iklan

3 Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Akuntansi Administrasi Berdasarkan Ahli

3 Pengertian Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Menurut Ahli | AkuntansiLengkap.com – Artikel kali ini akan membahas mengenai Pengertian Akuntansi Manajemen, Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen, Fungsi Akuntansi Manajemen serta Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan.

 Pengertian Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Menurut Ahli  3 Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Akuntansi Manajemen Menurut Ahli

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Akuntansi Manajemen ialah suatu serangkaian metode akuntansi yang menghasilkan  informasi berupa laporan keuangan yang dihasilkan yang sanggup dipakai oleh pengguna internal dalam suatu organiasai perusahaan (Mulyadi,2001).

Pengertian Akuntansi manajemen ialah suatu sistem infomasi yang sangat berkhasiat bagi pihak administrasi dalam menciptakan keputusan-keputusan untuk memimpin dan mengendalikan perusahaan (Dr. Hartanto,Op.Cit)

Definisi Akuntansi manajemen ialah proses identifikasi, analisis, pengukuran, penyusunan dan komunikasi gosip yang dipakai administrasi untuk merencanakan, penilaian dan pengendalian suatu perusahaan untuk memastikan ketepatan dan akuntabilitas dalam penggunaan sumberdaya perusahaan. (Chartered Insitute of Management Accountants – CIMA)

Berdasarkan uraian diatas sanggup di simpulkan bahwa Akuntansi Manajemen merupakan suatu tahap di dalam penyajian laporan keuangan dengan memakai metode akuntansi dan menghasilkan gosip yang sanggup dipakai oleh pengguna data, baik internal perusahaan sebagai materi pertimbangan dalam fungsi perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling)  dan mengambil keputusan.

Syarat mutlak Laporan Keuangan ialah gosip yang disajikan sangat terperinci dan detail sehingga gampang dipakai oleh departemen yang ada di perusahaan menyerupai bab keuangan, bab pemasaran dan  bab produksi.

Fungsi dan Ruang Lingkup Akuntansi Manajemen

Fungsi akuntansi administrasi dan ruang lingkup akuntansi administrasi ialah menyajikan kumpulan data yang memperlihatkan informasi  berdasarkan data historis dalam proses administrasi dari kegiatan organisasi  .

Sebagai suatu tipe gosip yang sangat penting dan kemudian diolah untuk memenuhi keperluan manajer dalam memanajemen perusahaan yang mencakup proses, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), tindakan (actuating), pengawasan  (controlling) dan penilaian kinerja (evaluation).

Contohnya :

Keperluan manajer keuangan yang membutuhkan gosip terkait dengan aktifitas keuangan perusahaan menyerupai dana modal kerja, tingkat pertumbuhan investasi, rasio keuangan dan lainya.

Manajer Produksi membutuhkan gosip data mengenai rincian biaya harga pokok produksi (cost of good sold) seperti biaya tenaga kerja, biaya produksi, biaya overhead, biaya per-unit produk yang berperan secara pribadi dalam proses produksi.

Manajemen Pemasaran membutuhkan gosip data terkait seluruh biaya terkait dalam penentuan sistem penjualan baik secara kredit maupun tunai, penetapan harga jual produk, beban iklan, beban bonus produk tertentu untuk meningkatkan volume penjualan.

Bagian Top Manajemen memakai gosip ini untuk memilih kebijakan strategis perusahaan menyerupai halnya penyususnan anggaran, diversivikasi produk, perluasan usaha, maupun kebijakan investasi lainya.

Baca juga: Prinsip Akuntansi Adalah: dan 10 Prinsip Dasar Akuntansi

Tujuan Akuntansi Manajemen

Tujuan daripada akuntansi administrasi diantaranya:

  1. Menyediakan/memasok gosip kepada para manajer yang sanggup dipergunakan untuk menghitung harga pokok jasa, produk serta tujuan lain yang diinginkan oleh manajemen.
  2. Memberikan gosip yang sanggup dipergunakan administrasi dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian dan perbaikan yang berkelanjutan.
  3. Menyediakan gosip untuk pengambilan keputusan.

Berdasarkan tujuan tersebut, sanggup kita simpulkan bahwa tujuan dari akuntansi administrasi ialah menghasilkan gosip akuntansi yang dipakai untuk keperluan pengembilan keputusan administrasi yang mengelola perusahaan atau internal.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dengan Akuntansi Keuangan

Berikut ini ialah tabel perihal perbedaan fundamental akuntansi administrasi dan akuntansi keuangan. Perbedaan ini sanggup di kelompokkan mejnjadi 6 tipe yaitu dari bidang pemakai gosip focus informasi, orientasi informasi, dasar penyusunan gosip dan ketetapan informasi.

Faktor-Faktor Akuntansi Manajemen Akuntansi Keuangan
1.     Pemakai Informasi Manajemen perusahaan (pihak internal) Kreditur, pemerintah, investor dll (pihak eksternal perusahaan)
2.     Dasar Penyusunan Informasi Yang lebih diperhatikan ialah manfaat gosip atau tidak terikat oleh prinsip akuntansi Memakai prinsip akuntansi yang berlaku secara umum
3.     Focus Informasi Hanya bagian-bagian internal perusahaan Perusahaan secara keseluruhan
4.     Orientasi Informasi Data masa kemudian dan masa yang akan datang Data masa lalu
5.     Tipe informasi Informasi keuangan (moneter) dan non moneter Hanya gosip keuangan (moneter)
6.     Ketetapan informasi Informasi yang disajikan lebih di tekankan pada  ketetapan data dan ketetapan waktu. Informasi yang disajikan lebih pada ketepatan data.

Itulah tadi klarifikasi mengenai 3 Pengertian Dan Fungsi Akuntansi Manajemen Menurut Ahli. Semoga bermanfaat menambah wawasan pembaca. Terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Pengertian Pasiva : Akun dan Penjelasan Lengkap
  2. Pengertian Aktiva : Aktiva Lancar & Aktiva Tidak Lancar
  3. 7 Pengertian Akuntansi Syariah “Lengkap”
  4. Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa Dengan 8 Transaksi
  5. Pengertian Debet Dan Kredit Dalam Akuntansi

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Akuntansi Administrasi Berdasarkan Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel