iklan

Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri Dan Misalnya [Lengkap]

Rasanya sudah tidak ajaib lagi ya ketika mendengar perihal pasar oligopoli Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
Contoh perusahaan di pasar oligopoli

 Akuntansilengkap.comPengertian Pasar Oligopoli, Contoh dan Ciri-ciri | Rasanya sudah tidak ajaib lagi ya ketika mendengar perihal pasar oligopoli. Tapi tahukah kamu? sesungguhnya Pasar Oligopoli termasuk salah satu dari Bentuk Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Lalu apa sesungguhnya pasar persaingan tidak tepat itu? Adalah pasar yang penjual dan pembelinya sanggup menghipnotis harga. Nah untuk pasar persaingan tidak tepat ini sanggup kita kelompokkan menjadi 5 (lima) diantaranya:

  1. Pasar monopolistik
  2. Pasar monopoli
  3. Pasar oligopoli
  4. Pasar monopsoni
  5. Pasar oligopsoni

Pengertian Pasar Oligopoli

Pasar Oligopoli secara etimologis diartikan sebagai pasar yang hanya terdiri dari beberapa penjual atau produsen saja. Makara pada pasar oligopoli pada umumnya antara 2 hingga dengan 10 penjual yang menguasai seluruh usul pasar. Namun, kalau 2 perusahaan saja, bentuk pasar tersebut dikenal sebagai pasar duopoli.

Berdasarkan produknya, pasar oligopoli dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu oligopoli murni dan oligopoli terdiferensiasi. Jika terdapat produk homogen maka disebut oligopoli murni, sedangkan kalau produknya terdapat perbedaan corak maka disebut dengan oligopoli terdiferensiasi.

Ciri Ciri dan Karakteristik Pasar Oligopoli

Dibawah ini ialah Ciri-ciri dari pasar oligopoli beserta kelebihan dan kekurangannya yaitu:

  1. Hanya Sedikit Penjual yang Menjual Produk Substitusi (Pengganti produk satu dengan lainnya)

Penyebabnya ialah penawaran dari satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Dampaknya akan terjadi perang harga dikarenakan hanya sedikit penjual yang menjual produk subtitusi tersebut.

  1. Terdapat Rintangan untuk Memasuki Industri Oligopoli

Mengapa dikatakan banyak rintangan? Hal ini disebabkan untuk membangun perusahaan jenis ini membutuhkan modal yang relatif besar, jadi perusahaan dengan jenis ini hanya sedikit jumlahnya. Namun rintangan ini tidak juga berpengaruh dibandingkan dengan pasar monopoli.

  1. Keputusan Harga yang Stabil oleh Suatu Perusahaan Harus Dipertimbangkan oleh Perusahaan yang lain Dalam Industri

Harga produk yang mengalami penurunan pada suatu perusahaan akan berdampak pada perusahaan lainnya sehingga ikut juga menurunkan harga biar tidak kehilangan pelanggan. Dan sekiranya masih ada perusahaan yang masih menaikkan harga atau harga masih cenderung tinggi tentu akan kehilangan pelanggan, dan perusahaan lain yang relatif lebih murah akan bertambah jumlah pelanggannya. Jadi, tidak ada alasan lain untuk mengubah tingkat harga.

  1. Menghasilkan Barang Standar maupun Barang Berbeda Corak

Pasar oligopoli menghasilkan barang yang banyak ragamnya, baik barang standar ataupun barang yang berbeda coraknya.

  1. Melakukan Promosi Melalui Iklan

Kegiatan promosi melalui iklan pada pasar oligopoli aktif dilakukan, mengapa? hal ini bertujuan untuk menarik pembeli gres dan disis lain mempertahankan pembeli lama.

Baca juga:

  1. 7 Jenis Produk Pasar Modal [Manfaat dan Fungsinya]
  2. Pengertian, Segmentasi Pasar [Strategi dan Contoh]
  3. Pengertian Manajer Menurut Para Ahli Serta Tugas, 3 Tingkatan dan Contohnya

Kelebihan Pasar Oligopoli

Kelebihan dari pasar oligopoli diantaranya adalah:

  1. Barang yang Dihasilkan Berbeda Corak

Para produsen (penjual) yang ada di dalam pasar oligopoli memproduksi sesuai yang diinginkan masyarakat sehingga menghasilkan majemuk barang yang berbeda corak. Sehingga pasar tersebut akan menyebar ke golongan masyarakat luas.

  1. Efisiensi dalam Menggunakan Sumber-Sumber Daya

Pasar oligopoli apabila dilihat dari syarat efisiensi sesungguhnya tidaklah memakai sumberdaya secara efisien. Namun kalau dilihat dari sudut pandang skala ekonomi yang diperoleh maka kemungkinan didapatkan bahwa para produsen dalam pasar oligopoli mengeluarkan biaya yang lebih rendah dalam produksi barang dibandingkan dalam pasar persaingan sempurna.

  1. Pengembangan Teknologi dan Inovasi

Pasar oligopoli ialah struktur pasar yang paling menunjukkan dorongan untuk melaksanakan penemuan atau mengemukakan teknologi. Di dalam mendapat perhatian dan konsumen ialah melalui persaingan bukan dengan harga. Persaingan tersebut maksudnya ialah menyerupai dengan menyebarkan barang-barang yang diproduksi biar memiliki keistimewaan-keistimewaan tertentu dibandingkan produk pesaing atau pada perusahaan lain.

Hal ini tentu yang mendorong biar tercapai tujuan perusahaan tersebut dengan cara menyebarkan teknologi dan melaksanakan penemuan yang diperlukan.

Baca juga:

  1.  15 Jenis Lembaga Keuangan Bank dan Bukan Bank Beserta Fungsi
  2. Apa Itu Firma ? Cara Mendirikan Firma, Dasar Hukum Dan Ciri-Cirinya

Kelemahan Pasar Oligopoli

Setelah tadi kita membahas perihal kelebihan, tentu terdapat kekurangan atau kelemahan yang dimiliki dari struktur pasar oligopoli ini seperti:

  1. Terjadi Persaingan Harga yang Ketat

Persaingan harga pada pasar oligopoli akan terjadi kalau terdapat produk gres yang masuk ke pasar, mengapa sanggup terjadi demikian? Karena disaat produk masuk ke dalam pasar biar sanggup menguasai pasar lazimnya seorang produsen gres akan menurunkan harga biar produk yang sudah usang sanggup tergeser. Tentu hal ini akan merugikan pihak produsen lama.

  1. Terdapat Rintangan yang Kuat untuk Masuk ke Pasar Oligopoli

Produsen gres yang ingin memasuki pasar ini akan mengalami kesulitan dikarenakan membutuhkan investasi yang tinggi.

Contoh Pasar Oligopoli

Contoh pasar oligopoli murni sanggup kita temui pada industri baja, perusahaan semen, alumunium dan produk lain yang distandardisasi. Contoh pasar oligopoli yang terideferensi ialah industri-industri yang memproduksi komputer langsung (PC), rokok, kendaraan beroda empat dan sebagian peralatan elektronik yang biasanya di dominasi oleh tiga atau empat perusahaan besar.

 

Rasanya sudah tidak ajaib lagi ya ketika mendengar perihal pasar oligopoli Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
Industri semen ialah perusahaan di pasar oligopoli murni
Rasanya sudah tidak ajaib lagi ya ketika mendengar perihal pasar oligopoli Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
Industri kendaraan beroda empat ialah rujukan perusahaan dalam pasar oligopoli terideferensiasi
Rasanya sudah tidak ajaib lagi ya ketika mendengar perihal pasar oligopoli Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri dan Contohnya [Lengkap]
Industri komputer ialah rujukan dari pasar oligopoli terideferensiasi

Sistem Harga Pasar Oligopoli

Beberapa sistem harga Pasar Oligopoli diantaranya menyerupai berikut ini:

  1. Pada perkara deferensiasi yang cukup berpengaruh maka produsen akan berhati-hati dan menganggap kurve usul paling rendah (D1) sehingga ia sanggup memilih posisi optimum pada tingkat output Q* dan harga P*.
  2. Kasus Kinked Demand (kurve usul yang patah). Asumsinya ialah apabila podusen menurunkan harga akan diikuti produsen lain dan apabila harga dinaikkan tidak diikuti perusahaan lainnya. Dengan demikian berarti sikap produsen dipengaruhi oleh produsen lain sehingga menyebabkan implikasi menyerupai berikut:
  3. Tedensi bagi produsen oligopoli untuk berafiliasi di bidang penentuan harga.
  4. Tendensi bargi para produsen untuk bersaing tidak dalam bentuk persaingan harga, namun dalam persaingan mutu atau persaingan lainnya.
  5. Kurva usul perusahaan dimisalkan berapa persen (%) tertentu contohnya 30% dari kurve permintan pasar.

Demikianlah tadi pembahasan tentang Pengertian Pasar Oligopoli, Contoh dan Ciri-Cirinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terimakasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa like and share ya ! 🙂

Kunjungi artikel lainnya:

  1.  [Lengkap] Pengertian Mudharabah, Syarat, Rukun Dan Contohnya
  2.  [3 Bahasan] Macam Macam Pajak di Indonesia dan Penjelasannya
  3.  [Lengkap] 24 Objek Pajak Penghasilan PPh dan Contohnya
  4.  10 Alat dan Cara Pembayaran Internasional (Tunai, Open Account) dan Lainnya
  5.  [Terbaru] Pengertian Letter of Credit (L/C) + Dokumen, Proses dan Jenisnya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pasar Oligopoli, Ciri-Ciri Dan Misalnya [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel