iklan

[Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Insan + Contohnya

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia | Setelah kita mengetahui aneka macam macam kebutuhan, kita juga harus mengetahui apa saja macam-macam dari alat pemuas kebutuhan. Alat pemuas kebutuhan insan biasanya disebut dengan produk yang berupa barang dan jasa.

Sebelum kita mengetahui wacana macam-macam alat pemuas kebutuhan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian alat pemuas kebutuhan yang berupa barang dan alat pemuas kebutuhan yang berupa jasa. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi kebutuhan )

Alat pemuas kebutuhan yang berupa barang ialah segala sesuatu yang sanggup memenuhi kebutuhan insan yang sifatnya berwujud sanggup dilihat dan diraba.

Alat pemuas kebutuhan yang berupa jasa ialah segala sesuatu yang sanggup memenuhi kebutuhan insan yang sifatnya tidak berwujud tetapi fungsinya sanggup dirasakan dan dinikmati. 

Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Wujudnya

  • Barang Konkrit

Barang konkrit merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang sanggup dilihat, diraba maupun dirasakan. Contohnya : Makanan, pakaian, rumah, mobil, tas, dan sebagainya. (Baca juga: Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya )

  • Barang Abstrak

Barang abstark merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang tidak sanggup dilihat maupun diraba tetapi sanggup dirasakan. Contohnya : Jasa supir taksi, jasa guru, jasa dokter, jasa petani, dan sebagainya. (Baca juga: [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier )

 

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Cara Memperolehnya

  • Barang Ekonomi

Barang ekonomi merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah kebutuhan insan itu sendiri dan untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan ini biasanya dalam bentuk biaya. Contohnya : Rumah, sepatu, emas, lemari, laptop, dan sebagainya

  • Barang Bebas

Barang bebas merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang jumlahnya banyak sehingga tidak diharapkan pengorbanan tertentu dan cara memperolehnya sanggup mengambilnya secara bebas. Contohnya : Air laut, es dikutub, pasir dipadang pasir, sinar matahari, angin, dan sebagainya.

Barang bekas juga sanggup menjadi barang ekonomi loh , kok sanggup ?

Ada saatnya barang bebas berubah status menjadi barang ekonomi. Misalnya, apabila seseorang tinggal di kawasan yang sumber airnya melimpah, jernih dan bersih, maka air tersebut merupakan barang bebas. Sedangkan,  untuk penduduk yang tempat tinggalnya di kota-kota besar, air higienis biasanya diperoleh dari jasa Perusahaan Air Minum atau penjual air keliling. Dalam hal ini, air tersebut sudah berubah status menjadi barang ekonomi.

  • Barang Illith

Barang illith merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang jumlahnya berlimpah sehingga berdampak jelek bagi kehidupan masyarakat.

Contohnya : Air, apabila air jumlahnya berlebihan maka akan menyebabkan banjir. Api, apabila api berkobar berlebihan maka akan menyebabkan kebakaran, dan lain sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Kegunaannya

  • Barang Konsumsi

Barang konsumsi merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang secara eksklusif sanggup digunakan untuk memenuhi kebutuhan insan sehingga sanggup dirasakan dan dinikmati kegunannya tanpa melalui proses pengolahan. Barang ini juga sering disebut barang siap pakai atau barang jadi.

Contohnya : Buah-buahan, roti, sepatu, pakaian, jam tangan, minuman kaleng, perabotan rumah tangga, dan sebagainya.

Setelah kita mengetahui aneka macam macam kebutuhan [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

Barang konsumsi sanggup dibedakan menjadi barang konsumsi tahan lama dan barang konsumsi tidak tahan lama. Barang konsumsi tahan usang merupakan barang yang tidak sekali habis dipakai. Misalnya : Pakaian, sepatu, perabotan rumah tangga, dll.

Sedangkan, barang konsumsi tidak tahan usang merupakan barang yang sekali digunakan sekaligus habis. Misalnya : Buah-buahan, roti, minuman kaleng, dll.

  • Barang Produksi

Barang produksi merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang tidak secara eksklusif sanggup digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi harus melalui proses pengolahan dan menghasilkan barang lain. Barang produksi ini biasanya disebut juga dengan barang modal.

Contohnya : Kain yang akan digunakan untuk menciptakan pakaian, Padi yang akan digunakan untuk menciptakan beras, Gandung yang akan digunakan untuk menciptakan roti.

Baca juga:

  1. [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  2. 17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Proses Pembuatannya

  • Barang Mentah

Barang mentah merupakan barang baku yang belum melalui proses pengolahan.

Contohnya : Kapas, padi, rotan, tembakau, dan sebagainya.

Setelah kita mengetahui aneka macam macam kebutuhan [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

  • Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses pengolahan tetapi  belum sanggup digunakan alasannya prosesnya belum selesai.

Contohnya : Kopra dari kelapa untuk digunakan menciptakan minyak goreng, benang dari kapas untuk digunakn menciptakan kain, dan sebagainya.

  • Barang Jadi

Barang jadi merupakan barang yang sudah melalui proses pengolahan dan siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya : Pakaian, lemari, tas, televisi, dan sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Hubungannya dengan Benda Lain

  • Barang Subtitusi

Barang Subtitusi merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang dalam pemakaiannya sanggup saling menggantikan antara barang satu dengan barang lainnya. Barang subtitusi biasanya disebut dengan barang pengganti.

Contohnya : Beras dengan singkong, bus dengan mikrolet, kopi dengan teh, gelas dengan cangkir, dan sebagainya.

  • Barang Komplementer

Barang komplementer merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang dalam penggunaannya sanggup saling melengkapi. Barang ini gres sanggup dimanfaatkan apabila digunakan bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainnya. Barang komplementer biasanya disebut dengan barang pelengkap.

Contohnya : Kompor dan gas, gula dan kopi, galon dan dispenser, buku dan pena, dan sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

  • Barang Bergerak

Barang bergerak merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapat kredit jangka pendek.

Contohnya : Televisi, mobil, motor, dan sebagainya.

Setelah kita mengetahui aneka macam macam kebutuhan [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

  • Barang Tidak Bergerak

Barang tidak bergerak merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang digunakan sebagai jaminan untuk mendapat kredit jangka panjang.

Contohnya : Rumah, tanah, dan sebagainya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Kualitasnya

  • Barang Superior

Barang superior merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang mempunyai kualitas yang tinggi dan kualitas tersebut ditunjukkan dengan harganya yang mahal sehingga barang ini biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang berpenghasilan menengah keatas.

Contohnya : Pakaian mahal, kendaraan beroda empat mewah, lukisan mewah, dan sebagainya.

Setelah kita mengetahui aneka macam macam kebutuhan [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

  • Barang Inferior

Barang inferior merupakan alat pemuas kebutuhan insan yang mempunyai kualitas harga rendah dan biasanya barang ini dikonsumsi oleh orang-orang yang berpenghasilan rendah.

Contohnya : Barang-barang loak, pakaian bekas, dan sebagainya.

Nah itulah artikel mengenai Macam-macam Alat Pemuas Kebutuhan Manusia, biar artikel ini bermanfaat dan sanggup menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya. Jangan lupa share dan terimakasih atas kunjungannya!

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  [Pengertian dan Contoh] Barang Ekonomi, Barang Bebas, dan Barang Illith
  2. [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Jasmani dan Rohani
  3. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  4. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  5. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Insan + Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel