iklan

Tips Melindungi Gosip Login Situs Jejaring Sosial Pada Jaringan Wifi Yang Terbuka

Kepopuleran Facebook dan Twitter selaku situs jejaring sosial, ditambah fakta bahwa Indonesia termasuk negara dengan pengguna Facebook dan Twitter yang paling banyak di dunia, mengakibatkan ada beberapa pihak yang berniat jahat untuk mencuri data login pengguna situs tersebut.


Kepopuleran Facebook dan Twitter selaku situs jejaring sosial Tips Melindungi Informasi Login Situs Jejaring Sosial Pada Jaringan WiFi yang TerbukaAdd-on Firefox berjulukan Firesheep pernah menghebohkan beberapa waktu lalu, lantaran ia sanggup dipakai oleh siapapun untuk mengakses login hampir semua situs jejaring sosial (social network) milik orang lain pada jaringan wireless (WiFi) yang terbuka dan tidak dilindungi (unsecured open). Hebatnya lagi, Firesheep sanggup dipakai untuk menyadap hampir semua login situs jejaring sosial yang terkenal (misalnya Facebook dan Twitter) pada setiap pengguna yang aktif pada jaringan tersebut. Kontan, hal ini menciptakan heboh para pengguna internet, khususnya untuk para pengguna jaringan open unsecured wifi lantaran ada risiko data login situs jejaring sosial mereka sanggup dicari.


Prinsip kerja Firesheep ialah dengan memanfaatkan celah dimana kebanyakan jejaring sosial lebih menmilih untuk memakai protokol HTTP disebabkan kanal yang lebih cepat. Untuk mengatasinya, muncullah add-on Firefox berjulukan Force-TLS yang memaksa situs-situs tersebut biar memakai protokol HTTPS, sehingga menciptakan cookie pengguna menjadi tidak terlihat oleh Firesheep. Akibatnya, data login Anda pun menjadi tidak sanggup dibaca, kalaupun sanggup dibaca akan memerlukan waktu yang sangat usang dan komputer yang super canggih untuk mendekripsinya.


Seperti opsi alternatif yang ditawarkan oleh add-on alternatif HTTPS Everywhere, Force-TLS mengijinkan browser untuk mengubah HTTP menjadi HTTPS pada situs yang Anda indikasikan pada sajian “Preferences” add-on, sehingga melindungi info login Anda dan memastikan koneksi yang kondusif saat Anda mengakses situs jejaring sosial. Tidak menyerupai HTTPS Everywhere, Force-TLS bergantung pada pengguna untuk mendefinisikan situs yang ingin diakses melalui koneksi HTTPS aman.


HTTPS mengenkripsi data pengguna, sehingga apabila sebuah skrip seperi Firesheep mencoba untuk membacanya, maka data itu tidak akan terbaca. Force-TLS memaksa beberapa situs menyerupai Facebook, Twitter, Google untuk menciptakan seluruh seruan data mereka melalui saluran SSL aman. Beberapa situs menyerupai Amazon belum mempunyai HTTPS.


Berikut ini saya berikan cara untuk mengatur add-on Force-TLS dalam mendefinisikan situs yang ingin koneksinya Anda jadikan HTTPS:

1. Unduh Force-TLS dari link berikut:



https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/force-tls/


2. Install ke Firefox dengan cara melaksanakan drag and drop pada file yang telah diunduh tadi ke jendela Firefox, kemudian pada jendela yang muncul pilih Install.

3. Buka “Preferences” dan tambahkan nama website yang Anda ingin jadikan koneksi HTTPS.

4. Restart Firefox.


Harapan penulis ialah dengan melaksanakan tips pada artikel ini Anda sanggup mengurangi risiko diam-diam Anda sanggup tercuri saat online pada jaringan WiFi terbuka yang tidak dilindungi. Sayangnya, add-on ini hanya sanggup dipakai pada Mozilla Firefox, dan belum sanggup dipakai pada browser lainnya.



Sumber http://jasait.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Melindungi Gosip Login Situs Jejaring Sosial Pada Jaringan Wifi Yang Terbuka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel