Bus
b. Topologi Bintang
c. Topologi Cincin

 Jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan  Macam-macam Jaringan Komputer


Beberapa Pengertian dalam Unit Kompetensi Ini :
Beberapa pengertian yang dipergunakan di dalam unit kompetensi ini, yaitu :

1. Password, yaitu suatu bentuk data autentik diam-diam yang dipakai oleh user ketika akan menjalankan suatu jadwal atau situs yang tidak ingin atau tidak sanggup dirubah atau dilihat semua orang/orang lain (bersifat rahasia).

2. kriptografi, yaitu ilmu untuk menjaga kerahasiaan berita/informasi.

3. topologi yaitu hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station.

4. Access Control Lists (ACLs), yaitu daftar dari kendali jalan masuk yang memperlihatkan hak jalan masuk dan informasi untuk audit yang dipakai oleh sistem, contohnya oleh Windows NT atau oleh proxy server.

Didalam Windows NT, ACLs ini akan dipakai tolong-menolong dengan sistem jalan masuk file sytem NTFS (New Technology File System).

Windows NT memakai daftar ini untuk melihat siapa saja yang telah diberikan hak untuk mengakses sumber daya tertentu (file atau folder) dan hak apa yang telah diberikan kepadanya, menyerupai membaca, menulis dan mengeksekusi.

Didalam sistem file UNIX, hak jalan masuk ini sanggup dilihat dari bit-bit instruksi jalan masuk yang mencakup jalan masuk untuk user, jalan masuk untuk group user serta jalan masuk untuk global user.

Akses untuk user berlaku untuk user yang besangkutan, jalan masuk untuk group user berlaku untuk user-user lain yang masih berada dalam satu group dengan user yang bersangkutan sedangan jalan masuk global user berlaku untuk user yang tidak berada dalam satu group dengan user yang bersangkutan. Setiap file dalam file sistem UNIX mempunyai bit-bit pengendali tersebut.


5. Challenge/Response
Challenge/Response yaitu Proses otentifikasi melibatkan mekanisme challenge/response yang terjadi pada dikala dimulainya sebuah otentifikasi.

Ketika seorang pemakai ingin meminta hak jalan masuk kepada sistem maka sistem akan mengirimkan challenge kepada pemakai kemudian pemakai mengirimkan instruksi yang sesuai.

Sistem akan membandingkan instruksi yang dikirimkan oleh pemakai dengan instruksi yang ada didalam database. Jika ada kecocokan maka sistem akan memperlihatkan hak jalan masuk sesuai dengan hak yang dimiliki oleh pengguna yang bersangkutan. Contohnya, pada dikala seorang direktur

Web ingin mengakses IIS (Internet Information Service) di Windows NT maka proses challenge/response terjadi semoga sistem sanggup memperlihatkan hak jalan masuk yang sesuai.

Contoh lain dalam sistem UNIX yang memakai one-time password, seorang pemakai yang ingin melaksanakan koneksi terminal (telnet) ke dalam sistem harus memasukkan password sebelum sistem memperlihatkan hak jalan masuk terhadap terminal.

Proses challenge/response yang terjadi disini yaitu pemakai menghubungi server melalui port telnet (21), kemudian server membentuk hash serta challenge key. Pemakai kemudian membalas challenge key tersebut dengan one-time-password yang sesuai.

Selanjutnya response/jawaban dari pemakai akan dibandingkan dengan database yang ada didalam sistem, sebelum diputuskan untuk memperlihatkan jalan masuk atau tidak.

6.  NTLM, yaitu NTLM yaitu teknik otentifikasi Challenge/Response yang dipakai oleh Window NT. NTLM abreviasi dari Windows NT LAN Manager, alasannya teknik ini dikembangkan pertama kali dan dipakai oleh Microsoft LAN Manager.

7. One-Time-Password yaitu teknik otentifikasi Challenge/Response yang sering dipakai oleh UNIX system.

Dengan teknik ini sebuah password hanya sanggup dipakai satu kali dimana response yang sesuai akan diminta oleh sistem, menurut challenge key yang diberikan pada dikala proses otentifikasi.

8. SAM atau kepanjangan dari Security Account Manager yaitu database yang berisi data pemakai dan group. SAM tidak menyimpan password dalam bentuk ASCII tetapi dalam bentuk hash.

SAM dipakai oleh Windows NT dan terletak di HKEY_LOCAL_MACHINE\SAM dan HKEY_LOCAL_MACHINE\Security\SAM.


Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel