iklan

Tanpa Kita Sadar, Teknologi Sudah Mengurangi Kecerdasan Kita !


Apakah kita menyadari bahwa dikala ini teknologi semakin usang semakin canggih ! Bahkan dikala ini perkembangan jaman sangatlah cepat dari hari ke hari. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, kita justru tidak akan cendekia lagi menyerupai dulu.

Mengapa ? Karena teknologi dibentuk untuk insan semoga memudahkan pekerjaannya. Contoh yang cukup sederhana yaitu kalkulator. Apabila tidak ada kalkulator maka kita akan terus berhitung memakai pikiran kita sendiri. Namun dengan adanya kalkulator kita menghitung 94-39 saja sudah malas kan ? Langsung cepat-cepat kita ambil kalkulator kita untuk menghitung angka-angka tersebut.

Walaupun memang ada baiknya, kita benar-benar terbantu dalam pekerjaan kita, sehingga semua pekerjaan kita dapat 3x atau bahkan 4x lebih cepat. Namun artinya, semakin Anda mempercepat pekerjaan Anda dengan teknologi, justru itu akan mengurangi kepintaran Anda.

Apa saja sih kepintaran-kepintaran kita yang hilang akhir perkembangan teknologi ?

Kecerdasan Yang Menurun Akibat Teknologi


1. Matematika


Seperti yang sudah aku katakan diatas, bahwa semakin usang kalkulator semakin canggih. Begitu pula dengan kita, akan semakin malas dalam menghitung matematika. Sejak adanya kalkulator ini,  memang kita semakin jarang menghitung. Maka dari itu mengapa banyak orang tidak menyukai pelajaran matematika di sekolah. Mungkin kalkulatorlah salah satu faktornya.

2. Sosial


Tentu ini benar-benar sudah terjadi. Coba Anda lihat di jalan, di tempat-tempat umum, sebagian besar orang memegang HPnya sendiri. Bahkan kalau kita bersama keluarga pun kita juga tetap memegang HP. Walaupun terkadang tidak, namun tetap saja sosialisasi kita dengan lingkungan sekitar telah berkurang alasannya yaitu adanya teknologi yang memanjakan kita kapanpun dan dimanapun.

3. Menulis


Yup, yang satu ini juga aku rasakan. Tentu kini semakin canggih saja. Sudah ada keyboard, ngapain nulis tangan ? Bahkan kini semakin parah lagi. Banyak teknologi yang sudah dapat menangkap bunyi kita dan memahami apa yang kita inginkan. Maka dari itu semakin lama, minat mengetik justru akan semakin berkurang. Ini sebenarnyah bukan hal yang mengerikan, namun semua kemajuan teknologi niscaya ada imbas faktual dan imbas negatif.

4. Berkurangnya Minat Untuk Menghafal


Taukah Anda hardisk dikala ini sudah sangat-sangat tinggi penyimpanannya. Contoh saja, hardisk TB. Taukah Anda berapa itu 1 TB ? 1 TB sama dengan 1.000 GB = 1.000.000 MB = 1.000.000.000 KB = 1.000.000.000.000 byte. Taukah Anda bahwa 1 byte itu = 1 karakter. Sekarang bayangkan Anda mengingat nomor telp yang hanya 12 aksara saja sudah sangat sulit kan ? Karena apa ? Karena kini sudah ada teknologi yang siap mengingatkan Anda sampai 1 triliyun aksara !

Maka dari itu kita niscaya akan terus malas untuk mengingat-ngingat sesuatu. Karena semua ingatan kita biasanya kita sudah tulis di smartphone atau komputer.

5. Berjalan


Dulu sebelum ada teknologi semaju sekarang, masih aneka macam orang yang suka berjalan kaki. Namun sekarang, sangat jarang sekali ditemukan orang yang berjalan kaki. Memang ada, namun tidak sebanyak dulu. Mungkin dikala ini orang yang berjalan kaki tersebut, yaitu orang-orang yang belum mempunyai kendaraan sehingga terpaksa mereka berjalan kaki.

Namun kini teknologi semakin usang semakin canggih, tak hanya motor, mobil, kereta, pesawat, bus umum, dll, Namun semakin usang kita makin malas untuk memakai kendaraan-kendaraan semacam itu. Mengapa ? Karena kini sudah aneka macam layanan yang dapat kita andalkan untuk menjadi transportasi kita tanpa kita ikut. Seperti salah satunya yaitu gojek, gofood, dan layanan-layanan lainnya. Itu semua akan menciptakan kita malas.


Memang dengan kemajuan teknologi sekarang, kita semakin malas untuk melaksanakan hal-hal yang sebetulnya juga penting. Namun kemajuan teknologi selalu mempunyai imbas faktual dan negatif, disamping kita menjadi malas namun dengan teknologi tersebut kita dapat melaksanakan pekerjaan 10x lebih cepat.

Sehingga, gunakanlah teknologi secukupnya dan gunakan sebaik-baiknya !
Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanpa Kita Sadar, Teknologi Sudah Mengurangi Kecerdasan Kita !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel