iklan

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Firebird Database

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database - DBMS hari ini berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini mengakibatkan banyak DBMS berbeda yang dikembangkan oleh perusahaan besar (seperti nubuat) atau dikembangkan sebagai proyek open source.

Salah satu DBMS yang paling banyak dipakai yaitu Firebird. Firebird yaitu database open source yang pengembangannya dimulai oleh pondasi firebird. Pada awal perkembangannya, firebird dikembangkan dari database Interbase pada tahun 2000.

Sebagai salah satu alternative open source DBMS, Firebird mempunyai kelebihan dan kekurangan. Inilah laba dan kerugian dari Firebird:

Baca juga:
Pengertian Database Menurut Para Ahli
Fungsi database
Kelebihan dan Kekurangan Oracle Database
Komponen Database

Kelebihan Firebird

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database
Inilah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database

1. Open Source bersifat fleksibel
Firebird yaitu proyek open source. Penggunaan Firebird untuk tujuan langsung dan bisnis tidak akan merugikan Anda apapun. Namun, meski bebas digunakan, instruksi sumber firebird masih mempunyai batasan. Lisensi yang berlaku untuk Firebird yaitu sebagai berikut:

IPL (Lisensi Publik Interbase)
IDPL (Lisensi Publik Pengembang Awal
Lisensi IPL intinya yaitu lisensi yang berlaku untuk beberapa instruksi sumber firebird yang diambil dari database interbase.

Kemudian untuk lisensi berikutnya yaitu IDP yaitu lisensi yang diaplikasikan pada sisa instruksi sumber firebird yang dikembangkan oleh firebird foundation.

Kesimpulan dari lisensi yang terdapat dalam Firebird adalah:
Firebird sanggup dipakai bebas untuk keperluan komersial dan pribadi. namun pengguna tidak diperkenankan mengklaim kepemilikan instruksi sumber dari firebird.

Setiap file lisensi yang terdapat dalam folder instruksi sumber firebird tidak sanggup dihapus atau diubah
Firebird diperbolehkan untuk dimodifikasi jikalau hasil modifikasi diumumkan dan perangkat lunak yang dimodifikasi dari firebird harus dilisensikan dengan lisensi yang sama sehingga mungkin tidak diperdagangkan.

Beberapa instruksi sumber dari Firebird sanggup dipakai sebagai satu cuilan untuk menciptakan perangkat lunak lain yang mempunyai lisensi berbeda dari firebird. namun cuilan dari perangkat lunak yang memakai firebird tetap harus memakai lisensi firebird, cuilan lain yang telah dikembangkan sanggup mempunyai lisensi yang berbeda.

2. Komunitas yang aktif
Komunitas pengembang firebird, meski tidak seluas komunitas MySql dan tentangan Oracle-nya, mempunyai reputasi yang sangat ramah untuk para pengembang gres yang bertanya di lembaga pengembang firebird khusus. Komunitas pengembang firebird juga secara aktif menyebarkan dan juga memperbaiki problem yang ada di database firebird ini.

Dengan Komunitas yang aktif, kemampuan dan keamanan Firebird sanggup terus berkembang seiring dengan instruksi sumber firebird yang terus dikembangkan dan ditingkatkan.

3. Kemudahan proses instalasi
Proses instalasi firebird sangat mudah. Pengguna hanya perlu mend0wnl0ad installer yang tersedia untuk aneka macam OS, Windows, dan Unix berbasis Linux. Firebird bisa berjalan di semua OS.

Firebird juga tidak memerlukan spesifikasi tinggi kemampuan komputer untuk beroperasi. Semua komputer bahkan komputer sekolah bau tanah bisa mengoperasikan jadwal database firebird. menciptakan firebird menjadi jadwal database yang sangat fleksibel.

Untuk mendapat file installer dari firebird, kunjungi situs resmi firebird: https://www.firebirdsql.org/en/server-packages/

4. Fitur dewasa
Firebird telah dikembangkan semenjak tahun 2000, menciptakan firebird lebih matang dalam pengembangan fitur daripada proyek open source lainnya menyerupai Mysql.

Banyak fitur firebird yang tidak dimiliki oleh open source DBMS menyerupai Mysql. diantaranya adalah:

Firebird bisa melaksanakan sinkronisasi dengan pengguna desktop offline
seruan rekursif
klausa 'cek' dikala query
Firebird mempunyai fitur sambungan luar yang lengkap
Firebird mempunyai pinjaman untuk ODBC

5. Terang dan Cepat
Firebird tidak mengambil terlalu banyak sumber daya di komputer. dengan hanya 1MB memori firebird yang berjalan normal di komputer. Hal ini menciptakan firebird menjadi alternatif untuk proyek embaper yang memerlukan fitur penyimpanan ke database.

Firebird juga berjalan cepat di komputer dengan aneka macam OS mulai dari linux, windows, dan macos. Kecepatan ini sangat berkhasiat dalam aplikasi yang membutuhkan kecepatan dalam pengoperasian.

6. Pemeliharaan Minimun
Salah satu kelebihan dari firebird yang paling menarik yaitu bahwa firebird tidak memerlukan proses maintenance terlalu sering. Dibandingkan dengan jadwal database lain yang mempunyai fitur kelas. Firebird jauh lebih gampang dipelihara

Kekurangan Firebird

1. Pengguna Firebird relatif kecil
Meski mempunyai banyak kelebihan, pengguna Firebird relatif lebih sedikit dibanding pengguna database open source lainnya. Paling tidak pengguna ini tentu menjadikan pertanyaan besar, apa yang menciptakan database ini tampaknya tidak mendapat apresiasi terhadap apa yang dimilikinya.

Beberapa faktor yang mengakibatkan setidaknya pengguna dari firebird adalah:
Tidak ada pinjaman dari pemain teknologi warta dunia besar menyerupai oracle, IBM
Situs resmi firebird mempunyai tampilan yang kurang meyakinkan atau ketinggalan jaman, yang menciptakan banyak pengguna potensial merasa tidak yakin.

2. Dokumentasi buruk
Banyak pengguna gres Firebird merasa bahwa dokumentasi penggunaan Firebird di situs resminya buruk. Tentunya ini akan sangat sulit bagi pengguna gres firebird yang gres memulai proses instalasi atau ingin memakai firebird pada proyek yang sedang dikerjakannya.

Namun, meski mempunyai dokumentasi yang buruk. Komunitas pengembang firebirds yang aktif di lembaga khusus pengguna firebird sedikit menutupi kekurangannya. Dengan komunitas Aktif, pengguna gres bisa mengajukan pertanyaan atau mendiskusikan problem wacana firebird ke lembaga pengguna tertentu firebird.

3. Kurva Belajar relatif terjal
Lebih banyak fitur Firebird dari database open source sederhana menyerupai MySql menciptakan Firebird lebih rumit untuk dipelajari. Ditambah dengan dokumentasi yang tidak begitu manis dan juga komunitas yang sedikit adiktif, semakin sulit untuk mencar ilmu wacana firebird.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Terkadang penggunaan Firebird terkesan berlebihan bagi pengembang yang tidak membutuhkan fitur yang kompleks.

Begitulah Kelebihan dan Kekurangan Firebird Database. Kesimpulannya, setiap database mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Hal ini tergantung pada kebutuhan proyek dan kemampuan pengembang untuk memilih database mana yang akan dipakai untuk menuntaskan sebuah proyek
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Firebird Database"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel