iklan

Pernah Melihat File Pagefile.Sys ? File Apa Itu ?


Pengertian

pagefile.sys ialah sebuah file yang dikembangkan oleh microsoft untuk sistem operasi windows yang bertujuan untuk dijadikan memori virtual sistem. Pagefile.sys ini biasanya terletak di C:\pagefile.sys dan memang defaultnya berada disitu. Saat kau melihat file tersebut artinya kau menonaktifkan fitur hidden file.

Kita harus tau bahwa komputer kita itu menyimpan program, dan proses-proses lainnya disimpan dalam RAM. Mengapa harus di dalam RAM ? Karena jikalau kita menyimpan di dalam hardisk, maka itu akana memperlambat proses. Karena RAM lebih cepat daripada hardisk. Nah kemudian bagaimana jikalau RAM kita penuh ? Jika penuh, maka windows akan memindahkan beberapa data yang berasal dari RAM menuju ke hardisk kita.

Nah data-data yang tersimpan dalam hardisk itu akan disimpan dalam satu file yang berjulukan pagefile.sys. Page File ini tentu sangat penting, alasannya ialah apabila ketika kita membuka kegiatan kemudian tiba-tiba muncul error bahkan hingga hang, maka data tetap tersimpan di dalam hardisk sehingga aman.

Contohnya menyerupai ini, coba Anda membuka salah satu kegiatan pada windows Anda. Contoh aja buka browser. Lalu minimize browser tersebut dan bukalah kegiatan lainnya (contoh microsoft word). Lalu sesudah beberapa usang kemudian cobalah membuka lagi browser Anda, maka akan ada proses yang sedikit lebih lama. Hal tersebut terjadi alasannya ialah windows akan membaca dari page file dulu. Dan Anda dapat lihat lampu hardisk Anda akan berkedip.


Page File Harus Diaktifkan Atau Dinonaktifkan ?


Jawabannya mudah aja, kalo Ram Anda kecil, maka gunakan pagefile, tapi kalo RAM Anda cukup besar, maka tidak harus memakai page file ini.

Lalu bagaimana cara mengaktifkannya ?

1. Masuk start
2. Lalu ketik "Advance System"
3. Lalu enter / buka
4. Pilih "Advance", lihat pada "performance" kemudian klik setting
5. Lalu pilih tab "Advanced" kemudian klik change
6. Lalu hilangkan centang pada "Automatically manage paging file size for all drives"
7. Lalu pilih "Custom size" dan masukan ukurannya sesuai kebutuhan Anda

Semoga bermanfaat :D
Sumber http://komputer67.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pernah Melihat File Pagefile.Sys ? File Apa Itu ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel