iklan

Cara Mengatur Permalink Wordpress Seo Friendly

Permalink yaitu URL atau tautan permanen yang mengarah ke laman/post tertentu pada website. Secara umum permalink sanggup dilihat di kolom address kafetaria browser ketika membaca artikel/laman di sebuah website. Setiap website ataupun CMS memiliki cara tersendiri untuk menampilkan permalink.

Baca juga: Cara Mengatur dan Menambahkan Widget WordPress

Permalink yang baik yaitu permalink yang gampang diingat oleh pengunjung ketika melihat suatu artikel/laman di website anda. Selain itu mesin pencari juga lebih gampang melacak permalink anda. Mesin pencari memakai Algoritma khusus untuk melaksanakan crawling. Dengan melaksanakan pengaturan permalink yang baik, tentunya website lebih optimal untuk SEO friendly. WordPress memperlihatkan beberapa pilihan permalink yang sanggup digunakan.

Penting: Jika website anda sudah memiliki trafik, sangat tidak disarankan untuk mengubah permalink. Solusi alternatif anda sanggup melaksanakan redirect 404 ke permalink baru.


A. Cara Mengatur Permalink WordPress

Untuk mengakses pengaturan permalink anda sanggup masuk ke admin panel kemudian klik settings -> permalinks atau pengaturan -> permalink (bahasa Indonesia). 

Permalink yaitu URL atau tautan permanen yang mengarah ke laman Cara Mengatur Permalink WordPress SEO Friendly

Terdapat beberapa pilihan permalink sebagai berikut

1. Plain Permalink (Biasa)

Plain permalink merupakan cara menampilkan permalink dengan routing PHP biasa. Cara ini sangat tidak disarankan, alasannya yaitu makna permalink tidak sanggup dimengerti oleh bahasa insan namun sangat gampang untuk di-index oleh mesin pencari alasannya yaitu sangat sederhana.

  • /?p=1 Ini berarti post pertama/id 1 WordPress anda.
  • /?page_id=2 Ini berarti halaman kedua/id 2 WordPress anda.
  • /?cat=1 Ini yaitu arsip kategori pertama/id 1 WordPress secara default yaitu un-categories (tak berkategori).
  • /?tag=baru Ini yaitu arsip tag dengan slug “baru”.

2. Day and name Permalink (tanggal dan nama)

Day and name permalink menampilkan permalink dengan menyertakan tanggal, namun ini hanya berlaku untuk posting dengan tipe post. Untuk kategori, laman dan tag jenis permalink ini akan menampilkan namanya saja. Permalink ini sangat cocok untuk website jenis blog eksklusif yang berisi pengalaman penulis blog.

  • /2017/08/31/halo-dunia/ ini berarti post yang dipublikasi tanggal 31 Agustus 2017 dengan slug “halo-dunia”.
  • /laman-contoh/ ini berarti laman dengan slug “laman-contoh”.
  • /category/tak-berkategori/ ini berarti arsip jenis kategori dengan slug “tak-berkategori”. Nama “category” merupakan base kategori standar, anda sanggup mengubahnya pada kolom Opsional bagian bawah.
  • /tag/baru/ ini berarti arsip tag dengan slug “baru”. Nama “tag” merupakan base tag standar, anda sanggup mengubahnya pada kolom Opsional bagian bawah.

3. Month and name Permalink (Bulan dan nama)

Month and name permalink hampir sama dengan Day and name permalink namun di sini tanggal akan dihilangkan untuk menampilkan permalink post berjenis post.

4. Numerik Permalink

Permalink ini akan menampilkan id untuk post khusus untuk tipe post/artikel. Hampir sama dengan plain permalink namun sudah memakai routing yang lebih baik dan tipe post gampang untuk diketahui. Hal ini tidak berlaku untuk kategori, tag, dan laman akan diubahsuaikan dengan “day and name permalink”.

  • /arsip/123 ini berarti post dengan id 123, nama arsip sanggup anda ubah pada kolom Custom Structure di bab bawah.

5. Post Name Permalink (Nama tulisan) 

Sesuai dengan namanya cara ini menampilkan slug post sempurna sehabis URL website anda. Permalink ini baik untuk website jenis company profil maupun website penyedia tips dan trick. Hal ini tidak berlaku untuk kategori,tag dan laman akan diubahsuaikan dengan “day and name permalink”.

  • /halo-dunia/ ini berarti post yang dipublikasi tanggal 31 Agustus 2017 dengan slug “halo-dunia”.

B. Pengaturan Custom Structure/Struktur Tersuai

Pengaturan struktur tersuai sanggup menjadi alternatif kalau pilihan di atas berdasarkan anda tidak ada yang pas. Untuk menciptakan struktur tersuai anda sanggup memulai nya dengan tanda ‘/’ dan dilanjutkan dengan teks kebutuhan anda kemudian diakhiri ‘/’. Adapun format permalink dinamis yang sanggup anda gunakan.

  • %year% untuk tahun
  • %monthnum% untuk bulan dalam format angka
  • %day% untuk tanggal
  • %hour% untuk jam format 24
  • %minute% untuk menampilkan menit
  •  %second% untuk menampilkan detik
  • %post_id% untuk id pos
  • %postname% untuk slug pos
  • %category% untuk menampilkan kategori utama post
  • %author% untuk menampilkan penulis post

C. Pengaturan Opsional Base Kategori dan Tag

Jika anda ingin mengubah kategori dan tag base, anda sanggup menuliskannya di bab ini. Akan lebih baik kalau memakai satu kata.

D. Simpan Pengaturan Permalink

Klik Save Changes (Simpan Perubahan) untuk menyimpan pengaturan permalink. Selamat disini anda telah melaksanakan kustomisasi permalink WordPress.

Baca juga: Daftar Isi Tutorial WordPress


Sekian artikel Cara Mengatur Permalink WordPress SEO Friendly. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Permalink Wordpress Seo Friendly"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel