iklan

Sebelum Nonton Gerhana Bulan Total, Cek Cuaca Kota Kalian

Nonton gerhana Bulan. Foto: detikINET/Adi Fida RahmanNonton gerhana Bulan. Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Jakarta - Gerhana Bulan total pada 28 Juli dini hari nanti, menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya. Sebelum menonton fenomena alam tersebut, ada baiknya mengecek cuaca di kota kalian melalui aplikasi ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memanfaatkan momen ini untuk mengajak lebih banyak orang memakai aplikasi Info BMKG.



Melalui tweetnya di akun Twitter @infoBMKG, BMKG mengingatkan akan adanya kejadian langka gerhana Bulan total terlama di era 21 pada 28 Juli. Agar tidak terlewat momen istimewa ini, BMKG mengajak followernya mengetahui prakiraan cuaca lewat aplikasi Info BMKG.




Aplikasi yang dirilis semenjak 2016 ini, tersedia gratis untuk perangkat Android di Google Play Store dan iOS di App Store. User interface-nya cukup praktis dan gampang digunakan.

Secara fungsi, aplikasi ini tak jauh berbeda dengan aplikasi ramalan cuaca lain yang sudah beredar luas dan sanggup diperoleh dengan gampang melalui toko-toko aplikasi populer. Informasi tampil pun cukup rinci, mulai dari prakiraan cuaca hingga informasi kecepatan angin.

Ditelusuri detikINET, Jumat (27/7/2018), fitur di dalam aplikasi ini antara lain informasi real time prakiraan cuaca, kualitas udara, dan peringatan jikalau akan terjadi gempa.

Berkat integrasi dengan server BMKG, aplikasi ini punya basis data per kota yang lebih luas dan lengkap. Sayangnya, belum tersedia widget untuk aplikasi ini.

Sejumlah komentar dalam review aplikasi itu menyarankan semoga BMKG menciptakan widget sehingga pengguna lebih gampang mengakses informasi cuaca ketimbang harus membuka aplikasi terlebih dahulu.



Namun secara keseluruhan, aplikasi ini sanggup jadi pilihan dan cukup mahir untuk prakiraan cuaca, terutama bagi kalian yang ketika ini bersiap 'nongkrong' menyaksikan gerhana Bulan total.

Gerhana Bulan total terjadi pada 28 Juli dini hari nanti. Wilayah Indonesia sanggup melihat kejadian alam tersebut secara langsung, dengan fase gerhana dimulai pukul 01.24 hingga 05.19 WIB. Sementara untuk untuk WITA dan WIT, waktunya menyesuaikan.

Sumber detik.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sebelum Nonton Gerhana Bulan Total, Cek Cuaca Kota Kalian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel