iklan

20 Cara Mengecek Harddisk Rusak

20 Cara Mengecek Harddisk Rusak - Harddisk yaitu media penyimpan data yang sangat vital untuk pengoperasian komputer. Fungsi hard disk pada komputer hanyalah daerah menyimpan data - data pengguna.

Tidak sanggup dipungkiri sanggup jadi ketika dimana Anda ingin melaksanakan pekerjaan di komputer, Anda merasa ada yang salah dengan komputer Anda. Bila Anda ingin menjalankan perintah, atau membuka file tertentu, komputer Anda mogok tiba-tiba, atau kegiatan yang ingin Anda buka menjadi tidak merespons. Terkadang juga Anda akan merasa komputer Anda terasa lebih lambat dari biasanya.

Baca: Cara Mengatasi Laptop Lemot

Masalah ini sanggup terjadi alasannya yaitu ada duduk kasus di harddisk anda. Ini mungkin merupakan tanda karakteristik hard drive yang dibuang. Dan untuk memastikan bahwa Anda perlu menyidik hard drive Anda rusak atau tidak. Disini saya akan membahas perihal cara mengecek hardisk atau tidak pada windows dengan mudah.

Bagaimana cara menyidik kerusakan harddisk pada windows 7?
 yang sangat vital untuk pengoperasian komputer 20 Cara Mengecek Harddisk Rusak
20 Cara Mengecek Harddisk Rusak

Anda sanggup mengecek duduk kasus harddisk pada windows 7 dengan memakai alat Disk Check. Disk Check sanggup mengidentifikasi dan secara otomatis memperbaiki kerusakan sistem pada file dan memastikan hard drive Anda bekerja dengan benar.

Anda sanggup memakai Disk Check di Windows 7 tidak hanya di hard disk lokal tapi juga pada removable media ibarat flash disk, kartu memori atau hard drive eksternal. Dengan memakai alat ini, Anda sanggup mengecek harddisk Anda yang rusak atau tidak.

Perlu diingat jangan lupa untuk memastikan Anda menutup semua aplikasi dan kegiatan dan file yang Anda gunakan sebelum memulai alat Disk Check.

Berikut cara memakai Disk Check di Windows 7.

1. Klik kanan pada ikon Start Windows.

2. Pada hidangan jalan pintas, klik Open Windows Explorer.

3. Di panel navigasi, klik Computer untuk menampilkan semua perangkat penyimpanan memori yang Anda gunakan. Ini akan ditampilkan di panel kanan.

Klik kanan pada drive yang ingin Anda periksa.

5. Setelah itu klik properties.

6. Kemudian klik Tools Tab.

7. Klik tombol cek sekarang.

8. Di jendela Check Disk <disk name>, pilih automatic system fix file system error check box.

Catatan: Jika Anda ingin melaksanakan investigasi hard disk lebih rinci, Anda sanggup menentukan untuk menyidik pemindaian hutan dan pemulihan sektor buruk. Namun, Anda harus melaksanakan ini jikalau Anda sudah tahu duduk kasus pada perangkat keras nya.

Dengan menentukan opsi ini akan menciptakan pengecekan harddisk ini berjalan sangat lama. Untuk cek pertama saya sarankan untuk tidak menentukan opsi itu.

9. Klik Start (Mulai)

10. Jika hard drive yang ingin Anda periksa sementara digunakan, dan ini yaitu hard disk pada sistem Anda, maka akan muncul kotak obrolan yang berisi pesan peringatan. Untuk melanjutkan silahkan pilih schedule disk check. Ini akan menciptakan pengecekan disk dimulai sehabis restart berikutnya.

11. Tutup semua kegiatan yang terbuka dan restart di komputer Anda. Memeriksa hard drive akan dimulai secara otomatis sebelum startup Windows berikutnya dan kesannya akan ditampilkan sehabis proses pengecekan selesai.

12. Jika Anda tidak menentukan untuk menyidik sistem Anda, Anda tidak perlu mematikan komputer Anda. Namun, jikalau hard disk sedang digunakan.

Dalam hal ini Anda masih akan mendapatkan pesan yang sama ibarat yang disebutkan sebelumnya. Setelah itu simpan semua file dan tutup semua kegiatan yang terbuka, kemudian klik force dismount.

13. Proses pengecekan akan segera dimulai. Dan begitu prosesnya selesai, kesannya akan ditampilkan. Ini sanggup dipakai untuk mengetahui apakah harddisk anda rusak atau tidak.

Bagaimana cara menyidik kerusakan hard disk pada Windows 8/10.?
Pengguna Windows 8/10 harus memperhatikan bahwa alat Disk Error checking pada OS ini sedikit berbeda dengan versi windows sebelumnya.

Untuk windows 10/8 hard drive secara bersiklus menyidik secara otomatis untuk menemukan duduk kasus ibarat kesalahan sistem, bad sector, lost clusters dan lainnya. Anda tidak harus selalu menjalankan Disk Check untuk mengetahui masalahnya pada hard disk.

Windows 8 akan memperlihatkan duduk kasus pada hard disk melalui Action Center, atau di bawah Drive Properties di File Explorer. Jika ditemukan duduk kasus yang mungkin terjadi, Anda akan diberitahu melalui sistem komputer. Meski begitu Anda masih sanggup melaksanakan pengecekan manual jikalau menginginkannya.

Pada Windows 7, menyidik hard drive pada drive sistem dan pada drive yang sedang dipakai untuk membuka file atau folder dilakukan dengan memakai fitur check up dari hard drive yang dijadwalkan sehabis restart.

Namun, pada Windows 8, pengecekan akan segera dimulai, bahkan pada sistem penggerak, dan tidak lagi membutuhkan restart. Hanya jikalau beberapa duduk kasus ditemukan, Anda harus me-restart untuk memperbaiki masalah.

Berikut yaitu langkah - langkah untuk melaksanakan investigasi manual untuk kerusakan hard disk pada Windows 8/10.

1. Untuk mulai memeriksa, klik kanan pada drive yang ingin Anda periksa dan pilih properties.

2. Selanjutnya, klik tab Tools dan di bawah Error Checking, klik tombol Check. Opsi ini menyidik hard drive Anda untuk kesalahan sistem pada hard drive. Jika tidak ada duduk kasus ditemukan, Anda akan mendapatkan pesan yang menyatakannya.

3. Klik Scan Drive untuk menyidik kondisi Harddisk.

4. Maka proses pengecekan akan dimulai.

5. Setelah proses pengecekan tamat Windows akan menampilkan pesan yang isinya akan memperlihatkan kondisi harddisk anda.

6. Jika ada duduk kasus atau kerusakan, Restart komputer Anda untuk memperbaiki sistem file yang rusak. Anda sanggup restart tak usang kemudian, Anda juga sanggup menjadwalkannya lagi jikalau Anda tidak ingin segera restart.

Ada banyak faktor yang sanggup menjadi penyebab kerusakan hard disk, dan salah satu faktor penyebabnya yaitu penyalahgunaan penggunaan pengguna.

Untuk sanggup menuntaskan salah satu duduk kasus error pada hard disk sehabis dikenali sanggup memakai disk Defragmenter.

Defragment Tool ini akan membantu hardisk menawarkan performa terbaik dari harddisk.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Cara Mengecek Harddisk Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel