iklan

Pengertian Vga Card Dan Fungsinya Serta Jenisnya

Pengertian VGA Card dan Fungsinya - Apa itu VGA Card? Video Graphics Array disingkat VGA dan biasa disebut dengan (video card, video adapter, display kartu, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter). Istilah VGA Card sendiri ternyata sering dipakai untuk mengacu pada resolusi monitor berukuran 640×480.

Kegunaan dan Fungsi VGA Card yaitu untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Jika anda ingin bermain Game, menonton video dengan kualitas HD, maka anda harus memakai VGA Card yang berkualitas tinggi, menyerupai ATI dan Nvidia. Dibawah ini yaitu gambar VGA Card Nvidia.
 Video Graphics Array disingkat VGA dan biasa disebut dengan  Pengertian VGA Card dan Fungsinya serta Jenisnya
VGA
Tidak hanya itu, VGA Card sanggup juga mengacu pada konektor VGA 15-pin yang selalu digunakan  dengan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke layar monitor. Standar VGA digantikan oleh standar XGA dari IBM, namun ternyata VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Sekarang ini, VGA Card telah memakai Graphic Accelerator Chipset, Chipset ini merupakan chipset terbaru dimana telah dilengkapi kekuatan akselerasi tiga dimensi (3D) yang terintegrasikan pada chipset yang dimilikinya.

Tidak hanya VGA Card, Saat ini juga aneka macam periferal komputer pendukung yang disebut "3D Accelerator".  Yang mana fungsi dari akselerator 3D ini yaitu untuk mengolah atau menterjemahkan data gambar 3D dengan lebih sempurna.

Akselerator 3D yang keberadaannya tidak lagi membutuhkan IRQ ini sanggup melakukan manipulasi-manipulasi grafis 3D yang lebih kompleks dan tentunya lebih sempurna. Contohnya menyerupai yang terdapat pada Game komputer yang mendukung 3D sanggup ditampilkan dengan gambar menyerupai aslinya, sehingga sanggup menciptakan gambar terlihat lebih nyata.

Hal ini dikarena jumlah fungsi pengolahan grafis 3D yang awalnya dilakukan oleh procesor pada motherboard yang dikala ini sudah dipakai oleh procesor grafis 3D pada 3D accelerator tersebut.

Dengan  adanya pembagian kerja ini, maka procesor yang terdapat pada motherboard sanggup lebih banyak melakukan pekerjaan pemerosesan data-data yang lain. Di luar itu para programmer tidak perlu menciptakan fungsi grafis 3D dikarenakan fungsi tersebut sudah tersedia di accelerator 3D.

Kesimpulan
Seperti yang telah disinggung di atas bahwa fungsi VGA Card yaitu menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari sebuah komputer jadi penampilan grafis pada layar monitor. VGA Card (Video Graphic Adapter) berfungsi untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke layar monitor. Untuk menggambar atau rancangan suatu graphic maupun hanya sekedar bermain game. VGA Card sering juga disebut Kartu display, card VGA atau card grafis.

Baca juga : Pengertian Motherboard dan fungsinya




Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Vga Card Dan Fungsinya Serta Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel