iklan

Macam-Macam Rasio Akuntansi Bisnis Pada Umkm Dan Pentingnya Rasio Akuntansi

Sebagai pengusaha, kehadiran software akuntansi sangat membantu jalannya bisnis, terutama dalam mengatur finansial usaha. Umumnya, ketika ini banyak pengusaha yang termanjakan dengan adanya software akuntansi, tetapi ia tidak mau berguru akuntansi dasar terlebih dahulu. Padahal dalam akuntansi bisnis, seorang pengusaha harus memahami mengenai rasio akuntansi bisnis yang harus dijalankan pada perjuangan yang mereka jalankan.


Saking banyaknya transaksi piutang, hutang, aset, inventaris, dan transaksi lainnya menciptakan Anda gampang dalam mengelola akuntansi perusahaan dengan pertolongan software akuntansi yang sudah Anda sediakan pada bisnis Anda. Tetapi ada baiknya Anda juga mempelajari mengenai rasio akuntansi bisnis untuk jalannya perjuangan milik Anda.


Kenapa Rasio Penting?


Karena rasio akuntansi sangat mempunyai kegunaan sebagai jalan tercepat untuk mengevaluasi bisnis Anda. Rasio akan dilihat melalui laporan keuangan yang berjalan di perjuangan milik Anda. Sehingga Anda akan mengetahui sudah sejauh apa bisnis yang Anda miliki berkembang. Rasio juga penting untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan, sudah baik atau belum.


Rasio dalam akuntansi keuangan terbagi menjadi lima jenis. Namun, di Indonesia rasio akuntansi bisnis hanya ada empat jenis yang paling sering digunakan. Seperti, rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, dan rasio aktivitas.


Untuk itu, Anda sebagai pemilik bisnis yang sedang berkembang harus mengetahui apa saja rasio akuntansi yang harus dipakai pada perjuangan milik Anda. Tanpa mengetahuinya, maka akan sangat sulit menentukan kebijakan dan pengaturan keuangan perjuangan Anda.


Rasio Likuiditas


Dalam bidang ekonomi, mungkin Anda sering mendengar istilah likuiditas. Apa bantu-membantu likuiditas? Likuiditas ialah istilah dalam ekonomi yang sering dipakai untuk menandakan kondisi keuangan sebuah bisnis. Lalu, apa itu rasio likuiditas? Rasio likuiditas ialah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Biasanya hutang dalam jangka pendek yang harus ia bayarkan memakai harta lancar yang ada pada perusahaan tersebut.


Jika perjuangan Anda bisa melunasi hutang jangka pendek dengan baik, maka perjuangan Anda sanggup disebut sebagai perusahaan yang likuid. Sedangkan jika bisnis Anda tidak bisa dalam membayar hutang dalam waktu jangka pendek, maka perjuangan Anda mendapat julukan perjuangan yang iliquid.


Rasio likuiditas terbagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu:


Current Ratio, rasio yang membandingkan aktiva lancar dan hutang yang lancar


Quick Ratio, rasio perbandingan antara aktiva lancar yang dikurangi dengan persediaan, serta utang lancar yang dimiliki oleh perjuangan Anda.


Cash Ratio, cash ratio merupakan perbandingan kas lancar, aktiva lancar dan hutang lancar.


Ketiga rasio likuiditas tersebut mempunyai perhitungannya masing-masing. Sehingga Anda harus sanggup menghitung rasio tersebut dengan baik, untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan keuangan perjuangan Anda.


Rasio Solvabilitas


Selain memikirkan kewajiban dalam jangka pendek, perjuangan yang Anda jalankan harus memikirkan kewajiban dalam jangka panjang. Berapa beban utang yang ditanggung perjuangan dengan aktivanya. Sehingga perusahaan bisa mengetahui sejauh mana usahanya bisa membayar utang kepada kreditur. Jika perusahaan tidak bisa membayar keseluruhan kewajiban dengan aktivanya, maka perusahaan harus dibubarkan atau disebut dengan istilah insolvable.


Rasio Profitabilitas


Rasio profility atau profitabilitas ialah rasio yang dipakai setiap perjuangan untuk menghitung keuntungan yang bisa diperoleh oleh perusahaan. Dalam menjalankan rasio akuntansi bisnis, maka rasio profitabiltas sangat penting dipakai oleh perusahaan dan jenis usaha, untuk mengetahui seberapa banyak keuntungan yang ia peroleh dalam periode tertentu.


Rasio Aktivitas


Tidak hanya perusahaan besar yang harus memakai rasio akuntansi bisnis dalam setiap bisnis yang dijalankan. Sebab, sekelas UMKM pun harus mempunyai rasio kegiatan agar usahanya sanggup berjalan dengan baik. Salah satu rasio kegiatan yang bisa dilakukan ialah dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki usaha. Hal inilah yang disebut sebagai rasio aktivitas.


Rasio kegiatan dalam rasio akuntansi bisnis pada umumnya terbagi menjadi tiga jenis, yakni:


Rasio Perputaran aktiva, membandingkan antara penjualan dengan total aktiva pada perjuangan yang dijalankan.


Rasio Perputaran modal kerja, menghitung bagaimana perbandingan antara penjualan dengan modal kerja yang dihitung dengan aktiva lancar dikurangi hutang lancar.


Rasio perputaran aktiva tetap, rasio ini mempunyai kegunaan sebagai rasio akuntansi keuangan sebagai materi penilaian perjuangan dalam memakai aktiva dengan efektis, sehingga bisa meningkatkan pendapatan.


Itulah macam-macam rasio yang harus diketahui oleh para pengusaha UMKM. Anda harus mengetahui cara penghitungan dasar akuntansi tersebut. Meskipun Anda telah memakai software akuntansi, Anda tetap harus mengetahui dasar-dasar rasio.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Rasio Akuntansi Bisnis Pada Umkm Dan Pentingnya Rasio Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel