iklan

Pengertian Dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)

Akuntansi anggaranterdapat aneka macam bidang dalam akuntansi salah satunya ialah Akuntansi anggaran. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan ringkas mengenai akuntansi anggaran pada artikel berikut.

terdapat aneka macam bidang dalam akuntansi salah satunya ialah Akuntansi anggaran Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgeting)


Akuntansi anggaran ialah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang kemudian bertujuan membandingkan dengan pengeluaran yang sesungguhnya (aktual). Akuntansi anggaran akan menguraikan acara keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dijalankan melalui sistem analisa dan pengawasan. Akuntansi anggaran merupakan cuilan dari akuntansi manajemen.

Dalam penerapannya pada perusahaan akuntansi anggaran ialah teknik akuntansi yang berperan untuk mencatat setiap kejadian transaksi yang terjadi dan terdapat pada setiap anggaran yaitu mulai semenjak akreditasi anggaran, dialokasikan ataupun yang dilaksanakan hingga dikala penutupan buku anggaran selesai periode.

Di setiap perusahaan, organisasi dan instansi yang memakai dana/anggaran teknik akuntansi anggaran ini sangat penting dipakai untuk mengelola dana anggaran yang ada.

Tujuan Akuntansi Anggaran


Tujuan dari diberlakukannya akuntansi anggaran ialah  untuk mencegah terjadinya kelebihan dana yang tak terduga (over budget).

Apa effeknya ? dampak (efek) yang terjadi ialah neraca yang tidak seimbang jawaban pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Apabila hal ini terjadi, akan dikhawatirkan perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Itulah sebabnya akuntansi anggaran penting dipakai setiap tubuh perjuangan guna mengawasi setiap pemikiran dana / anggaran yang ada.

terdapat aneka macam bidang dalam akuntansi salah satunya ialah Akuntansi anggaran Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)

Selain itu, data yang dihasilkan dari pembukuan akuntansi anggaran  yang sempurna sanggup dipakai sebagai dasar atau teladan untuk membantu perusahaan  dalam merencanakan dan mengestimasi anggaran untuk periode bulan/tahun berikutnya.

Berkaca dari kata pepatah “Tidak ada gading yang tak retak” Semoga artikel yang masih banyak kekurangan ini sanggup manambah wawasan keilmuan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih

Kunjungi Artikel Manfaat Lainnya:


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel