iklan

Emas Dari Limbah Elektronik



Sampah elektronik bukanlah sekedar sampah. Disamping berbahaya, ternyata kita bisa mendulang emas dari sampah elektronik kalau berakal mengolahnya. Emas sering kali dipakai untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronik menyerupai prosesor, harddisk, ram, motherboard, atau mainboard, PCB handphone, PCB komputer, Integrated Circuit (IC), kartu cip handphone, dan sebagainya.
Komponen-komponen tersebut harus dilapisi emas alasannya hanya emaslah yang bisa menghantarkan arus listrik nyaris tanpa kendala atau disebut juga zero resistensi. Oleh alasannya itu, banyak juga orang-orang yang berusaha "mendulang" emas dari sampah-sampah elektonik yang ada. Salah satunya Adi Kristyo Permadi. Dia bahkan mengajarkan kepada banyak orang wacana bagaimana cara pengambilan emas dan perak dari sampah elektronik sampai proses pemurniannya melalui e-book yang dibuatnya.
  1. Cari PCB yang sudah tidak terpakai lagi dengan cara membeli atau punya sendiri.
  2. Kumpulkan semua pcb anda. Dari 1 kg IC-IC yg terkumpul itupun hanya menghasilkan emas sekitar/mungkin hanya 1gram dengan kadar hanya sekitar 45%-60%. yang merepotkan dan sulit serta hati hati alasannya memakai materi kimia yg berbahaya menyerupai air keras/nitric acid. cara pengerjaannyapun sangat usang bagi yg belum terbiasa. alasannya yang kita ambil yaitu lapisan emasnya bukan materi dasar ICnya,sangat tipis sekali lapisan emasnya,hati2 alasannya tertiup sedikit mereka akan terbang atau bergerak/berantakan dengan resiko hilang.
  3. Kemudian IC atau pin elektronik yg diduga mengandung lapisan emas kita kumpulin
    terus kita bakar memakai api, sehabis panas kita masukkan pada wadah/baskom stainless yg tahan terhadap air keras/nitric.
  4. Terus kita tuang wadah tersebut dengan air keras semoga menutupi komponen lapis emas tadi,terus kita taruh di atas kompor (minyak lho),spt kita masak air, tapi hati-hati lingkungan/tetangga harus mendukung, alasannya baunya yg sangat menyengat dan berbahaya bagi yg tdk biasa, bisa dilempar tetangga, alasannya anda tahu sendiri air keras kaya gimana effeknya.
  5. Lalu lama-lama ada proses pemisahan antara materi dasar ic dgn emas itu, perlu diketahui, logam apapun akan habis dimakan air keras, kecuali emas, perak. Baja/stainles steel pun lama2 akan habis. kita tuang ke ember yg dilapisi kertas semen/lap/kain bekas, biar tersangkut lapisan emasnya dan airnya akan tutun keember.
  6. Langkah terakhir bungkus .



Kemudian dengan proses lain :
a.       Kemudian Proses pengolahan logam dibagi ke dalam dua katagori,yaitu:
  1. Recovery : Proses pengolahan untuk memisahkan logam yang diinginkan/dibutuhkan dengan logam yang lainnya. Pada proses ini,logam yg didapatkan belum berkwalitas baik. Dan ini yaitu proses awal dari rangkaian proses pengolahan.
  2. Refining :   Proses pemurnian logam sehabis melalui proses recovery.
proses ini termasuk kelompok Recovery. Sangat efektif untuk mengolah jenis logam plat tipis ber micron (terutama tembaga dan timah). kurang efektif untuk materi logam yang tebal. Proses ini sangat cocok bagi para pemula yang gres terjun di dunia olah emas ini.Contoh limbah yang cocok dengan metode ini : Kaki RAM komputer, kaki VGAdan VCI lain, panel handphone dan jenis-jenis pcb bermikron yang sudah di scrap sebelumnya (pcb bermikron yang sudah kosong). Keuntungan lain proses ini adalah,cairan sisa prosesnya sanggup dipakai kembali untuk proses berikutnya.lumayan hemat kan.





Sumber http://bloggoedu.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Emas Dari Limbah Elektronik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel