iklan

Cara Mengatasi Sembelit

Istilah sembelit mungkin tak aneh bagi kita. Sembelit diartikan sebagai susah buang air besar. Sembelit yaitu suatu kondisi dimana buang air besar, lebih jarang dari biasanya. Hal ini disebabkan lantaran feses atau tinja yang kering keras. Sehingga susah dikeluarkan dan menjadikan rasa sakit dikala buang air besar.

Cara Mengatasi Sembelit

Istilah sembelit mungkin tak aneh bagi kita Cara Mengatasi Sembelit

http://www.meetdoctor.com

Dalam bahasa kedokteran sembelit dikenal sebagai konstipasi. Pada orang dewasa, disebut konstipasi jikalau tidak buang air besar, selama tiga hari berturut-turut. Konstipasi terjadi akibat, kurangnya berolahraga atau imbas samping dari sejumlah obat-obatan. Sembelit lebih sering terjadi pada perempuan dibanding laki-laki. Terutama sembelit pada wanita hamil. Berikut ini yaitu beberapa cara mengatasi sembelit:

  1. Perbanyak Minum Air

Kering dan keras merupakan, penyebab konstipasi pada umumnya. Semakin banyak air yang anda minum, semakin anda gampang mengeluarkannya. Memperbanyak minum air sangat penting. Khususnya jikalau anda sedang mengalami sembelit. Air putih sanggup membantu menyembuhkan sembelit anda.

  1. Mengunakan Kunyit

Kunyit sangat baik dipakai untuk kesehatan. Sejak zaman dahulu kunyit sering dipakai untuk menyembuhkan, aneka macam penyakit. Penyakit yang sanggup disembuhkan antara lain menyerupai problem pencernaan. Kunyit mempunyai kandungan senyawa kukrkumin. Senyawa kukrkumin yang terkandung dalam kunyit, sanggup menjaga dan melapisi dinding usus. Sehingga sanggup mendorong sisa masakan keluar dari usus. Selain itu dari minuman kunyit segar, anda akan memperoleh antioksidan.

  1. Minum Jus Lidah Buaya

Selain berfungsi menyuburkan rambut, flora yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Anda sanggup memakainya sebagai obat sembelit dengan cara dijus.

  1. Makan Lebih Banyak Serat

Serat yaitu laksatif alami. Serat sanggup meningkatkan kandungan air, didalam tinja dan memadatkannya. Sehingga tinja lebih gampang dikeluarkan. Mengubah asupan serat anda secara tiba-tiba bisa, menimbulkan timbulnya gas dan perut kembung. Kaprikornus perbanyaklah serat masakan anda, secara sedikit demi sedikit dalam beberapa kali waktu makan. Para mahir menyarankan untuk mengkonsumsi, paling tidak 20 sampai 35 gram serat makanan, setiap hari. Serat sanggup menurunkan, jumlah obat yang terabsorsi oleh badan anda. minumlah obat paling tidak satu jam, sebelum makan masakan berserat atau dua jam setelahnya. Beberapa pilihan yang elok untuk meningkatkan asupan serat antara lain:

  • Buah beri dan buah-buahan lainnya. Terutama dengan lapisan kulit yang sanggup dimakan menyerupai apel dan anggur.
  • Sayuran berdaun hijau gelap. Seperti selada, monster,bit hijau dan swiss char
  • Sayuran lainnya menyerupai brokoli,bayam,wortel,kembang kol,kubis brussel,artichoke dan buncis
  • Kacang dan polong-polongan. Seperti kacang merah, kacang garbanzo,kacang pinto, kacang lima, dan kacang putih.
  • Sereal utuh yang tidak diproses. Aturan utama yang harus diingat yaitu jikalau warnanya cerah atau putih, kemungkinan sereal itu telah diproses. Pilihlah sereal utuh menyerupai beras cokelat,popcorn, stell-cut oat, dan barley
  • Kacang dan biji-bijian menyerupai biji labu, biji wijen, biji bunga matahari, atau flax seed, walnut dan pikan
  1. Makan Buah Prune

Buah prune merupakan buah yang kaya serat. Buah ini juga mengandung sorbitol. Sorbitol yaitu suatu gula yang sanggup melunakan tinja. Sehingga secara alami sanggup membantu meredakan konstipasi. Sorbitol merupakan stimulant usus ringan yang membantu, mengurangi waktu transit tinja dan menurunkan resiko konstipasi.

  1. Minum Minyak Jarak

Minyak jarak sanggup membantu menstimulasi usus anda. minyak ini juga akan melumasi usus anda. Sehingga tinja sanggup keluar lebih mudah. Secara umum mengatasi sembelit dengan minyak jarak, dianggap aman.

  1. Minum Magnesium

Magnesium sangat efektif dalam meredakan konstipasi. Bahan ini membantu untuk menarik air kedalam usus dan melunakan tinja. Sehingga sanggup melewati usus anda. konsultasikanlah dengan dokter sebelum minum pemanis magnesium. Bahan ini sanggup berinteraksi dengan obat-obatan menyerupai antibiotik. Untuk mendapat magnesium, anda sanggup memperolehnya dengan cara mengkonsumsi brokoli dan polong-polongan.

Demikianlah 7 cara mengatasi sembelit yang sanggup Anda lakukan. Semoga bermanfaat


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Sembelit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel