iklan

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, Dll

Contoh Daftar Pustaka – Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pustaka yang baik dan benar. Pembahasan ini nantinya akan sangat penting alasannya yakni di luar sana masih banyak yang belum paham betul mengenai bagaimana penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah penulisan yang benar.


Faktanya, memang terdapat hukum tertentu yang menjadi teladan umum dalam penulisan sebuah daftar pustaka. Aturan tersebutlah yang kemudian akan dijelaskan dalam bentuk aneka macam macan contoh daftar pustaka dalam artikel ini.


Pembahasannya akan dibagi dalam beberapa bagian, yaitu klarifikasi wacana apa itu sebenarnya daftar pustaka, apa fungsi daftar pustaka, hukum penulisan daftar pustaka, dan contoh penulisan daftar pustaka.




Apa itu Daftar Pustaka?


 Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pusta Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, dll
pixabay com


Merangkum dari Wikipedia, daftar pustaka atau disebut juga sebagai bibliografi, sumber acuan, sumber rujukan, atau referensi. Daftar pustaka yakni daftar dari segala sumber materi bacaan yang dipakai dalam penyusunan suatu karya ilmiah.


Berdasarkan kaidah penulisan, apabila kita mengutip beberapa kalimat atau paragraf dari sumber bacaaan lain atau referensi lain ke dalam karya yang kita tulis, maka mau tak mau harus kita selalu pengutip harus mencantumkan sumbernya,


Bentuk sumber bacaan itu sendiri sanggup bermacam-macam, misalnya surat kabar, majalah, jurnal buletin, ensiklopedi, terbitan berkala, hasil penelitian, dan lain sebagainya.


Semua sumber bacaan tersebut sangat bersahabat kaitannya dengan karya ilmiah yang ditulis. Dalam sebuah karya ilmiah, daftar pustaka ditempatkan sehabis isi karangan dan ditulis di dalam halaman khusus tersendiri.


Fungsi Daftar Pustaka


 Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pusta Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, dll
pixabay com


Lalu, mengapa daftar pustaka mesti dicantumkan? Apa alasannya? Nah, setidaknya ada empat fungsi dari pencantuman suatu daftar pustaka diantara ialah sebagai berikut:



  1. Menunjukkan kejujuran penulis sebenarnya goresan pena yang ada di karya ilmiah buatannya bukan merupakan hasil pemikirannya sendiri, namun terdapat sebagian mengambil dari sumber lain;

  2. Memberikan penghargaan dan akreditasi kepada penulis yang buah pemikirannya dalam bentuk goresan pena diambil sebagai materi referensi;

  3. Membantu pembaca yang berniat mengetahui lebih jauh, yakni dengan membaca buku-buku/sumber referensi yang dituliskan;

  4. Memenuhi kelaziman penulisan karya ilmiah.


Aturan Penulisan Daftar Pustaka


 Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pusta Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, dll
pixabay com


Penulisan sebuah daftar pustaka tak boleh dilakukan sembarangan, namun harus mengikuti kaidah yang telah dilazimkan. Aturan tersebut dijelaskan sebagai berikut:



  1. Nama pengarang yang terdiri dari dua unsur atau lebih, penulisannya dibalik dan antara unsur pertama dan unsur kedua diberi tanda koma.

    Contohnya nama pengarang bukunya ialah Zaenuddin Kabai maka di daftar pustaka ditulis: Kabai, Zaenuddin.

  2. Jika pengarangnya ada dua orang, maka yang dibalik hanya nama pengarang yang pertama, kemudian antara nama pengarang pertama dan kedua diberi kata ‘dan’.

  3. Jika pengarangnya ada tiga orang atau bahkan lebih, maka yang dicantunmkan hanya nama pengarang pertama (namun tetap dibalik bila namanya dua unsur atau lebih) diikuti kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).

    Contohnya sebuah buku dikarang oleh empat orang, yakni Niko Febrianur, Habiburrahman, Ahmad Akbar, dan Dian Hariyadi. Maka dalam penulisan daftar pustaka ditulis: Febrianur, Niko dkk.

  4. Gelar akademis, gelar kebangsawanan, dan gelar keagamaan tak dicantumkan. Contohnya Dian Hariyadi, M. Pd cukup ditulis: Hariyadi, Dian.

  5. Urutan penulisan ke samping kanan yaitu: nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tak ada, tulis ‘Tanpa Tahun’, diakhiri titik), nama kota kawasan terbit (diakhiri titik dua), dan terakhir nama penerbit (diakhiri tanda titik).

    Contohnya sebuah buku yang berjudul Cinta dan Keabadian yang dikarang oleh Ahmad Akbar, M. Pd diterbitkan oleh Gema Ilmu, Banjarmasin, pada tahun 2016 maka di daftar pustaka ditulis:

    Akbar, Ahmad. 2016. Cinta dan Keabadian. Banjarmasin: Gema Ilmu.

  6. Urutan penulisan ke samping kanan yakni nama pengarang (dibalik, diakhiri tanda titik), tahun terbit (jika tidak ada, ditulis Tanpa Tahun, diakhiri titik), nama kota kawasan terbit (diakhiri titik dua), dan terkahir nama penerbit (diakhiri tanda titik).

  7. Urutan ke bawah menurut huruf nama pengarang (yang sudah dibalik) dan tidak menggunakan nomor.


Contoh Daftar Pustaka


 Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pusta Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, dll
pixabay com


Berikut ini yakni beberapa contoh daftar pustaka yang penulisannya sudah diubahsuaikan dengan sumber bacaan yang dipakai sebagai rujukan pembuatan karya ilmiah.


Contoh Daftar Pustaka dari Buku


Jika rujukan dikutip dari buku, maka penulisan daftar pustakanya ditulis:


Akbar, Ahmad. 2016. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru: Zein Publishing.

Febrianur, Niko. 2015. Tips Blogger Pemula Mendapatkan Dolar. Banjarmasin: Penerbit SatuKata

Hariyadi, Dian. 2015. Jurus Closing Terampuh Abad Milenium. Jakarta: Penerbit Gema Cahaya


Contoh Daftar Pustaka dari Koran


Kutipan yang berasal dari surat kabar atau koran, maka contoh daftar pustakanya ditulis:



Habiburrahman 11 Januari, 2017. Tahura Mandiangin: Sebuah Tinjauan Sejarah. Tribun Timur, hlm 7 & 8.



Contoh Daftar Pustaka dari Website Internet


Contoh daftar pustaka yang diambil dari situs website internet ditulis:


Febrianur, Niko. 2017. Contoh Penulisan Daftar Pustaka, tekoneko.net/contoh-daftar-pustaka/


Contoh Daftar Pustaka dari Ensiklopedia/Kamus


Kutipan yang berasal dari ensiklopedia atau kamus, maka daftar pustakanya ditulis:


John-Clark, D. 2015. The Truth About Men dan Women. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 30: 556-567.


Contoh Daftar Pustaka dari UU atau Kepres


Republik Indonesia, 2015. Undang-undang Lalu Lintas Nasional Indonesia, Jakarta: Sekretariat Negara.


Contoh Daftar Pustaka dari Presentasi Makalah Seminar


Jika kutipan dari makalah yang dipresentasikan dalam sebuah seminar, maka daftar pustakanya ditulis:


Habiburrahman. 2015. Konsep Matematika dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup. Makalah dipresentasikan pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia, Februari 16-18, Jakarta.


(Makalah oleh Habiburrahman berjudul Konsep Matematika dalam Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, dipresentasikan di Jakarta, Indonesia, pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia.)


Untuk memudahkan, kau sanggup melihat gambar di bawah ini sebagai contoh dalam penulisan daftar pustaka:


 Artikel berikut ini akan berisi panduan lengkap mengenai tata cara pembuatan daftar pusta Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, dll
penting id




Demikian pembahasan wacana penulisan dan contoh daftar pustaka yang baik dan benar untuk buku, jurnal, makalah, internet, ensiklopedi dan lain-lain. Teknik memberikan materi wacana contoh daftar pustaka ini perlu dipilih dari aneka macam macam metode pembelajaran yang ada biar sanggup diserap dengan baik oleh siswa.


Daftar pustaka yang baik dan benar tentu akan menyebabkan karya ilmiah yang kau buat semakin tepat dan menjadi layak diterima keabsahannya.


Semoga sanggup bermanfaat untukmu dan silakan dibagikan. Terima kasih. Salam dari TekoNeko.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Buku, Jurnal, Internet, Makalah, Ensiklopedi, Dll"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel