iklan

Cara Mambuat Pupuk Organik Cair Dari Urin Insan Yang Tidak Pernah Disangka


Saat pertama kali mendengar kata “urin manusia”, mungkin banyak dari Anda yang merasa jijik apalagi berniat untuk mengolahnya. Padahal, urin insan bisa bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Penasaran mengapa dan bagaimana cara menciptakan pupuk organik dari kencing manusia bisa diterapkan?





Urin insan menjadi hasil metabolisme yang berlangsung selama insan hidup. Namun sebagai suatu limbah, urin insan sering dianggap tidak penting dan dihindari sebab wangi busuknya. Padahal urin insan mengandung senyawa komplek menyerupai dalam urin sapi maupun kambing yang bisa diolah menjadi pupuk organik. Karena asupan nutrisi insan seimbang dan lebih lengkap, maka urin yang dihasilkan lebih banyak mengandung zat gizi bagi tanaman.





Cara Mambuat Pupuk Organik Cair dari Urin Manusia yang Tidak Pernah Disangka





Mengapa pupuk organik dipilih sebagai tujuan pengolahan urin manusia? Hal ini tak lain sebab pupuk organik bisa memicu pertumbuhan tanpa menurunkan produktivitas tanah menyerupai pupuk kimia.





Harga pupuk kimia pun semakin tinggi sehingga kemampuan menciptakan pupuk organik secara berdikari akan mengurangi anggaran sekaligus meningkatkan kemampuan budidaya Anda. Tertarik untuk mencoba? Inilah klarifikasi mengenai cara menciptakan pupuk organik cair dari urin insan yang tidak pernah disangka sebelumnya:





Alat dan Bahan





Terdapat bermacam-macam alat dan materi yang dibutuhkan dalam menciptakan pupuk organik cair yaitu sebagai berikut:





Metode pertama:





  • Wadah bertutup
  • Alat pengaduk
  • 5 liter urin manusia
  • 250 gram kunyit
  • 600 gram susu putih cair dalam kemasan kaleng
  • 1 ikat daun orok-orok (lebih baik bila berakar)
  • 5 sendok teh vetsin




Metode dua:





Jika merasa kesulitan mengumpulkan bahan-bahan pada metode pertama, Anda sanggup menentukan cara kedua dengan materi sebagai berikut:





  • 5 liter urin manusia
  • 2 liter air beras
  • 1 liter senyawa EM-4
  • 500 gram gula
  • 500 gram kunyit
  • 500 gram jahe
  • 2 sachet susu krim
  • Wadah
  • Alat pengaduk




Langkah





Untuk menerapkan cara menciptakan pupuk organik cair dari urin insan yang tidak pernah disangka terdapat tahap yang harus dilakukan yaitu:





1. Mengolah beberapa materi organik





Bahan organik yang telah disiapkan harus dicampur menjadi satu. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan tanpa pengolahan tiap jenis materi biar zat penting di dalamnya bisa diperoleh secara optimal. Langkah ini juga ada dalam cara menciptakan pupuk organik cair dari kencing kambing maupun dari materi lain sebab materi utama tersebut akan merugikan tumbuhan bila eksklusif diberikan ke dalam pupuk.





Pada metode pertama, bermacam-macam pengolahan yang dimaksud mencakup pengambilan air hasil saringan kunyit yang sudah diparut dan daun orok-orok beserta akarnya yang sudah ditumbuk. Sedangkan pada metode kedua Anda perlu memblender kunyit dan jahe serta melarutkan gula ke dalam air.










2. Menyampurkan bahan organik





Dengan metode pertama, hasil olahan yang sudah diperoleh yaitu air kunyit dan air daun orok-orok menjadi materi yang pertama kali dimasukkan ke dalam wadah. Lalu, Anda sanggup menambahkan air kencing, vetsin, dan susu putih cair. Perlu diingat bahwa dalam proses pencampuran ini dibutuhkan pengadukan secara sempurna sehingga tercampur rata.





Sama halnya dengan metode pertama dalam cara menciptakan pupuk organik cair dari urin insan yang tidak pernah disangka, Anda sanggup menyampurkan seluruh materi yang sesuai dengan ketentuan kadar ke dalam wadah. Bahan-bahan ini juga perlu diaduk hingga merata. Pentingnya pengadukan juga diterapkan dalam proses budidaya lain menyerupai cara menanam kentang memakai mulsa.





3. Penyimpanan pupuk





Setelah menjalani proses pengadukan, bakal pupuk sanggup disimpan rapat selama seminggu untuk metode pertama atau dua hingga tiga ahad untuk metode kedua. Lokasi penyimpanan ini harus sejuk namun tidak terkena sinar matahari eksklusif serta terlindung dari air hujan. Prinsip yang serupa dengan cara merawat tumbuhan jagung di demam isu hujan ini termasuk penting tetapi sering diabaikan sehingga kualitas pupuk organik menurun.





Proses fermentasi pada pupuk akan mengeluarkan gas amonia sehingga mengurangi aroma menyengat sekaligus menghindari keracunan pada tumbuhan sehingga sanggup mengurangi bahaya terhadap hama. Untuk mengoptimalkan proses fermentasi, Anda sanggup memasang selang yang terhubung dengan botol berisi air sebagai sistem pembuangan gas.





Jika Anda ingin menjualbelikan pupuk secara komersial, tentunya pupuk organik cair Anda harus mempunyai keunggulan yang jarang diperoleh. Misalnya Anda sanggup mengurangi wangi dengan penambahan serai. Hal ini terinspirasi dari petani di Malawi yang sukses menjual pupuk organik cair sehingga kondisi perekonomiannya meningkat.










4. Penggunaan pupuk





Saat pupuk berubah warna menjadi hitam kecoklatan, artinya pupuk sudah siap digunakan. Bau menyengat dari pupuk menjadi ciri khas pupuk organik cair ini sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Cara menggunakannya adalah diencerkan dengan 14 – 15 liter air untuk setiap 250 cc pupuk organik. Setelah terbentuk cairan encer atau pupuk organik cair, Anda sanggup menempatkannya dalam wadah semprotan.





Penyemprotan pupuk sanggup dilakukan terhadap daun tumbuhan dalam waktu yang berbeda bergantung jenis tanaman. Untuk tumbuhan padi, Anda sanggup memberi pupuk organik cair semenjak usia 7 hingga 10 hari selama 4 kali dengan jarak waktu 5 hingga 7 hari. Namun perlu diingat bahwa tumbuhan padi yang sudah berbunga sebaiknya tidak diberi pupuk organik cair dari urin insan sebab bisa memperlambat pembuahan.





Penerapan cara menciptakan pupuk organik cair dari urin insan yang tidak pernah disangka ini sudah dibuktikan keuntungannya oleh aneka macam organisasi peduli limbah di dalam negeri menyerupai di Purwodadi hingga luar negeri menyerupai Swedia, Finlandia, dan Afrika Selatan. Hasilnya, tumbuhan terlihat lebih segar dengan pertumbuhan yang berpengaruh dan cepat menyerupai cara merawat semangka di demam isu hujan. Selain itu, bulir padi menjadi lebih berisi dan bertambah banyak.





Dari klarifikasi di atas, diharapkan Anda semakin berminat untuk mau mengolah urin insan menjadi suatu produk bernilai guna lebih tinggi. Anda pun sanggup menghemat anggaran budidaya secara signifikan sebab perolehan materi utama yaitu urin insan sangat gampang didapatkan. Yuk, jangan ragu lagi untuk menciptakan pupuk organik cair dari urin manusia!







Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mambuat Pupuk Organik Cair Dari Urin Insan Yang Tidak Pernah Disangka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel