iklan

✔ Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10,8 Dan 7

Keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 atau win 8 juga di windos 7 sanggup terjadi pada beberapa tombol atau sebagian saja dan juga untuk semua tombolnya.Cara mengaktifkan keybord yang bermasalah atau error tersebut sangat gampang dilakukan bahkan anda sendiripun bisa.

Cara memperbaiki atau mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi di windows 10,8 atau windos 7 merupakan pengalaman pribadi saya.Jadi silahkan ikuti cara setting dengan benar semoga kinerja kibord anda sanggup normal kembali.



Mengatasi/Memperbaiki Keyboard lapotop Tidak Berfungsi pada Windows 10,8 dan 7




Keyboard laptop tidak berfungsi di windows  ✔ Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10,8 dan 7



Keyboard ialah sebuah papan abjad dan angka yang berfungsi untuk menjalankan jadwal di perangkat laptop sesuai dengan instruksi dari penggunanya.Performa dari sebuah keybord tidak sanggup dilepaskan dari Mouse ( baik jenis touch ataupun manual ).

Karena fungsinya yang sangat penting,komponen ini sangat vital dan wajib berfungsi dengan baik.Jika ada kerusakan,sudah niscaya kinerja laptopnya dan bahkan pekerjaan anda akan sangat terganggu.


Jenis-Jenis Kerusakan pada Keybord :


Ada 2 jenis kerusakan yang sering terjadi dan dialami oleh para pengguna perangkat keras ini,yaitu :

  1. Kerusakan hanya pada sebagin tombolnya saja
  2. Kerusakan di semua tombolnya

Penyebab kerusakan pada keybord :

Sebab kenapa sebuah papan keybord sanggup rusak juga berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan yang mana yang anda alami.Adapun faktor yang sanggup menyebabkan kerusakan pada papan keybord antara lain :


1. Jika kerusakanya sebagianya saja :

Menurut pengalaman saya pribadi,untuk jenis kerusakan yang menyerupai ini,biasanya 95% terletak pada komponenya langsung.Jadi hampir tidak ada kaitanya sama sekali dengan OS atau sistem dan pengaturanya.

2. Jika semuanya rusak dan tidak berfungsi :

Untuk yang satu ini sanggup disebabkan oleh komponenya,bisa juga oleh sistem atau pengaturanya.Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan dari ke2 hal tersebut? berikut langkah-langkah yang sanggup anda lakukan.


Keyboard Laptop Error/Rusak Sebagian

 



Keyboard laptop tidak berfungsi di windows  ✔ Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10,8 dan 7



Untuk permasalahan ini,biasanya saya memakai 3 langkah sederhana saja,tetapi walaupun sederhana,langkah ini 99% selalu berhasil saya terapkan untuk para pelanggan saya.Langkahnya ialah sebagai berikut :


1. Bersihkan Papan Dari Debu


Sebab yang sering menyebabkan hal ini terjadi biasanya lantaran banyaknya kotoran atau bubuk yang melekat pada papanya.Anda sanggup bersihkan dengan kuas baik untuk pecahan luar dan dalamnya.

Untuk pecahan luar,anda sanggup pribadi membersihkanya,tetapi untuk pecahan dalam,anda harus membuka/membongkar keybordnya dulu.Tenang saja,anda sanggup mencari tutorial pembongkaran PC anda di youtube.


2. Cek Arus dan Lakukan Jumper dengan Kabel


Jika langkah pertama tidak membuahkan hasil,bisa saya pstikan ada putus arus di kabel atau fleksibelnya.Anda sanggup mengeceknya dengan melaksanakan tes sambungan arus memakai alat yang berjulukan MULTIMETER,dan jikalau terbukti ada arus yang putus,lakukan penjumperan.

Jumper ialah sebuah langkah menambahkan kabel untuk menyambung arus yang putus di sebuah komponen.Jika anda bukan seorang terknisi,silahkan lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya.


3. Ganti Papan dengan Yang baru


Sebenarnya sangat jarang sekali saya melaksanakan ini,biasanya hanya hingga pada tahapan nomor 2 diatas,permasalahanya akan terselesaikan dan papan keybordnya sanggup berfungsi kembali.Tetapi jikalau anda bukan seorang terknisi elektronik,saya sarankan untuk tidak melaksanakan ini.

Anda sanggup pribadi menggantinya dengan yang baru.Sebelum membeli yang baru,saya tekankan untuk menentukan produk yang ORIGINAL dan ASLI.Jangan sekali-kali membeli barang KW,karena keawetanya tidak akan tahan lama.


Kenapa hanya 3 langkah itu saja? lantaran menyerupai yang sudah saya katakan sebelumnya,bahwa kerusakan jenis ini 95% terletak pada komponenya,bukan pada settingan atau sistemnya.lalu untuk kerusakan di semua tombol bagaimana? silahkan lakukan langkah dibawah ini :


Keyboard Error/Rusak di Semua Tombolnya


Jika kerusakanya terjadi di semua tombol papan keybordnya,langkah perbaikan yang sanggup anda lakukan antara lain :

1. Perbaiki Sistem Driver ( Software )


Driver ialah sebuah software yang dirancang untuk membantu menjalankan sebuah fungsi perangkat keras yang terpasang di PC.Contohnya jikalau anda ingin memasang modem,pasti anda harus menginstal DRIVERnya dulu,baru modemnya sanggup terbaca dengan baik.

Ini juga berlaku untuk papan keybord,jika drivernya rusak,kinerja papanya juga akan terganggu.Untuk mengtasinya,lakukan langkah berikut :
  • Klik " start " pada pojok kiri bawah PC anda
  • Pilih " my computer "
  • Pilih " properties "
  • Pilih " hardware "
  • Pilih " device manager "
  • Cari dan klik kanan pada goresan pena " keybord "
  • Pilih " properties "
  • Pilih " driver "
  • Pilih " DISABLE "
  • Tunggu sebentar kurang lebih 2 menit
  • Ubah jadi " ENABLE " lagi
  • Restart PC anda
  • Selesai

Jika langkah ini tidak berhasil dan anda ingin mengembalikan driver menyerupai semula,anda cukup mengulangi langkah diatas,saat klik kanan drivernya,pilih " Rool Back Driver ",restart PC anda,selesai.


2. Lakukan REBOOT pada Sistem


Jika langkah diatas tidak membuahkan hasil,anda sanggup memakai langkah ini,caranya ialah sebagai berikut :

  1. Nyalakan PC anda
  2. Saat sedang loading ( tekan F8 berulang-ulang hingga masuk hidangan reboot ) tombol yang ditekan sanggup berbeda tergantung dari brand yang anda gunakan
  3. Setelah masuk menu,pilih saja " reboot "
  4. Tunggu proses selesai

Langkah ini berfungsi untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada sistem PC anda.


3. Update Sistem Hardwarenya 


Anda juga sanggup melaksanakan UPDATE atau pembaruan terhadap sistem keybord anda.Langkahnya ialah sebagai berikut :

  1. Masuk hidangan " device manager " ( klik icon windows di pojok kiri anda.dan tulis saja device manager )
  2. Cari dan pilih " keybord "
  3. Klik kanan dan pilih " scan for hardware change "
  4. Jika terdapat notifikasi atau pop up windows anda sedang memperbarui
  5. Tunggu saja proses hingga selesai

Jika pop up yang keluar bertuliskan bahwa sistem sudah yang paling update,maka anda tidak perlu melaksanakan hal ini.


4. Periksa Tombol NumLck


Walaupun kemungkinanya hanya sedikit,anda sanggup menilik tombol NumLck apakah tidak sengaja tertekan.Anda sanggup menekan tombol ( NumLck + FN ) secara bersamaan.Lihat apakah ada balasannya atau tidak.


5. Bersihkan kotoran


Anda sanggup lakukan permbersihan kotoran yang ada dan melekat pada papan keybord anda.Lakukan pada pecahan luar dan dalam papan tersebut.


6. Periksa Soket Fleksible

 


Keyboard laptop tidak berfungsi di windows  ✔ Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10,8 dan 7
bisa dilepas dan dipasang sesuka hati tanpa alat



Cobalah membongkar papan keybord anda.Akan terlihat sebuah sambungan kabel atau yang sering di sebut dengan " socket ".Jika memang terlepas,silahkan pasang kembali,tetapi jikalau masih tertancap dengan sempurna,silahkan lepas dan bersihkan.

Anda sanggup membersihkanya dengan kuas atau pembersih indera pendengaran bayi dengan meneteskan sedikit minyak kayu putih atau tiner.Setelah dirasa bersih,silahkan pasang/tancapkan kembali dan lihat hasilnya.


7. Lakukan Langkah Untuk Kerusakan Tombol Sebagian ( DI atas )


Anda juga sanggup melaksanakan lanngkah perbaikan menyerupai halnya kerusakan pada sebagian tombolnya saja.Langkah tersebut juga sanggup diaplikasikan untuk kerusakan jenis ini.Langkahnya sudah saya tuliskan di pecahan atas,silahkan lakukan dan lihat hasilnya.


8. Bawa ke Tukang Service


Ini ialah langkah terakhir jikalau semua tahapan diatas tidak membuahkan hasil.tetapi percayalah,si tukang service juga akan melaksanakan tahapan-tahapan diatas lohh.Jadi ppilihanya ada ditangan anda sekarang,ingin memakai langkah perbaikan yang mana.


Perbaikan untuk papan keybord hampir ada kesamaan untuk perbaikan HARDISK YANG BERISIK dan BERBUNYI KREK-KREK.Dan hampir sama juga untuk perbaikan GAGAL BOOTING ( SELALU MATI SAAT AKAN START UP ).

Demikian pembahasan mengenai bagimana cara untuk memperbaiki dan mengatasi keyboard yang tidak berfungsi untuk semua versi windows baik 10,8 ataupun windos 7 ketika ditekan atau dipencet tidak sanggup untuk mengetik.Semoga sanggup bermanfaat.Terimakasih telah membaca,see uu.


Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10,8 Dan 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel