iklan

Peluang Bisnis Supir Angkutan Online

Peluang Bisnis Supir Angkutan Online  – Selain komunikasi, transportasi menjadi salah satu hal yang hal yang tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini alasannya yaitu anda membutuhkan sarana untuk berpindah dari satu kawasan ke kawasan lainnya. Meskipun ketika ini kecanggihan teknologi telah menginvasi kemudahan dalam berkomunikasi, namun bukan berarti anda tidak perlu mengunjungi suatu kawasan kan?

Nah, berbeda dengan kemajuan teknologi pada bidang komunikasi, nyatanya perkembangan digital pada angkutan tidak hanya menuai pro tapi juga kontra. Pada ulasan kali ini kita tidak akan mengulas mengenai peluang bisnis supir angkutan online saja. Melainkan juga alasan kenapa angkutan online dibutuhkan di Indonesia dan apa saja hambatan dari pekerjaan ini.

Apa Itu Angkutan Online?

Setiap orang niscaya perlu pergi, mengunjungi atau kembali ke dan dari suatu tempat. Kebutuhan setiap orang untuk berpindah dari satu kawasan ke kawasan yang lain menciptakan kendaraan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Sayangnya tidak semua orang beruntung untuk mempunyai kendaraan pribadi. Tak hanya itu,orang yang mempunyai kendaraan pribadi pun tidak sepenuhnya leluasa untuk mengendarai kendaraannya alasannya yaitu jalanan yang macet atau alasan teknis lainnya.

Nah, hal-hal yang disebutkan tadi menjadi beberapa alasan kenapa angkutan atau kendaraan umum diperlukan. Perubahan yang terjadi di banyak sekali bidang alasannya yaitu kemajuan teknologi juga ikut menciptakan perubahan positif di bidang transportasi. Dulu mungkin anda mengenal angkutan desa, taksi, ojek, becak dan kendaraan umum lainnya. Bahkan hingga kini anda masih sanggup menemukan banyak sekali kendaraan umum tersebut.

Bedanya, ketika ini pilihan kendaraan atau angkutan umum semakin luas dengan munculnya angkutan online. Anda pernah mendengar perihal angkutan online kan? Istilah yang satu ini berarti angkutan atau kendaraan umum berbasis online yang beroperasi secara komersial demi memenuhi kebutuhan insan untuk berpindah dari satu kawasan ke kawasan lainnya.

Perbedaan angkutan online dan angkutan umum lain yaitu sistem yang digunakannya. Jika angkutan umum masih memakai sistem manual di mana anda harus menunggu di suatu titik, membayar pribadi ke supir hingga mengikuti rute yang telah ditentukan.  Maka angkutan online hadir dengan segala kelebihan yang tidak dimiliki oleh angkutan umum.

Beberapa kelebihan menyerupai tarif yang lebih murah, gampang dalam pemesanan dan pembayaran, kondusif hingga banyaknya laba menyerupai diskon dan voucher menciptakan bisnis angkutan online berkembang sangat pesat di Indonesia. Meskipun setiap hal selalu diikuti dengan pro dan kontra tapi melihat hingga kini angkutan online masih berjalan dan berkembang tampaknya sanggup dikatakan bahwa bisnis ini cukup menjanjikan.

Mengapa Angkutan Online Dibutuhkan Di Indonesia?

Pada dasarnya angkutan online dibutuhkan di banyak sekali penggalan dunia alasannya yaitu memang kebutuhan untuk berpindah atau mengunjungi kawasan menjadi kebutuhan semua orang. Di Indonesia sendiri sanggup dikatakan bahwa angkutan online sangat laku dan menjadi favorit masayarakat. Hal ini terjadi alasannya yaitu ada beberapa faktor yang mendasari yaitu sebagai berikut:

  1. Tarif Angkutan Online Lebih Murah dan Transparan

Faktor pertama yang menjadi alasan kenapa angkutan online menjadi terkenal dan favorit di kalangan masyarakat indonesia yaitu tarif angkutan online yang lebih murah dan transparan. Biaya yang harus dikeluarkan niscaya menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan setiap orang dalam membeli sesuatu termasuk jasa transportasi.

Nah, angkutan online sendiri mematok flat rate yang cukup rendah dibandingkan dengan transportasi umum konvensional. Bahkan ketika awal kemunculannya dulu, tarif rendah dari transportasi online menjadi pemicu amarah supir angkutan konvensional lho. Hingga pada balasannya pemerintah turun tangan untuk menerapkan regulasi baru, termasuk penentuan batas bawah tarif untuk angkutan online semoga persaingan tetap sehat.

Selain murah, nyatanya sebagai konsumen anda sanggup melihat terlebih dahulu biaya yang harus anda bayarkan untuk perjalanan yang akan anda tempuh nanti. Transparansi biaya ini tentu mencegah terjadinya penipuan biaya atau tarif yang harus dibayarkan oleh penumpang.

  1. Fleksibel Dalam Hal Pemesanan

Angkutan online juga mempunyai kelebihan lain yang membuatnya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia yaitu fleksibel dalam hal pemesanan. Sistem online yang digunakan menciptakan driver dan penumpang sama-sama sanggup lebih gampang dalam menciptakan dan mendapatkan pesanan. Sebagai driver, anda tidak harus berkeliling untuk mencari penumpang dan sebaliknya penumpang juga tidak perlu menunggu di titik tertentu untuk naik angkutan  online. Selama anda mempunyai koneksi internet maka pemesanan angkutan umum sanggup dilakukan di manapun dan kapanpun.

  1. Keamanan Terjamin

Masalah keamanan di sini lebih ditekankan pada fakta bahwa semua driver dan jenis kendaraan yang digunakan telah masuk ke dalam database perusahaan. Kaprikornus secara tidak pribadi penumpang merasa kondusif dan sanggup meminta pertanggung jawaban pada perusahaan bila terjadi hal yang tidak diinginkan. Hal ini menjadi salah satu poin yang tidak sanggup ditemukan pada angkutan umum konvensional. Mengingat kita cukup sering mendengar perihal kriminalitas yang terjadi di angkutan umum juga menjadi salah satu penyebab kenapa banyak orang lebih menentukan memakai angkutan online.

  1. Jenis Kendaraan Beragam dan Fasilitas Lebih Lengkap

Kapan lagi anda sanggup naik kendaraan glamor dengan harga terjangkau? Jika jenis kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum sudah standar di mana jenisnya hampir sama. Maka kasus ini akan berbeda dengan angkutan online. Hampir setiap jenis dan merek kendaraan bermotor (mobil atau motor) sanggup anda temui. Meskipun sebagai penumpang anda tidak sanggup menentukan kendaraan yang diinginkan, tapi setidaknya anda tidak perlu berdesak-desakan menyerupai di angkutan kota untuk hingga ke kawasan yang diinginkan.

Tak hanya itu, beragamnya kendaraan yang digunakan menciptakan penumpang sanggup memperoleh kemudahan lebih lengkap termasuk jas hujan, helm SNI, jaket dan lain sebagainya untuk kendaraan roda dua, dan AC, musik, sandaran yang nyaman dan lain sebagainya untuk kendaraan roda empat.

  1. Banyak Promo dan Diskon

Nah, faktor lain yang menciptakan angkutan online terkenal yaitu tersedianya varian promo dan diskon yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari diskon tarif, diskon belanja di toko tertentu, diskon restoran dan lain sebagainya. Belum lagi ada sistem membership yang menciptakan anda mendapatkan lebih banyak keuntungan. Tidak cukup hingga disitu, beberapa promo yang diadakan di waktu-waktu tertentu menciptakan anda sanggup saja memakai jasa transportasi online secara gratis lho.

  1. Macet

Faktor selanjutnya yang menciptakan angkutan online terkenal yaitu kemacetan yang terjadi. Kota-kota besar di Indonesia sudah usang dikenal dengan kemacetannya khususnya untuk kota Jakarta. Pada balasannya bila anda ingin pergi kemana-mana maka anda akan terkena macet. Membawa kendaraan sendiri sanggup menciptakan kesabaran anda habis. Untuk itulah transportasi online hadir untuk mengantar-jemput anda dengan nyaman dan harga terjangkau. Bayangkan saja bila anda harus naik taksi konvensional yang argonya terus berjalan meskipun kendaraan beroda empat sedang berhenti alasannya yaitu macet.

Keenam faktor di ataslah yang menciptakan transportasi atau angkutan online di Indonesia selalu dibutuhkan dan mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Peluang Bisnis Supir Angkutan Online

Di Indonesia sendiri sanggup dibilang bahwa bisnis supir angkutan online menjadi satu fenomena yang cukup menjanjikan. Bahkan dulu diawal mula munculnya transportasi online di Indonesia melalui Go-Jek, kawan Go-Jek memperoleh pendapatan yang luar biasa besar. Iming-iming dan bukti yang menyatakan bahwa supir Go-Jek mempunyai pendapatan berkisar di angka jutaan menciptakan orang beramai-ramai untuk berhenti kerja atau melepas pekerjaan awal dan beralih menjadi supir transportasi online.

Saya ingat, dulu ada orang yang berstatus karyawan hingga manager berhenti bekerja di perusahaan dan beralih menjadi supir transportasi online. Semua bencana inin memang menciptakan banyak orang terkejut dan berlomba-lomba beralih menjadi supir angkutan online. Faktanya, hingga ketika ini sudah ada cukup banyak jenis angkutan online yang beroperasi di Indonesia. Sebut saja Go-jek, Uber, Grab, Blue-jek dan lain sebagainya.

Tak kalah dengan nama-nama transportasi online berkelas nasional dan internasional menyerupai Go-jek dan Uber, ada juga nama transportasi online lokal yang hanya melayani kota-kota tertentu saja. Misalkan di Surabaya ada ojek online yang drivernya perempuan semua khusus untuk mengantar jemput pelanggan perempuan juga. Ojek online unik ini muncul alasannya yaitu faktor salah satu aturan islam di mana seorang perempuan dilarang berboncengan dengan non muhrimnya.

Nah, mengingat beberapa perkembangan bisnis angkutan online di atas maka tidak ada salahnya kita menyidik peluang bisnis supir angkutan online kan? Jika bisnis angkutan online mempunyai progress yang menjanjikan di masa depan maka jelas, prospek pekerjaan sebagai supir angkutan online juga cukup menjanjikan. Berikut ini yaitu beberapa hal yang ikut mendorong peluang bisnis supir angkutan online di Indonesia cukup menjanjikan:

  1. Semua Orang Memiliki Peluang Untuk Menjadi Supir Angkutan Online

Untuk sanggup menjadi supir (driver) angkutan online, tidak ada persyaratan rumit yang harus anda penuhi. Anda hanya perlu mempunyai kelengkapan berupa SIM (Surat Izin Mengemudi) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) bila memang kendaraan milik pribadi.

Kemudian keahlian mengemudi anda harus ada di level standar atau di atas rata-rata. Ini perlu ditekankan alasannya yaitu cukup banyak orang yang mendapatkan SIM melalui jalur belakang sehingga kemungkinan orang yang mempunyai SIM tidak terlalu paham dengan peraturan kemudian lintas. Ini sanggup membahayakan konsumen kan?

Selain itu, apapun status perkawinan dan latar belakang pendidikan anda juga tidak akan kuat terhadap aplikasi lamaran menjadi driver angkutan online.

  1. Penghasilan yang Cukup Besar

Dari awal kemunculannya, pekerjaan sebagai driver transportasi online memang dikenal dengan nominal penghasilan yang cukup besar. Besaran penghasilan yang anda terima pun tergantung dengan seberapa banyak penumpang yang anda layani secara akumulatif.

Tidak hanya itu, biasanya perhari ada bonus yang tersedia bila anda berhasil mencapai minimal sasaran penumpan harian. Kisaran bonus untuk setiap perusahaan jasa transportasi online tentunya berbeda-beda tegrnatung kebijakan perusahaan. Namun setidaknya adanya bonus ini akan menciptakan driver lebih termotivasi untuk bekerja dengan produktif setiap harinya.

  1. Ada Asuransi Jiwa dan Dana Pensiun Untuk Beberapa Perusahaan Transportasi Online

Kabar baik untuk anda yang ingin mencoba memanfaatkan peluang bisnis supir angkutan online. Beberapa perusahaan jasa transportasi online ada yang menyediakan asuransi jiwa dan dana pensiun untuk para kawan atau drivernya. Hal ini tentu menjadi salah satu poin positif bagi anda yang selama ini mungkin berpikir bahwa menjadi driver transportasi online tidaklah menjanjikan untuk masa bau tanah atau keselamatan diri. Namun setidaknya kabar ini menunjukkan sedikit angin segar.

Nah, di luar kebijakan perusahaan untuk menyediakan asuransi jiwa dan dana pensiun, bergotong-royong sebagai WNI yang taat, anda sanggup mendaftar ke BPJS ketenagakerjaan sebagai pekerja bukan peserta upah. Dengan begini anda sudah sanggup dipastikan mempunyai asuransi dan dana pensiun yang sanggup anda kelola sendiri.

  1. Lebih Irit Bahan Bakar

Kenapa bekerja sebagai driver angkutan online sanggup dikatakan irit atau irit materi bakar? Asumsinya, bila anda bekerja sebagai supir angkutan kota terang anda tidak sanggup berdiam di satu titik untuk menunggu penumpang. Anda harus berkeliling sesuai dengan rute untuk sanggup menerima penumpang. Hal ini secara tidak pribadi menciptakan anda mengeluarkan biaya materi bakar lebih banyak kan?

Nah, kondisi ini tidak akan terjadi bila anda menjadi driver angkutan online. Karena adanya sistem terintegrasi secara online melalui aplikasi maka anda tinggal menunggu di satu titik untuk sanggup menerima penumpang. Kecepatan anda dalam mendapatkan atau mengambil order penumpang di aplikasi lah yang menjadi salah satu ukuran jumlah penumpang yang anda sanggup nantinya.

Jadi sebagai driver transportasi online, anda tidak perlu menghabiskan materi bakar hanya untuk berkeliling mencari penumpang.

  1. Lebih Produktif

Keberadaan aplikasi yang terintegrasi secara online juga menciptakan anda sanggup bekerja lebih produktif. Selain itu kebijakan perusahaan mengenai sasaran penumpang untuk mencapai bonus harian juga sanggup menjadi salah satu pelecut semangat bagi anda untuk lebih aktif dan produktif.

Anda mungkin sanggup menunggu pesanan pelanggan sambil bersantai tapi bukan berarti anda tidak bekerja. Kemudahan jalan masuk pemesanan dan peserta pesanan hanya dengan satu klik menciptakan setiap driver transportasi online merasa lebih produktif tanpa harus bekerja terlalu keras.

  1. Bisa Menjadi Sumber Penghasilan Sampingan

Bekerja sebagai driver angkutan online itu fleksibel. Anda sanggup bekerja ataupun tidak bekerja sesuai dengan mood atau kebutuhan. Misalkan anda bergotong-royong bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, anda masih sanggup menjadi driver angkutan online sesudah jam kantor selesai. Tidak hanya itu, final pekan atau hari libur juga sanggup anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan pemanis sebagai driver angkutan online.

Jika memang anda ingin lebih berdedikasi, anda juga sanggup sepenuhnya beralih profesi menjadi driver angkutan online. Toh, hasil menjadi driver di waktu luang bergotong-royong sudah cukup besar jadi apalagi bila anda bekerja penuh waktu sebagai driver angkutan online? Sudah terang semakin besar nominal yang akan anda dapat.

  1. Target Pasar Luas

Nah, hal lain yang menciptakan peluang bisnis supir angkutan online begitu menarik hati dan menjanjikan yaitu sasaran pasar yang luas. Karena sistem yang digunakan berbasis aplikasi online maka anda sanggup menerima orderan dari manapun menuju kemanapun. Intinya anda mempunyai kesempatan penuh untuk mengambil orderan dan menentukan rute yang diinginkan. Hal ini tentu berbeda jauh dengan kondisi di angkutan umum konvensional di mana anda harus menuruti rute standar untuk masing-masing angkutan. Bahkan ada beberapa jalan atau rute yang tidak sanggup anda lewati sehingga anda kehilangan kesempatan untuk menambah penumpang.

Nah, semoga isu mengenai peluang bisnis supir angkutan online di atas bermanfaat untuk anda semua..


Sumber https://carajadikaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peluang Bisnis Supir Angkutan Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel