iklan

Pengertian, Macam-Macam Energi Dan Sumber Energi Yang Ada Di Alam

Macam-macam Energi – Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di dalamnya terdapat banyak sekali macam keajaiban yang lahir dari banyak sekali interaksi banyak sekali unsur.


Sebagai contohnya adanay energi yang menjadikan bumi bisa menghasilkan banyak sekali manfaat untuk kebutuhan makhluk hidup di dalamnya.


Ada banyak sekali energi yang terdapat di bumi, sebagai darinya bahkan telah dimanfaatkan oleh makhluk hidup sebagai sarana menopang kehidupan mereka hingga ribuan tahun lamanya hingga ketika ini.


Lalu, apa bahwasanya energi itu dan apa saja macam-macam energi? Berikut yakni ulasannya.



Pengertian Energi


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Dikutip dari Wikipedia, yang dimaksud dengan energi ialah properti fisika dari sebuah objek, sanggup berpindah melalui interaksi fundamental, sanggup diubah bentuknya. Namun, energi tak sanggup diciptakan ataupun dimusnahkan tapi hanya bisa berubah bentuk menjadi energi lain.


Macam-macam Energi


Berikut yakni macam-macam energi yang terdapat di bumi, sebagian ada yang dihasilkan dari perubahan energi tertentu sehingga menghasilkan energi lain.


Energi Bunyi


Bunyi dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Saat kita mendengar guntur yang keras, kadang beling jendela rumah bisa ikut bergetar atau bahkan pecah.


Hal tersebut dikarenakan suara merupakan salah satu bentuk energi yang merambat melalui mediator udara. Sebenarnya, ketika terjadi guntur energi yang diciptakan darinya tidak hanya mengenai beling tapi seluruh penggalan rumah.


Namun, energi yang dihasilkan guntur tersebut tak cukup besar untuk bisa menggetarkan penggalan rumah yang lainnya.


Energi Cahaya


Energi ini diperoleh dari benda-benda yang bisa memancarkan cahaya seperti, matahari, api, dan lampu. Biasanya energi cahaya disertai dengan hadirnya energi lain menyerupai kalor. Bahkan dalam penggunaan sel surya, cahaya yang dipancarkan oleh matahari sanggup diubah menjadi energi listrik.


Energi Kalor


Masih ingat dengan kata kalor? Kalor ialah bentuk energi yang bisa menimbulkan perubahan suhu serta perubahan wujud zat. Energi ini umumnya merupakan hasil sampingan dari perubahan bentuk energi lainnya.


Misal, perolehan energi kalor dari energi kimia menyerupai dalam pembakaran materi bakar. Kalor juga didapatkan dari energi kinetik benda-benda yang bergesekan. Contohnya ketika kita menggosok-gosokkan kedua telapak tangan kita.


Energi Kimia


Energi kimia ialah energi yang dilepaskan selama proses reaksi kimia. Contoh energi ini ialah makanan yang kita makan. Makanan yang sering kita makan mengandung unsur kimia di dalamnya.


Di dalam tubuh, unsur kimia yang terkandung dalam makanan tersebut nantinya akan mengalami reaksi kimia. Selama proses tersebut, unsur-unsur yang bereaksi akan melepaskan energi kimia.


Energi kimia yang dilepaskan tersebut nantinya akan membantu metabolisme badan kita untuk menunjang kegiatan keseharian kita sehari-hari.


Energi Kinetik


Energi kinetik ialah energi yang dimiliki suatu benda alasannya geraknya. Makin besar kecepatan (v) suatu benda bergerak maka akan makin besar pula energi kinetiknya. Selain, semakin besar massa benda (m) yang bergerak maka akan semakin besar pula energi kinetiknya.


Secara matematis dirumuskan sebagai berikut:


Ek = 1/2 ( m.v2 )


Energi Listrik


Senter yang menyala ketika kita pakai merupakan salah satu bentuk penggunaan energi listrik. Energi listrik ini terjadi dikarenakan adanya muatan listrik yang bergerak.


Dari muatan listrik yang bergerak inilah yang kemudian menimbulkan arus listrik. Energi ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, menyerupai contohnya untuk penerangan.


Selain itu, energi listrik juga digunakan untuk menggerakkan mesin-mesin. Contohnya saja untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik untuk kebutuhan sehari-hari.


Pembangkit listrik tersebut tentu mendapat energi dari banyak sekali sumber energi contohnya dari nulkir, angin, matahari, atau air. Sedangkan kalau ingin menghasilkan energi listrik yang kecil bisa menggukan baterai, aki, atau generator.


Energi Mekanik


Pernah kejatuhan sesuatu dari atas? Mengapa ketika kaki atau tangan kita yang kejatuhan jeruk akan terasa sakit? Sebab jeruk tersebut mempunyai energi yang disebut sebagai energi mekanik.


Ketika buah jeruk masih berada di pohon, energi mekaniknya sama besarnya dengan energi potensial. Ketika jatuh, dan hingga di bawah energi mekaniknya akan sama dengan energi kinetiknya.


Energi mekanik ialah energi yang dimiliki oleh benda alasannya sifat geraknya. Besar energi mekanik (Em) merupakan hasil penjumlahan dari energi kinetik (Ek) dan energi potensial (Ep). Secara matematis sanggup dituliskan menyerupai ini:


Em = Ep + Ek


Energi Nuklir


Energi ini dihasilkan dari proses reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi di inti atom yang pecah atau bergabung menjadi inti atom yang lain dan partikel lain kemudian melepaskan energi kalor.


Reaksi nuklir terdapat di matahari, bom nuklir, serta reaktor nuklir. Energi yang dihasilkan dari reaksi nuklir sangatlah besar sehingga sanggup digunakan untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik.


Energi Pegas


Semua benda yang lentur atau lentur mempunyai energi pegas ini. Misalnya ialah per, busur, pegas, ketapel, trampolin, dan lain-lain. Saat kita menekan, menggulung, menarik, atau merenggangkan suatu benda lentur maka ketika dilepaskan maka ia akan kembali ke bentuknya semula.


Saat kita memperlihatkan gaya pada benda itu, maka energi yang dihasilkan ialah energi potensial. Sedangkan, ketika dilepaskan makan energinya bermetamorfosis energi kinetik.


Energi Potensial


Energi potensial yakni energi yang dipunyai oleh suatu benda alasannya posisinya (kedudukannya) terhadap suatu acuan. Contohnya, kerikil yang diangkat pada suatu ketinggian tertentu akan mempunyai energi potensial.


Jika massa kerikil besar makan energi yang dimiliki juga akan besar. Batu yang mempunyai energi potensial yang disebabkan gravitasi bumi maka energinya akan disebut energi potensial bumi.


Energi potensial (Ep)bumi tergantung pada massa benda (m), gaya gravitasi (g) , serta ketinggian benda (h). Sehingga sanggup dituliskan sebagai berikut:


Ep = m.g.h


Sumber-sumber Energi


Setelah mengetahui macam-macam energi, ada baiknya kita mengetahui sumber-sumber energi yang bisa menghasilkan energi-energi di atas, yaitu:


Air


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Benda yang membisu mempunyai energi yang disebut sebagai energi potensial. Sedangkan ketika benda bergerak mempunyai energi yang disebut energi potensial.


Sama halnya dengan sumber energi berupa air. Contohnya saja, air terjun. Energi yang dihasilkan dari gerojokan digunakan untuk menggerakkan turbin pada PLTA.


Selain itu, air yang mengalir digunakan sebagai alat transportasi di beberapa tempat di Indonesia, contohnya menyerupai di Kalimantan Selatan.


Angin


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Angin merupakan udara yang bergerak. Ternyata angin sanggup dijadikan sebagai sumber energi kalau dikelola dengan baik. Salah satu negara yang memanfaatkan angin sebagai sumber energi ialah Belanda sehingga populer dengan sebutan negara kincir angin.


Di Belanda, kincir tersebut digunakan sebagai alat bantu untuk menggiling gandum. Sedangkan bagi nelayan, angin dimanfaatkan sebagai pencetus kapal layar.


Ketika pergi melaut nelayan memanfaatkan angin laut, sedangkan ketika pulang ke daratan mereka memanfaatkan angin darat.


Baterai


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Baterai menyimpan energi yakni energi kimia. Dalam penggunaannya energi kimia tersebut akan bermetamorfosis energi listrik. Baterai sanggup kita temui digunakan dalam beberapa perangkat menyerupai kendaraan beroda empat mainan, jam dinding, remote control, radio, kamera, dan bahkan kendaraan beroda empat dan motor bertenaga baterai.


Listrik


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Salah satu energi yang berasal dari alam. Beberapa jago menganggap bahwa listrik merupakan sumber energi yang tak terbatas menyerupai cahaya matahari.


Listrik yang dihasilkan dari arus listrik umumnya dihasilkan dari pembangkit listrik. Bisa berupa PLTA (air), PLTS (surya/matahari), PLTU (uap), atau PLTD (diesel).


Makanan


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Sumber energi ini hanya bisa dirasakan oleh makhluk hidup. Sebagai contoh, kita ketika kelaparan niscaya akan mencicipi badan menjadi lemas. Tapi, sesudah kita makan maka kita akan kembali bugar.


Mengapa? Sebab makanan yang sebelumnya kita makan telah bermetamorfosis energi. Setelah berenergi kembali, kita akan sanggup beraktivitas kembali.


Sama halnya dengan binatang serta tumbuhan. Oleh alasannya itu, makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup.


Matahari


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Seperti yang sudah kita ketahui matahari merupakan salah satu dari bintang. Bintang ialah benda langit yang mempunyai cahaya sendiri.


Jika kita bandingkan matahari dengan bintang yang lain, matahari tampak berukuran lebih besar. Mengapa? Hal tersebut lantaran jarak antara bumi dan matahari terpaut lebih bersahabat dibanding jarak bintang yang lain.


Matahari merupakan sumber energi kalor’/panas serta menjadi sumber cahaya terbesar di bumi. Tanpanya, tak akan ada kehidupan di bumi.


Selain menghangatkan bumi, matahari juga sangat dibutuhkan makhluk hidup lain. Untuk tumbuhan misalnya, cahaya matahari dibutuhkan untuk proses fotosintesis.


Fotosintesis merupakan proses pembuatan makanan yang terjadi di sel tumbuhan. Hasil dari proses ini yaitu oksigen serta karbon dioksida.


Manusia dan binatang tentu sangat bergantung pada tumbuhan. Jika proses fotosintesis tidak ada, maka kehidupan insan dan binatang tentu akan terancam.


Lalu, bagaimana dengan manusia? Apakah insan juga memerlukan matahari? Tentu, insan memakai cahaya matahari untuk keperluan sehari-hari, menyerupai menjemur pakaian, padi, atau ikan asin.


Bahkan teknologi insan kini sanggup memanfaatkan matahari sebagai sumber energi yang ramah lingkungan dengan memakai sel matahari.


Minyak Bumi


 Bumi hadir dengan segala ketakjuban yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa Pengertian, Macam-Macam Energi dan Sumber Energi yang Ada di Alam
pixabay.com


Minyak bumi merupakan materi bakar yang terbuat dari fosil. Penggunaan minyak bumi haruslah melalui proses pengolahan terlebih dahulu.


Hasil pengolahan minyak bumi yakni berupa solar, avtur, aspal, bensin, dan minyak tanah. Bensin umum digunakan untuk materi bakar kendaraan.


Solar digunakan untuk mesin diesel sedangkan avtur digunakan sebagai materi bakar untuk pesawat terbang. Sedangkan minyak tanah untuk materi bakar kompor dan aspal untuk menciptakan jalan atau sebagai penghalusnya.


Kadar penggunaan materi bakar dari minyak bumi haruslah ekonomis alasannya jumlahnya sangat terbatas dan termasuk sumber daya yang tak sanggup diperbarui.


Selain itu, materi bakar ini juga menghasilkan polusi sesudah digunakan. Adanya polusi inilah yang kemudian sanggup merusak lingkungan kalau tak diimbangi dengan pelestarian lingkungan.




Demikian pembahasan mengenai macam-macam energi, serta pengertian, dan juga sumber energi. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan umum untukmu.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian, Macam-Macam Energi Dan Sumber Energi Yang Ada Di Alam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel