iklan

Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya

Jenis-jenis perangkat lunak perangkat lunak aplikasi ialah perangkat lunak yang dipakai untuk membantu aplikasi kebutuhan sehari-hari untuk pengguna komputer alasannya ialah kebutuhan insan yang banyak aktivitas aplikasi yang diciptakan insan juga banyak hal ini tentu bertujuan untuk mempermudah segala kebutuhan insan berikut ini beberapa pola perangkat lunak aplikasi.

Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya


1. Pengolah Kata 
Aplikasi ini sanggup dipakai untuk mengolah kata. Sebagian orang memakai aplikasi ini untuk semua kebutuhan yang berkaitan dengan tulis menulis, beberapa aktivitas aplikasi pengolah kata antara lain: Microsoft Word, Wordstar, Chiwriter,Notepad, dll.

Baca juga;  Perangkat Lunak Pengolah Kata

2. Pengolah Angka
Aplikasi pengolah angka dipakai untuk menuntaskan segala sesuatu yang bekerjasama dengan perhitungan. Aplikasi ini bisa menemukan tanggapan atas penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian dari beberapa data. Selain itu Anda sanggup menyajikan data dalam bentuk tabel. Beberapa pola aplikasi pengolah kata antara lain ialah Lotus 123, Microsoft Excel.

3. Presentasi 
Program aplikasi ini berkhasiat untuk membantu orang ketika melaksanakan presentasi. Dalam aktivitas ini disediakan banyak sekali macam bentuk tampilan untuk presentasi. Salah satu pola aplikasi Microsoft PowerPoint.

Baca juga pengertian presentasi video

jenis perangkat lunak perangkat lunak aplikasi Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya

Image by:  http://www.freepik.com
4. Pengolah Grafis
Aplikasi yang membantu anda dalam pengolahan gambar. Mulai dari melihat gambar mengedit gambar atau eksklusif menggambar dengan komputer. pola aplikasi pengolah grafis ialah Adobe Photoshop dan CorelDraw 

5. Video Editing
Tidak banyak orang yang memakai aplikasi ini. Video editing biasa dipakai untuk mengedit hasil gambar video. Kebanyakan orang tergendut di dunia media rekam memakai aktivitas ini pola aplikasi video editing adalah  Flash Effect Maker, Pinneacle Studio.

6. Pengolah Data
Program pengolah data sangat diharapkan dalam mengolah data yang banyak jumlahnya. Misalnya menyimpan data murid-murid di sekolah, karyawan di suatu kantor atau perusahaan yang sangat besar dan lain sebagainya. program-program ini diantaranya ialah Visual Poxro, SPSS, Microsoft Access.

8. Aplikasi Internet
Setiap sistem operasi pada komputer yang Anda gunakan biasanya telah menyediakan aktivitas aplikasi untuk mengakses internet. Contohnya pada sistem operasi Windows XP terdapat aktivitas Internet Explorer.

Selain itu terdapat aktivitas aplikasi lain yang sanggup dipakai untuk mempercepat jalan masuk internet aktivitas aplikasi tersebut diantaranya Google Chrome Mozilla Firefox dan banyak sekali jenis aplikasi lainnya.

Baca juga: 10 Macam Web Browser Terbaik

Saat bekerjasama dengan teman di luar negeri sanggup memakai surat elektronik yang dinamakan dengan email. Dengan memanfaatkan kemudahan kamera atau melihat wajah teman Anda aplikasi ini sanggup anda gunakan diantaranya ialah Yahoo Messenger masih banyak lagi aplikasi aplikasi lain yang termasuk dalam perangkat lunak aplikasi.

Baca juga: Cara Membuat Email Yahoo

Jenis jenis perangkat lunak aplikasi dan fungsinya - Jenis-jenis perangkat lunak sanggup dibedakan menjadi :

1. Perangkat Lunak Berpemilik
Perangkat lunak berpemilik hanya dimiliki oleh pembuat atau pemilik hak ciptanya. Adapun yang dimaksud dengan hak ciptanya ialah hak yang dimiliki pembuat perangkat lunak. Seseorang sanggup memakai perangkat tersebut sesudah mendapat izin atau melaksanakan pembayaran lisensi kepada pemilik hak cipta.

Jika tidak orang tersebut akan menyatakan telah melaksanakan pelanggaran aturan dan undang-undang hak cipta. Berikut ialah perangkat lunak berpemilik: Adobe Photoshop micromedia Dreamweaver microsoft window.

2. Perangkat Lunak Domain Publik
Perangkat lunak domain publik tidak disertai hak cipta, sehingga memungkinkan siapa saja melaksanakan tindakan apapun terhadap aktivitas tersebut, termasuk membuang nama penciptanya dan melakukannya. Perangkat lunak ibarat ini umumnya berupa isyarat sumber dan banyak dijumpai pada internet 

3. Free Software
Free Software Disertai dengan isyarat sumber yang memungkinkan siapa saja sanggup memakai aktivitas tersebut dan bahkan ikut mengembangkannya. Kebanyakan yang diberikan perangkat lunak bebas dijamin oleh copyleft, suatu cara dijamin oleh aturan untuk melindungi kebebasan pada pengguna perangkat lunak bebas. 

Dengan adanya copyleft, maka suatu perangkat lunak bebas beserta hasil perubahan dari isyarat sumber akan selalu menjadi perangkat lunak bebas. Kebebasan yang diberikan melalui kontribusi copyleft inilah yang menjadi suatu aktivitas sanggup menjadi perangkat lunak bebas.

4. Open Source Software 
Perangkat lunak sumber terbuka mempunyai isyarat sumber dan disebarluaskan dengan menganut kaidah dan susila tertentu. Pengembangan yang dilakukan oleh suatu komunitas tertentu dan mereka akan saling bertukar informasi untuk menyebarkan perangkat lunak tersebut semoga menjadi lebih baik.

5. Shareware
Shareware tersedia tanpa isyarat sumber dan bisa dipakai selama batas waktu tertentu tanpa harus membayar. JIka waktu tersebut sudah berlalu dan pemakaian bermaksud untuk menggunakannya makan perlu membayar kepada pembuat perangkat lunak tersebut.

6. FreeWare
FreeWare sanggup dipakai tanpa perlu membayar sama sekali namun isyarat sumbernya tidak sanggup dilihat maupun diubah.

7. RentalWare
RentalWare perangkat lunak yang bisa dipakai oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa sewa biasanya dilakukan per tahun.

Nah sekian dari saya mengenai Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya semoga bermanfaat! Terimakasih sudah berkunjung.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis Jenis Perangkat Lunak Aplikasi Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel