iklan

10+ Manfaat Laporan Keuangan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Manfaat laporan keuangan antara lain sanggup mengetahui jejak acara perusahaan 1,2,3,4,5 & 10 tahun yang lalu, sekaligus sanggup memprediksi acara perusahaan di masa depan.


Dari Laporan Laba Rugi, Neraca, Laporan Arus Kas dan Laporan Perubahan Modal, kita sanggup mengetahui bagaimana operasi dan perkembangan kekayaan perusahaan dari waktu ke waktu.


Itulah salah satu kegunaan atau manfaat laporan keuangan!


Laporan keuangan memperlihatkan banyak info yang berkhasiat bagi administrasi perusahaan, investor/calon investor,  menyerupai Warburg Pincus, Farallon Capital dua investor Go-jek.


Selain itu, juga berkhasiat bagi kreditor/calon kreditor, pemerintah (pajak), karyawan dan pihak-pihak yang berkepentingan.


Apa saja manfaat laporan kruangan?


Yuk dibahas satu per satu…


 


01. Manfaat Laporan Keuangan


 Penyimpangan Penyajian Laporan Keuangan 10+ Manfaat Laporan Keuangan yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Dari laporan keuangan kita sanggup mengetahui tanggapan dari 10 (sepuluh) pertanyaan berikut ini :


  1. Seberapa besarkah perusahaan?

  2. Apakah perusahaan mengalami pertumbuhan?

  3. Apakah perusahaan mendapat atau kehilangan uang?

  4. Apakah perusahaan mempunyai persentase aset lancar terhadap aset tetap yang tinggi?

  5. Sampai sejauh apa perusahaan memakai utang atau ekuitas untuk mendanai asetnya?

  6. Apakah perusahaan lebih mengandalkan utang jangka pendek atau utang jangka panjang?

  7. Apakah perusahaan menerbitkan utang atau ekuitas gres dalam beberapa tahun belakangan ini?

  8. Apakah perusahaan melaksanakan pengeluaran modal yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir?

  9. Apakah perusahaan mempunyai jumlah kas di tangan yang tinggi atau Apakah perusahaan sedang menghadapi kekurangan kas?

  10. Apakah saldo kas dari waktu ke waktu mengalami kenaikan atau penurunan?


Itulah paling tidak ada 10 hal yang sanggup kita ketahui dari sebuah laporan keuangan perusahaan.


Dan bila anda ingin mengetahui bentuk laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan mabufaktur, jangan ditunda, eksklusif saja ke: 15+ Contoh Laporan Keuangan Lengkap. contoh-contoh laporan sanggup juga di-d0wnl0ad dalam bentuk laporan keuangan PDF.


 


02. Penyimpangan Penyajian Laporan Keuangan


 Penyimpangan Penyajian Laporan Keuangan 10+ Manfaat Laporan Keuangan yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Selain mempunyai manfaat laporan keuangan juga mempunyai beberapa kekurangan yang dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.


Sehingga, pada waktu yang bersamaan, pihak-pihak yang berkepentingan termasuk investor perlu waspada ketika meninjau laporan keuangan.


Walaupun ada ketentuan yang mengharuskan perusahaan untuk menyusun laporan keuangan dengan standar yang telah disyaratkan, namun pihak perusahaan masih mempunyai keleluasaan untuk tetapkan bagaimana dan kapan suatu transaksi dilaporkan.


Akibatnya, dua perusahaan dengan situasi dengan kondisi operasi yang sama persis mungkin menyusun laporan keuangan yang memperlihatkan kesan berbeda perihal kekuatan finansialnya.


Beberapa variasi sanggup berasal dari perbedaan pendapat perihal cara yang benar dalam mencatat suatu transaksi.


Pada kasus lain, perusahaan mungkin lebih menentukan untuk melaporkan angka-angka dengan cara yang membantu mereka menyajikan entah itu keuntungan yang lebih tinggi atau keuntungan yang lebih stabil dalam jangka panjang.


Sepanjang mereka tetap mengikuti standar akuntansi keuangan (SAK) yang berlaku, tindakan-tindakan menyerupai itu bukanlah suatu tindakan ilegal.


Hanya saja, pihak ekternal menyerupai investor perlu pengetahuan yang baik supaya sanggup membandingkan perusahaan  dan menilai kinerja yang sebenarnya.


 


03. Modifikasi Penyajian Laporan Keuangan


 Penyimpangan Penyajian Laporan Keuangan 10+ Manfaat Laporan Keuangan yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Apakah laporan keuangan sanggup dimodifikasi, bagaimana format dan caranya?


Begini caranya….


Contoh kasus menyerupai ini ialah dengan mengubah metode penyusutan, mekanisme evaluasi persediaan dan seterusnya yang akan menghipnotis keuntungan yang disajikan dalam laporan keuntungan rugi.


Ada perusahaan yang melaksanakan lebih saji arus kas operasinya. Bagian laporan arus kas yang paling menarik. Perusahaan melaporkan kas yang berasal dari operasi dua kali lebih besar dari yang sebesarnya.


Caranya?


Saat perusahaan menjual produknya kepada distributor, perusahaan mencatatnya sebagai piutang usaha, yang seharusnya disajikan dalam bab AKTIVITAS OPERASI sebagai suatu penggunaan kas.


Namun perusahaan mengklasifikasikan piutang perjuangan ini sebagai PINJAMAN kepada biro dan melaporkannya sebagai suatu acara pendanaan. Keputusan ini melipatgandakan arus kas dari operasi yang dilaporkan.


Cara ini tidak menghipnotis kas simpulan periode, tapi akan menciptakan operasi terlihat lebih berpengaruh daripada kenyataan sebenarnya.


Dampak lainnya ialah kenaikan piutang yang dilaporkan sebagai penggunaan kas akan berpindah ke bab acara pendanaan sehingga menyebabkan kas perusahaan yang berasal dari operasi naik.


Hal ini akan menciptakan perusahaan terlihat lebih baik, tapi bersama-sama hanyalah menyerupai bayangan semu.


Itu salah satu pola ‘modifikasi’ penyajian laporan keuangan.


 


04. Kesimpulan


Semua kebijakan terkait dengan laporan keuangan harus benar-benar dilakukan secara baik.


Tujuannya supaya manfaat laporan keuangan bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan menyerupai investor dan regulator mendapat data keuangan yang akurat.


Baik itu laporan keuntungan rugi, laporan posisi keuangan (neraca), laporan perubahan modal, dan laporan arus kas, semuanya penting!


Oleh alasannya itu perusahaan dan pihak terkait dikala akan melaksanakan pengambilan keputusan yang efektif perlu melaksanakan beberapa modifikasi dan simulasi laporan keuangan yang paling akurat dan transparan.


Sehingga sebuah laporan keuangan tidak hanya sebagai sebuah JEJAK perusahaan di masa lalu, namun juga sebagai pertimbangan utama untuk pengambilan keputusan strategis di MASA DEPAN.


***



Sumber https://manajemenkeuangan.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10+ Manfaat Laporan Keuangan Yang Mungkin Belum Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel