iklan

Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Belum Dewasa Dan Pemula

Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula–Hallo pembaca www.modulkomputer.com semuanya, apakabar? Semoga semuanya sehat, amiin. Kali ini admin akan menampilkan panduan mencar ilmu komputer khususnya bagi belum dewasa dan pemula, yaitu panduan bagaimana cara mengetik 10 jari dengan benar. Materi ini cocok dibaca oleh guru tik, kkpi, simulasi digital dan pelatih kursus komputer yang sedang mengajar para siswanya cara memakai keyboard.


Panduan mencar ilmu komputer untuk belum dewasa dan pemula ini fokus pada cara mengetik 10 jari, menempatkan posisi jari-jari pada tombol keyboard secara benar, posisi tubuh dikala mengetik, aplikasi untuk mencar ilmu mengetik, dan teks yang dipakai untuk mencar ilmu mengetik.


Pernah mendengar istilah mengetik 12 jari? Istilah ini mengacu kepada kemampuan seseorang dalam mengetik cepat, kata dua belas jari tak lain penggambaran berlebih (hiperbolik) bagaimana cepatnya orang tersebut ketika mengetik seperti mempunyai 12 jari. Sedangkan fakta sebetulnya ialah mengetik dengan 10 jari, alasannya ialah memang jari insan pada umumnya ialah 10 jari.


Menempatkan Posisi Jari-jari Tangan Pada Tombol Keyboard


Tahap pertama ketika hendak mengajar cara mengetik 10 jari bagi belum dewasa dan pemula ialah mengarahkan siswa untuk menempatkan jari-jari tangan pada tombol keyboard.


Berikut penempatan posisi jari-jari tangan yang seharusnya pada keyboard komputer ketika mengetik


Posisi jari tangan kiri pada Keyboard



  1. Tempatkan jari telunjuk untuk menekan tombol abjad F, R, V, G, T, B, angka 4 dan 5,

  2. Tempatkan jari tengah ntuk menekan tombol abjad D, E, C, dan angka 3

  3. Tempatkan jari anggun untuk menekan tombol abjad S, W, X, dan 2.

  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan tombol abjad A, Q, Z, 1, Alt dan selain yang disebut, yaitu tanda , Tab, Caps Lock, Shift, Ctrl, dan tombol jendela / Windows.

  5. Dan posisi Ibu Jari untuk menekan spasi, bergantian dengan ibu jari tangan kanan.


 Kali ini admin akan menampilkan panduan mencar ilmu komputer khususnya bagi anak Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula


Posisi jari ajudan pada Keyboard



  1. Tempatkan jari tntuk untuk menekan tombol abjad : J, H, U, Y, M, N, 7 dan 6

  2. Tempatkan jari tengah untuk menekan tombol huruf  K, I, koma (,) / tanda lebih kecil (<) dan 8 atau tanda bintang (*)

  3. Tempatkan jari anggun untuk menekan tombol abjad L, O, 9 / tanda kurung kiri ( ( ), dan titik (.) / tanda lebih besar (>) serta Alt

  4. Tempatkan jari kelingking  untuk menekan semua tombol keyboard yang ada di sebelah kanan, selain dari yang telah disebutkan di atas, yaitu mulai dari tanda titik dua (;), tanda petik (‘), Enter, abjad P, tanda kurung siku ( { } / [ } ), garis miring ke kiri ( \ ), tanda Tanya ( ? ) / tanda miring (/), klik kanan (tanda menyerupai dokumen) serta Shift dan Ctrl kanan.

  5. Dan untuk ibu jari /Jempol gunakan untuk menekan tombol Spasi, bergantian dengan jempol kanan


Intinya antara jari tangan kiri dan jari ajudan tidak saling bersilang posisi, menempatkan jari-jari tangan sesuai area yang sudah disebutkan diatas. Area ajudan mulai dari abjad J hingga pada CTRL kanan, sedangkan area posisi tangan kiri dari mulai abjad F hingga dengan tombol windows.


Dalam gambaran gambar penempatan tangan pada keyboard diatas, bisa dilihat area tombol yang akan diketik memakai jari-jari sesuai warna.


Teks Penguji Akurasi 10 Jari Pada Keyboard


Ketika sudah tau area penempatan posisi jari pada keyboard, tahap berikutnya ialah menguji akurasi atau ketepatan memposisikan setiap jari pada tombol keyboard.


Untuk menguji akurasi atau ketepatan jari menekan tombol-tombol keyboard sesuai area jari ajudan dan kiri, kita bisa memakai teks-teks yang lazim dipakai untuk hal tersebut. Diantaranya teks-teks yang terkenal dipakai ialah mengetik kalimat dibawah ini…


the quick browns fox jum over the lazy dog

blowzy red vixens fight for a quick jump


The quick browns fox jum over the lazy dog

Blowzy red vixens fight for a quick jump


THE QUICK BROWNS FOX JUM OVER THE LAZY DOG

BLOWZY RED VIXENS FIGHT FOR A QUICK JUMP


The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog

Blowzy Red Vixens Fight For A Quick Jump


tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG

bLOWZY rED vIXENS fIGHT fOR a qUICK jUMP


Kalimat-kalimat diatas merupakan kalimat yang umum dipakai untuk mengukur akurasi penempatan jari-jari tangan pada semua tombol abjad pada keyboard komputer, ini juga dipakai pada dikala mencar ilmu mengetik cepat memakai 10 jari. Untuk beberapa kasus dalam ujian mengetik cepat, biasanya dikur dengan durasi waktu.


Teks diatas mungkin tidak cocok kalau dipakai untuk mengukur, atau membiasakan penempatan posisi jari di keyboard pada anak-anak. Untuk mengukur akurasi, atau adaptasi menempatkan posisi jari yang sempurna pada belum dewasa cukup dengan penggunaan teks-teks pendek sesuai area jari, contohnya mengetik teks-teks pendek dibawah ini;


Contoh teks membiasakan penempatan jari tangan kiri


asd asd asd asd asd asd

Asd asd asd asd asd asd

ASD ASD ASD ASD ASD ASD

Asd Asd Asd Asd Asd Asd


Contoh teks membiasakan penempatan jari tangan kanan


pol kol mio mio kio kio lip

Pol kol mio mio kio kio lip

POL KOL MIO MIO KIO KIO LIP

Pol Kol Mio Mio Kio Kio Lip


Contoh teks mencar ilmu mengetik untuk belum dewasa lainnya bisa lihat disini


Aplikasi Untuk Belajar Mengetik Cepat 10 Jari


Selain teks, atau kalimat yang sudah dirancang untuk mengakomodir keakurasian penempatan jari tangan pada tombol keyboard dikala mencar ilmu mengetik 10 jari, ada juga aplikasi pendukung yang dibentuk untuk membantu orang yang ingin mencar ilmu dan meningkatkan kemampuan mengetik cepat.


Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang berbayar, dan banyak pula yang gratis. Ada yang bisa di instalasi di komputer dan dipakai secara offline, dan tentu ada juga yang hanya bisa dipakai kalau komputer terhubung dengan kanal internet alias online.


Berikut beberapa aplikasi untuk mencar ilmu mengetik cepat:


(1). Belajar mengetik 10 jari untuk belum dewasa dengan situs Typing.com


 Kali ini admin akan menampilkan panduan mencar ilmu komputer khususnya bagi anak Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula


Untuk memakai layanan aplikasi mencar ilmu mengetik dengan situs typing.com ini tentu harus terhubung dengan jaringan internet alias online. Situs ini bisa dijadikan daerah mencar ilmu mengetik yang menarik, adapun fitur yang diberikan ada dua yang gratis dan yang berbayar alias berlangganan, untuk sekedar memberi wawasan kepada siswa pada dikala praktik mencar ilmu mengetik tentu fitur gratis menjadi pilihan menarik.


(2). Belajar mengetik 10 jari untuk belum dewasa dengan situs KidzType.com


Situs KidzType juga bisa menjadi pilihan untuk menguji kecepatan mengetik. Sejatinya situs ini dibentuk untuk melatih belum dewasa dalam memakai papan keyboard dengan aneka games yang dibentuk khusus untuk mengasah kecepatan dan ketepatan mengetik.


(3). Belajar mengetik 10 jari untuk belum dewasa dengan situs slimekids.com


Situs slimekids juga menjadi alternatif untuk mencar ilmu mengetik cepat, terutama untuk anak-anak. Disitus ini banyak tersedia aneka games yang sangat gampang dipahami oleh anak-anak. Kaprikornus situs ini bisa direkomendasikan sebagai salah satu situs pavorit untuk mencar ilmu mengetik bagi anak-anak, orang remaja juga bisa memakai situs ini untuk menguji kecepatan mengetiknya.


(4). Belajar mengetik 10 jari bagi belum dewasa disitus ultrakey.com


Satu lagi situs untuk mencar ilmu mengtik cepat bagi anak-anak, namanya situs ultrakey.com. Disitus ini belum dewasa bisa mencar ilmu mengetik, dan meningkatkan kemampuan mengetiknya. Berbeda dari situs yang menyediakan fitur mencar ilmu mengtik, situs ini bebas games. Artinya tidak ada games disini. Anak-anak akan mencar ilmu lebih serius dalam melatih ketepatan jari-jarinya dalam mengetik.


Nah kalau yang diatas umumnya dipakai untuk mencar ilmu mengetik anak-anak, yang dibawah ini untuk orang dewasa.


(5). Belajar mengetik 10 jari dengan situs typingtutor-online.com


Fungsi situs ini sama dengan situs-situs diatas, bedanya mencar ilmu mengetik dengan situs ini sedikit lebih serius dan penuh kejutan. Disitus ini petunjuk jari yang harus di gunakan tidak pribadi di beritahu melainkan di arahkan ke link lain untuk memberi petunjuk. Pokoknya banyak kejutan dan memang perlu sedikit lebih serius.


Selain situs-situs diatas, masih banyak situs serupa dengan fitur yang mirip-mirip. Dan secara umum fungsinya dibentuk untuk melatih ketepatan dan kecepatan mengetik user, silahkan browse di internet situs-situs yang dibentuk untuk kebutuhan mencar ilmu mengetik tadi. Selain situs sebetulnya banyak juga aplikasi yang bisa diunduh dan diinstal di komputer dan bisa dipakai untuk kebutuhan mencar ilmu mengetik, baik yang gratisan maupun yang berbayar.


Posisi Badan Pada Saat Mengetik


Ulasan mengenai bagaimana posisi jari tangan pada dikala memakai keyboard, teks yang umumnya dipakai untuk melatih ketepatan mengetik, dan termasuk informasi mengenai situs dan aplikasi untuk membantu mencar ilmu mengtik sudah dibahas.


 Kali ini admin akan menampilkan panduan mencar ilmu komputer khususnya bagi anak Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula


Kini saatnya memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, yaitu mengamankan posisi tubuh dari hal-hal yang tidak diinginkan manakala sedang mencar ilmu mengtik tersebut. Yaitu posisi tubuh yang semestinya pada dikala mengetik.


(a). Posisi duduk yang baik pada dikala mengtik memakai komputer


Beberapa hal yang berkaitan dengan posisi duduk pada dikala mengetik:



  1. Punggung santai tapi tidak membungkuk, artinya posisi punggun tetap tegak selama mengetik, tidak membungkuk, untuk waktu yang usang biasanya posisi punggung akan berubah karena pegal dan lain sebagainya untuk itu sesekali harus bangkit dari daerah duduk dan memperbaiki posisi punggung tersebut.

  2. Perhatikan kepala kita, kepala jangan membungkuk atau terlalu condong ke depan

  3. Posisi paha juga harus diperhatikan posisi yang baik ialah horizontal, sejajar dengan lantai

  4. Telapak kaki menapak ke tanah, jangan hingga kaki menggantung entah alasannya ialah disengaja atau karena dingklik yang terlalu tinggi

  5. Bantalan kursi seharusnya bisa menopang punggung kepingan bawah, sehingga punggung tetap tegak

  6. Ubahlah posisi duduk secara bersiklus selama bekerja, alasannya ialah duduk dalam posisi yang tetap dalam jangka waktu usang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan, sesekali bangkit mencari udara segar kemudian duduk kembali

  7. Jangan lupa sediakan air mineral yang cukup didekat anda biar kita tidak melupakan acara yang namanya minum


(b). Posisi Meja juga harus diperhatikan


Posisi meja yang baik setidaknya harus menyerupai kriteria dibawah ini;



  1. Pertama, tempatkan keyboard pada posisi yang menciptakan lengan terasa rileks

  2. Kedua, posisi siku dengan meja sebaiknya membentuk sudut 90 derajat

  3. Ketiga, untuk pergelangan tangan usahakan selalu posisi netral, lurus dan nyaman

  4. Keempat, sebaiknya pada dikala mengetik, pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari

  5. Kelima, tempatkan mouse bersahabat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu jauh untuk menjangkau mouse tersebut.


(c). Perhatikan setelan Monitor


Monitor juga merupakan kepingan penting yang berdampak terhadap kesehatan penggunanya. Untuk itu perhatikan beberapa setingan monitor berikut ini;



  1. Pertama, pastikan layar monitor selalu dalam kondisi bersih, sehingga tak ada noda yang menghalangi pandangan mata, layar yang tidak higienis akan menjadikan posisi pandang menjadi terhambat sehingga menggangu kesehatan mata.

  2. Kedua, jangan lupa mengatur setelan brighthness dan kontras layar secukupnya sehingga nyaman bagi mata, jangan terlalu terang, dan jangan pula terlalu redup.

  3. Ketiga, ini juga penting, yaitu mengatur posisi letak layar monitor biar tak memantulkan cahaya yang menyilaukan mata, jangan hingga layar monitor memantulkan cahaya lampu atau matahari.

  4. Keempat, atur juga posisi kepingan atas layar biar sejajar atau sedikit di bawah pandangan mata, jangan hingga posisi layar letaknya diatas mata kita

  5. Kelima, jarak kondusif berdasarkan para hebat antara monitor dan mata kita yaitu antara 50-60 cm.


Demikian artikel kali ini mengenai Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Anak-anak dan Pemula, semoga saja bermanfaat bagi semuanya. Terutama bagi para guru mata pelajaran komputer, pelatih kursus, dan para orang renta yang peduli dengan putra-putrinya yang dikala ini sedang mulai mencar ilmu mengetik di komputer.



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Cara Mengetik 10 Jari Bagi Belum Dewasa Dan Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel