iklan

Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet

perangkat keras komputer berjulukan printer. Munculnya printer sebagai perangkat keras di dunia teknologi memang menghadirkan banyak fasilitas dan manfaat. Apalagi printer merupakan perangkat input dan output komputer yang penting dalam mencetak dokumen.

Saat ini fungsi printer selain sebagai mesin cetak, entah itu dokumen cetak, gambar, grafik, atau kombinasi gambar dan dokumen, printer mempunyai kelebihan sekaligus pengganda, alasannya ialah teknologi cepat yang memungkinkan insan berinovasi.

Kini banyak penemuan dari banyak sekali perusahaan pengembangan teknologi yang menyebarkan teknologi printer canggih-canggih. Ada empat jenis printer yang sering kita temui, baik di rumah, sekolah, akademi tinggi atau kantor.

Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet
Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet


Jenis printer dot-matrix pertama, printer jenis ini memakai print head dari koleksi jarum suntik. Koleksi jarum ini menabrak pita dan menghasilkan cetakan di atas kertas.

Kedua printer laser, ini ialah jenis printer yang memakai sinar laser untuk mengontrol pencetakan, sedangkan cetakannya dihasilkan oleh abu toner.

Tiga printer ink-jet, ini ialah jenis printer yang melaksanakan cetakan dengan menyemprotkan titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas.

Dan keempat printer termal, printer ini sangat berbeda, ibarat namanya, printer thermal memakai panas untuk mencetak kertas daripada memakai kartrid tinta yang biasa dipakai oleh printer jenis lain, dengan teknologi ini, menciptakan printer thermal menjadi bising (bahkan beberapa tidak menciptakan suara).

Saat ini pun telah beredar multifungsi printer yaitu printer yang bisa melaksanakan fungsi cetak, fotokopi, pemindai dan bahkan mesin fax. Terlepas dari semua kecanggihan printer dari banyak sekali variasi ketika ini, disini akan dibahas ihwal apa kelebihan printer laser dibanding inkjet.

Kebanyakan orang ketika ini, terutama di Indonesia masih banyak fobia terhadap printer laser, mereka banyak yang menjalankan memakai printer inkjet, pemakai perbandingan dengan printer inkjet kira-kira 8: 2 kenapa begitu? Karena harganya begitu tinggi sehingga bisa ibarat langit dan bumi, tapi kalau rata-rata Anda menekan harga dengan harga yang relatif lebih mahal, printer laser bekerjsama menunjukkan teknologi yang memuaskan.

Karena masyarakat Indonesia sangat ekonomis sehingga lebih menentukan printer inkjet yang relatif lebih murah, namun kalau di laser printer laser jauh lebih unggul. Jika Anda tidak mempercayainya, mari kita lihat ulasan berikut ihwal laba printer laser dibandingkan dengan Inkjet;

Baca juga: Cara Kerja Printer Inkjet
Cara Mengatasi Printer Not Responding
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

1. Kecepatan
Printer laser mempunyai kecepatan cetak sekitar 20 - 25 ppm dengan harga 0,8 - 2 jutaan, artinya printer bisa mencetak sekitar 20 - 25 per menit. Sedangkan printer inkjet hanya mempunyai kecepatan 16/12 ppm, dengan kisaran harga 400 ribu.

Khusus untuk printer laser dengan harga 3 juta hingga top speed sekitar 30 hingga sekitar 60 ppm. Itu untuk percetakan kecepatan B / W (hitam putih). Meski harganya sedikit lebih mahal, namun dengan kemampuan luar biasa ternyata tidak sia-sia.

2. Fitur
Tak ayal lagunya, secara umum fitur printer laser jet lebih baik daripada printer inkjet terutama di memori dan prosesor, printer laser mempunyai kemampuan lebih tinggi daripada printer inkjet, dengan kemampuan menciptakan printer laser jarang menjadi troble.

3. Biaya Operasional
Dalam biaya operasional termasuk biaya perawatan dan penggantian kartrid, printer laser lebih unggul dari printer inkjet, alasannya ialah cartridge pengganti printer laser relatif lebih lama, sementara printer inkjet harus lebih sering mengganti isi ulang (cartridge)

4. Kualitas Cetak
Meski dalam komposisi warna (warna sebenarnya) printer laser yang dihasilkan tidak sebagus printer inkjet, namun untuk hasil cetak, baik warna hitam maupun putih dan cetak warna, printer laser tercetak lebih baik, alasannya ialah hasil cetaknya lebih cepat dan tahan air. Dan kalau untuk penggunaan jangka panjang, printer laser jauh lebih efisien daripada printer inkjet.

Begitulah ulasan kelebihan antara printer laser dengan inkjet pkjet, meski harganya relatif sedikit lebih mahal, namun dengan kualitas prima tidak sia-sia bagi Anda untuk mendapat sedikit anggaran lebih dalam untuk mendapat kepuasan maksimal.

Namun, semua pilihan akan kembali kepada Anda, untuk menentukan printer sesuai kebutuhan. Tentunya dengan mempertimbangkan budget, kebutuhan, dan efisiensi dan kualitas sesuai dengan cita-cita yang anda anggap. Semoga bermanfaat
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan Printer Laser Dibanding Inkjet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel