iklan

Manfaat Ulat Hongkong Kering Dan Cara Membuatnya

Manfaat Ulat Hongkong Kering – Bagi para pecinta burung peliharaan, ulat hongkong atau mealworm mungkin sudah tidak abnormal lagi. Manfaat ulat hongkong kering salah satunya yaitu sebagai pakan komplemen (extra fooding) bagi burung.


Kandungan gizinya yang tinggi terutama protein menjadikan ulat hongkong menjadi pakan favorit bagi burung kicau selain kroto dan jangkrik.


Dikarenakan mempunyai lapisan kulit tebal (exoskeleton), biasanya jenis ulat yang dijadikan pakan burung yaitu dalam kondisi berganti kulit.


Ketika itu lapisan kulit ulat akan menjelma tipis sehingga gampang dicerna semua burung pemakan serangga. Kandungan nutrisi dalam ulat hongkong yaitu 48 % protein kasar, 40 % kadar bubuk dan lemak kasar, 57 % kadar air dan 8 % ekstrak non nitrogen.



Manfaat Ulat Hongkong Kering



Dalam praktiknya, ulat hongkong ini sanggup dikonsumsi burung dalam bentuk hidup ataupun kering (tepung atau sudah dikeringkan). Nah untuk manfaat ulat hongkong kering ini mempunyai banyak manfaat diantaranya:



  • Tahan usang dalam penyimpannya alasannya yaitu tak membutuhkan perawatan menyerupai layaknya ulat hongkong hidup.

  • Memiliki kandungan air dan lemak yang tidak terlalu banyak.

  • Tidak perlu khawatir akan kulitnya yang keras juga tak perlu menunggu waktu hingga ulat hongkong berubah warna menjadi putih.


Cara Membuat Ulat Hongkong Kering



Untuk sanggup menciptakan ulat hongkong kering sanggup memakai langkah-langkah berikut ini:



  1. Sebelum dikeringkan, pastikan ulat hongkong tersebut dimatikan/dihibernasi dengan cara menyimpannya selama kurang lebih 15 menit dalam freezer atau lemari es. Jika dalam 15 menit masih ada ulat yang hidup, simpan kembali lebih usang hingga semua ulat benar-benar mati.

  2. Panaskan panggangan dengan kompor api sedang.

  3. Siapkan loyang berbentuk datar untuk menyimpan ulat, ratakan dalam loyang tersebut biar ulat tidak melekat pada permukaan loyang. Tipsnya biar tidak lengket yaitu mengoleskan tepung jagung atau mentega.

  4. Sediakan kembali panggangan untuk memanggang selama lebih dari 30 menit. Setiap 10 menit sekali pantaulah biar tidak gosong atau terlalu kering.

  5. Setelah sudah kering, keluarkan ulat-ulat dan dinginkan dengan cara diangin-anginkan.

  6. Simpan ulat hongkong dalam tempat tertutup untuk dipakai nanti.


Jika kau memerlukan ulat hongkong yang masih hidup sanggup memesan atau mendatangi penjual ulat hongkong yang ada di kawasan kamu.


Membuat Tepung Ulat Hongkong


Pada tahap pertama tadi anda sudah selesai menciptakan ulat hongkong kering dan sanggup eksklusif dikonsumsi oleh burung peliharaan. Nah jikalau ingin menciptakan tepung ulat hongkong caranya yaitu sebagai berikut:



  1. Sediakan blender untuk menggiling ulat hongkong kering hingga menjadi tepung atau serbuk.

  2. Simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

  3. Tepung ulat hongkong sudah sanggup dipakai dan disimpan untuk stok pakan burung Anda.


Efek Samping dari Ulat Hongkong



Akhir-akhir ini banyak pro dan kontra perihal pemanfaatan ulat hongkong. Sebagian kalangan banyak yang percaya manfaat ulat hongkong, namun di satu sisi lainnya banyak yang mencemaskan burung peliharaan mereka jikalau diberi pakan ulat hongkong.


Dampak negatif dari ulat hongkong diantaranya:



  • Menyebabkan Burung Kegemukan

  • Menurut beberapa sumber, ulat hongkong mempunyai banyak kandungan lemak yang tentu tidak baik bagi berat tubuh si burung.

  • Ulat ini masih sanggup hidup selama beberapa detik jikalau kepingan kepalanya tidak terkunyah ketik dimakan oleh burung. Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan ulat akan menggerogoti organ dalam burung.


Saran Memberikan Ulat Hongkong Pada Burung


Jika melihat fakta di atas, tentunya anda harus berhati-hati dikala memperlihatkan ulat hongkong kepada burung kesayangan anda. Untuk mencegahnya anda harus melaksanakan hal berikut ini:



  • Gunakan ulat hongkong berkualitas tinggi dan kebersihan yang baik.

  • Hendaknya diberikan dalam keadaan mati. Caranya sanggup dengan mencelupkannya ke dalam air hangat hingga mati.

  • Jangan memperlihatkan ulat burung secara berlebihan alasannya yaitu sanggup menjadikan kelebihan berat tubuh pada burung.




Itulah beberapa hal yang sanggup aku paparkan mengenai manfaat ulat hongkong kering dan juga fakta-fakta menarik lainnya. Semoga bermanfaat.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Ulat Hongkong Kering Dan Cara Membuatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel