iklan

Pengertian Virtual Box Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya - VirtualBox atau yang dikenal sebagai Oracle VM VirtualBox ialah mesin virtual open source untuk sistem komputer 32 bit (x86) yang tersedia secara gratis dan komersial.

 Perangkat lunak VirtualBox ketika ini dikembangkan oleh Oracle Corporation. VirtualBox yang dirilis secara gratis ada di bawah lisensi GPL versi 2, untuk komponen suplemen yang tersedia sesuai persyaratan lisensi PUEL.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database

VirtualBox sanggup diinstal di beberapa sistem operasi host termasuk di Linux, MacOS, Windows, Solaris, dan OpenSolaris. Untuk mengetahui sebagian besar pola sistem operasi komputer dan klarifikasi ibarat host OS VirtualBox dan lain-lain.

Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Virtual Box beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Perangkat lunak ini mendukung terciptanya administrasi mesin virtual tamu dan turunannya dari Windows, Linux, BSD, OS / 2, Solaris, haiku, OS x86, dan lain-lain. Untuk Apple hanya terbatas virtualisasi yang tersedia pada perangkat keras mac OS tamu.

Perangkat lunak VirtualBox sanggup memungkinkan pengguna menjalankan sistem operasi di sistem operasi lain. Entah itu Windows, Linux, atau sistem operasi lain yang sanggup dijalankan melalui VirtualBox.

Misalnya jikalau kita ingin memuat sistem operasi lain di windows 8 alasannya ialah kelebihan dan kekurangan windows 8. Kita sanggup memakai VirtualBox untuk melakukannya.

Cukup melamar dari VirtualBox yang ibarat dengan proses emulasi android di komputer. Emulator android terbaik sanggup melaksanakan hal yang sama dengan VirtualBox.

Vmware Player dan VirtualBox ialah dua paket perangkat lunak virtualisasi untuk sistem arsitektur komputer x86. Kedua perangkat itu ialah perangkat lunak yang banyak dipakai oleh masyarakat pada umumnya.

VirtualBox bila dibandingkan dengan VMware Player tidak mempunyai perbedaan yang signifikan sehingga sulit untuk memilih mana yang terbaik alasannya ialah keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan dari VirtualBox

Salah satu laba dari VirtualBox ialah penggunaannya yang sederhana dan proses instalasi yang mudah. Tidak butuh waktu usang untuk mend0wnl0ad dan menginstal perangkat lunak.

Kesederhanaannya juga menciptakan VirtualBox menjadi pilihan terbaik bagi pengguna rumahan yang ingin memakai Sistem Operasi yang berbeda pada komputer mereka.

Ukurannya yang kecil menciptakan perangkat lunak ini sanggup disimpan dengan memakai ukuran yang relatif kecil pada pengguna ruang hard disk. Inilah laba lain dari VirtualBox.

memperlihatkan built-in GUI berbasis Wizard untuk mengkloning sebuah VM,
memperlihatkan snapshot VM built-in, dan mendukung snapshot secara ganda,
mendukung banyak penggambaran disk gambar (misalnya, vmdk, vhd, hdd, qed, dan qcow),
mendukung beberapa monitor virtual untuk tamu dari VM,
sanggup diinstal OS X sistem operasi, Windows 7, Windows 2008 Server, Solaris, OpenSolaris, FreeBSD,
upgrade versi minor yang ada lebih sering terjadi,
Built in-command line terlihat lebih komprehensif, untuk menciptakan dan menjalankan VM. (misalnya VboxManage).

Kekurangan dari VirtualBox

Bila dibandingkan dengan workstation Windows Virtual PC dan Vmware. VirtualBox tidak muncul dengan banyak fitur yang berbeda secara signifikan.

Baca juga: Konsep Sistem Virtualisasi dengan VMware

Meski fitur yang ada di VirtualBox sudah cukup bagi pengguna biasa untuk menjalankan software, terkadang beberapa pengguna VirtualBox membutuhkan penggunaan lebih banyak fitur semoga sanggup menjalankan aneka macam kiprah yang lebih kompleks. Berikut ialah beberapa kelemahan dalam VirtualBox:

Selain kekurangan yang telah disebutkan jikalau memakai VirtualBox juga ada kekurangan dalam hal keamanan. Bila Anda membuka saluran komunikasi, jikalau koneksi tidak aman, pihak yang tidak bertanggung jawab sanggup menyalahgunakan akses.

Dalam situasi tertentu penggunaan mesin virtual untuk memuat sistem operasi atau aplikasi yang tidak dipercaya. Tamu suplemen sanggup mengatakan duduk perkara gres alasannya ialah munculnya risiko negatif yang sanggup terjadi.

Ada lebih banyak isyarat di loader keamanan, serta risiko bug yang sanggup memasukkan isyarat gres ke mesin virtual yang sanggup mensugesti performa host.

Fitur suplemen yang ada sanggup meningkatkan efisiensi penggunaan VirtualBox, namun hal ini sanggup menciptakan data yang terkandung di dalamnya juga rentan terhadap penyalahgunaan. Misalnya sebuah aplikasi di Virtual Machine sanggup mengintip atau menyalin semua konten clipboard pada host.

NAT dari VM tamu diisolasi dari yang lain, dan tidak sanggup berkomunikasi satu sama lain.
Bridged Networking atau host-only networking dibutuhkan jikalau tamu VM perlu berkomunikasi satu sama lain pada jaringan layer 2.
Tidak mendukung pemberian virtualisasi sarang perangkat keras.
Tidak mendukung penggunaan tipe USB 3.0
VirtualBox sebagai salah satu perangkat lunak Virtual Machine juga sanggup melaksanakan pengoperasian jenis cloud computing dengan aneka macam metode yang sanggup meningkatkan kinerja komputasi awan.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Virtual Box Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel