iklan

✔ Pola Body Email Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Lengkap!

Contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar merupakan salah satu syarat dikala menciptakan atau mengirim surat untuk melamar pekerjaan via online yang menarik khususnya untuk HRD perusahaan.Selain cara penulisan yang bagus,kalimat di bodi surel atau kata-kata juga harus anda perhatikan dikala menulisnya.

Saya akan memperlihatkan beberapa teladan penulisan dikala menulis body surat lamaran kerja via email lengkap dengan penjelasanya.Silahkan anda pelajari bentuk-bentuk yang akan saya berikan dan silahkan pilih mana yang terbaik berdasarkan anda.


Body Email Surat Lamaran Pekerjaan




Contoh body email lamaran kerja yang baik dan benar merupakan salah satu syarat dikala membu ✔ Contoh Body Email Lamaran Kerja yang Baik dan Benar LENGKAP!






Body Email ialah isi atau kalimat yang dituliskan dalam sebuah email yang menggambarkan maksud dan tujuan surel tersebut dikirimkan.Ketika seseorang mengirimkan lamaran lewat media email,bagia ini tidak boleh dianggap sebelah mata atau beranggapan bahwa serpihan ini tidak penting.


Apakah bodi email harus diisi atau dikosongkan?

Ada dua opini yang beranggapan bahwa serpihan ini " boleh kosong boleh diisi ".Saya sendiri mempunyai sebuah pendapat bahwa serpihan ini " HARUS ANDA ISI ",kenapa?

Alasan kenapa bodi email harus diisi apa? Ada beberapa point yang menciptakan saya beropini ibarat itu,antara lain :

  • Surel anda akan lebih terlihat profesional
  • Lebih terlihat " sungguh-sungguh "
  • Menjelaskan dengan lebih detail maksud dan tujuan surel anda dikirmkan
  • Sebagai bentuk " menghormati " HRD/Penyeleksi di sebuah perusahaan

Untuk mereka yang beropini bahwa serpihan ini boleh dikosongkan mempunyai sebuah alasan,yaitu sebab sudah diwakilkan dengan file/berkas/dokumen yang dikirmkan ketika melemar pekerjaan.Opini tersebut memang sah-sah saja,karena memang tidak ada aturan yang mengtaur untuk hal ini.

Tetapi sekali saya sampaikan bahwa,pengisian bodi email ketika melamar kerja mempunyai maksud lain selain memberitahukan tujuan surel yang anda kirimkan.


Tujuan dan Maksud bodi email itu apa?

Seperti yang saya katakan diawal bahwa menulis isi di sebuah surel mempunyai beberapa tujuan peting didalamnya,antara lain :
  • Menekankan maksud dari surel yang anda kirimkan
  • Menjelaskan dengan lebih detail peruhal surel yang anda kirim kepada si penerima
  • Sebagai media untuk " mempromosikan " diri anda khususnya dengan bentuk kalimat yang menarik
  • Meyakinkan pihak penyeleksi bahwa anda memang layak untuk diberikan kesempatan
  • Menghindari evaluasi " buruk " HRD yang mungkin saja sanggup beranggapan bahwa anda hanya main-main saja mengirimkan surelnya
  • Menghindari " kesalah fahaman " peserta yang sanggup saja beranggapan bahwa anda mengirimkan surel yang belum tamat ditulis

Dari beberapa tujuan atau fungsi diatas,bisa anda simpulkan sendiri bahwa penulisan bodi e-mail menjadi point yang sangat penting.


Point penting dalam menulis/penulisan bodi email

Dalam penulisanya nanti,ada beberapa point penting yang harus anda perhatikan ketika menuliskan kalimatnya,antara lain :
  • Tujuan surel anda
  • Orang yang anda tuju siapa
  • Informasi yang anda dapatkan diperoleh darimana
  • Sedikit " promosi diri "
  • Penggunaan bahasa yang sesuai EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan )

Secara garis besar itulah yang harus ada didalam sebuah kalimat panjang yang akan anda tuliskan dalam bodi surel nanti.


Contoh Body Email Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Pekerjaan


Setelah anda mengerti beberapa pembahasan pantingnya,sekarang saya akan memperlihatkan teladan penulisan bodi email surat lamaran pekerjaan berdasarkan posisi atau jabatan yang dilamar,berikut daftarnya :


1. UMUM


Ini ialah bentuk yang " umum " dipakai oleh para pelamar khususnya untuk mereka yang melamar untuk posisi/jabatan apapun yang kosong,dalam artian tidak ada posisi khusus yang ditawarkan oleh perusahaan ( perusahaan hanya membuka lowongan tanpa memberitahukan posisi apa yang sedang kosong ).

Kurang lebih ibarat berikut :

- Kepada
  YTH : Kepala Personalia PT Astra Honda Motor
  Di Tempat

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari kantor post yang memberitahukan bahwa perusahaan BAPAK/IBU sedang membuka lowongan pekerjaan,dengan ini saya mengajukan lamaran untuk mengisi posisi yang kosong tersebut.

Untuk berkas persyaratan dan dokumen kelengkapanya sudah saya lampirkan bersamaan dengan surel ini.

Besar impian saya untuk sanggup dterima dan bekerja di perusahaan yang BAPAK/IBU pimpin.Atas perhatianya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya :

Puji Hartono


Tuliskan saja dengan padat singkat dan terang sebab memang tidak ada posisi spesifik yang diberikan.Jadi anda tidak perlu menuliskanya dengan panjang lebar apalagi menjabarkan kahlian anda ( takutnya keahlian dan posisi yang diperlukan berbeda,anda akan menjadi kandidat yang tidak cocok nantinya ).


2. PERUSAHAN/PABRIK/PT


Dalam sebuah perusahaan atau PT biasanya terdapat beberapa posisi atau jabatan yang ditawarkan ibarat : Operator,QC,Leader,Manager,STAFF,Marketing dan posisi lainya.Untuk hal ini,anda hanya perlu menuliskan jabatan yang anda lamar dan tambahkan point plus ibarat keahlian khusus jka memang anda punya.

Saya akan berikan percontohan untuk serpihan QC ( Quality Control ) :

- Kepada
  YTH : Kepala HRD PT Pertambangan Indonesia
  Di Tempat

Dari info yang saya peroleh di website resmi PT PI bahwa perusahaan BAPAK/IBU sedang membutuhkan tenaga jago untuk posisi QC,maka dengan ini saya bermaksud untuk melamar dan mengisi jabatan yang kosong tersebut.

Saya sudah berpengalaman selama 2 tahun manjadi seorang Quality Control Analyst di PT Batu Bara Indonesia dan mempunyai beberapa keahlian bersertifikasi ibarat :
  • Penggunaan mesin cek analyst
  • Penggunaan alat ukur
  • ( silahkan anda sesuaikan sendiri )
Persyaratan berkas dokumen sudah saya upload sebagai materi pertimbangan BAPAK/IBU.Atas perhatianya saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya

Karina Dian


Untuk jabatan yang ditentukan,anda sanggup melaksanakan sedikit " promosi " khususnya keahlian yang anda miliki dan tentunya harus sesuai dengan lowongan yang sedang dibuka.Hanya saja,bahasanya tidak perlu terlalu berlebihan,secukupnya dan sewajarnya saja.

Anda juga sanggup memakai conth ini untuk banyak sekali lowongan antara lain :
  • Rumah Sakit ( perawat,suster,marketyng dan lainya )
  • PNS ( Guru,Karyawan BUMN dan lainya )
  • Swasta ( Toko swalayan/Mall,supermarket dan lainya )
Anda hanya perlu menuliskan posisinya dan sedikit promo keahlian khusus yang anda miliki sebagai point plus untuk HRD dan sebagai point persaingan anda dengan pelamar lainya.Untuk yang lainya anda sanggup menyesuaikan berdasarkan teladan yang saya berikan diatas.


Hal yang tidak boleh dilakukan/dituliskan

Selain point penting,ada beberapa point yang " dihentikan " untuk anda tuliskan didalamnya,antara lain :
  • Menggunakan bahasa INFORMAL ( loe,gw dan sebagainya )
  • Menggunakan kalimat tidak baku ( untuk ---> buat , kemudian ---> terus ) dan lainya
  • Menuliskanya TERLALU PANJANG dan bertele-tele
  • Menggunakan nama panggilan ( selalu gunakan nama lengkap orisinil )
  • Menyingkat kata/kalimat ( yang ---> yg , dan ---> & ) dan sebagainya
  • Menuliskan insiden " buruk " di perusahaan sebelumnya
  • Melampirkan/upload berkas palsu
Walaupun terlihat sederhana dan mudah,tetapi tidak segampang itu dan butuh konsentrasi penuh ketika menuliskanya.Tulislah dengan sungguh-sungguh sebab anda akan bersaing dengan puluhan pelamar lainya.


TAMBAHAN

Selain bodi e-mailnya,ada beberapa serpihan atau hal yang sangat penting dan tidak boleh anda lupakan.Jangan sebab terlalu fokus kepada bodi mailnya,anda melupakan hal ini.Beberapa hal penting itu antara lain :
  • Alamat peserta ( pastikan yang anda tuliskan benar sebab salah 1 abjad maka surel anda tidak akan terkirim )
  • Subject ( isikan dengan tujuan anda mengirim surel tersebut )
  • CC dan BCC ( kosongkan saja )
  • Ukuran e-mailnya ( janga terlalu besar,maksimal biasanya 300kb )
  • Berkas/dokumen yang anda upload ( selain ukuran harus kecil,kualitas gambar dan tanggal kadaluarsanya juga harus anda cek )

Kesalahan FATAL yang sering dilakukan dan tidak boleh anda lakukan juga

Ada beberapa kesalahan fatal berkaitan dengan surat lamaran pekerjaan lewat email ini antara lain :
  • Terlalu menyepelekan ( asal kirim saja ) ingat yaa,anda mencari sebuah masa depan yang lebih baik,jadi lakukan dengan baik juga
  • Terlalu fokus dalam penulisan bodi e-mail sehingga melupakan point penting lainya ( ibarat yang saya tuliskan di paragraf sebelumnya )
  • Melakukan kesalahan dalam pengolahan berkas/dokumen ( ukuranya besar,kualitasnya amburadul dan filenya sudah melebihi batas masa berlaku semua )

Saya harapkan dengan membaca dan mempelajari banyak sekali hal diatas,anda sanggup melaksanakan pengiriman surel dengan lebih baik dan lebih profesional juga.


BACA :





Demikian pembahasan perihal beberapa teladan penulisan body email lamaran pekerjaan yang baik dan benar untuk banyak sekali posisi atau jabatan.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Pola Body Email Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel