iklan

Cara Kerja Central Processing Unit (Cpu)

CPU atau yang sering disebut dengan Central Porcessing Unit ini yaitu sebuah perangkat keras pada komputer yang dipakai untuk memerintah dan mengolah data dari perangkat lunak. Sering juga disebur processor, atau otaknya komputer. CPU sering diartikan sebagai gambar berikut ini :
Cara Kerja Central Processing Unit (CPU)
Ya kan ? orang bahkan kita deh sering menganggap itu yaitu CPU. kita juga sering menyebut itu yaitu CPU. padahal itu yaitu SALAH BESAR. coba kalian cek di google dan ketik "cpu komputer" isinya ya gambar2 menyerupai diatas. Itu bahu-membahu SALAH BESAR sekali lagi.

Lalu apa sih CPU itu ?


CPU bahu-membahu sama dengan PROCESSOR. Tau processor ? Kalau gak tau kebangetan banget. hehe
Tapi gakpapa barang kali ada yang gak tau saya kasi tau.

CPU Atau Processor menyerupai yang saya katakan diatas, CPU bentuknyah kecil dan persegi, berisi beberapa konektor logam pada bab bawahnya dan dimasukkan secar alangsung ke soket CPU kita pada motherboard. Biasanya di atas CPU diberi kipas semoga tidak panas.

Nah, sehabis kita tau CPU atau processor ini, kita lantas bertanya2, kemudian apa yang ada di gambar atas tersebut yang biasa kita sebut dengan CPU. Ya itu hanyalah CASING.. hahaha Tapi serius itu bukan cpu tapi hanya casing dari hardware2 kita.

Oke, kini sehabis kita dapat membedakan 2 benda diatas, mari kita lebih lanjut mempelajari apa sih CPU itu.

CPU terbagi menjadi 3 komponen


1. ALU
2. Register
3. Control Unit

Langsung saja pada intinya,
ALU itu berfungsi untuk melaksanakan proses perhitungan aritmatika dan logika sesuai dengan program. Maka dari itu jikalau kita berguru pemrograman yang ada hanyalah if else, for, plus minus, kali , bagi, itu alasannya yaitu kita menjalankan perintah dari ALU .REGISTER, itu sesuai namanya REGISTER yaitu mendaftarkan atau menyimpan data atau isyarat yang akan diproses. darimana data atu isyarat itu berasal, ya dari RAM. simple kan...
CONTROL UNIT, yaitu sebagai sentra dari pengendalian seluruh komputer yaitu mengambil data dan intruksi untuk diproses. Lalu juga berfungsi untuk menentukan apakah intruksi ini adalh intruksi untuk logika atau aritmatika, kemudian juga menjaga kinerja dari ALU, kemudian mengatur input output, dan mengembalikan hasil ke memori utama.

Cara Kerja CPU


Nah ini yang ditunggu2 bahu-membahu bagaimana CPU itu bekerja. bahu-membahu simple sih..
Begini,
Saat kita menjalankan aplikasi (misal firefox.exe) nah kemudian perintah tersbt akan dimasukan ke RAM. Setelah itu si control unit ini memisahkan antara intruksi dan data, yang intruksi ditaruh di jadwal storage sedangkan data ditempatkan di working storage. Setelah itu intruksi dan data tadi akan diambil oleh control unit dan dimasukan ke dalam register. Bila intruksi merupakan logika/aritmatika, maka akan diproses di ALU (seperti tadi yang sudah dijelaskan bahwa ALU berfungsi untuk melaksanakan proses aritmatika dan logika). Setelah di proses di ALU makan hasilnyah akan ditampung di accumulator. Setelah itu akan dikembalikan berupa output. DONE !

Praktis kan ? itu ia cara kerja dan pengertian dari CPU. Semoga bermanfaat :D



Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Kerja Central Processing Unit (Cpu)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel