iklan

Inilah Cara Menciptakan Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya

Cara menciptakan flora hidroponik beserta misalnya – Hidroponik merupakan suatu cara bertanam memakai media air, namun tanpa memakai tanah. Sistem bertanam hidroponik sedang terkenal dimasyarakat. Bertanam hidroponik selain tidak menyebabkan kotor, juga sanggup dilakukan pada kawasan perkotaan atau pun perumahan dengan luas  lahan yang sangat terbatas. Beberapa jenis flora terutama sayuran sedang terkenal untuk di tanam dengan hidroponik, misal kemangi, sawi, selada, paprika, caisim, cabai, tomat dan sebagainya.


artikel hidroponik lainnya: Cara Bertanam Hidroponik Sederhana Di Rumah, Baca Di sini


Hidroponik terang merupakan suatu langkah faktual dalam dunia pertanian. Belakangan ini mulai banyak orang yang beralih dari bertanam dengan sistem konvensional ke sistem hidroponik. Sebab selain pemanfaatan lahan yang efisien, menyerupai teras rumah dan pekarangan yang terbatas, hidroponik pada wilayah perkotaan juga memanfaatan lahan diatas gedung bahkan pada dinding rumah juga sanggup dipasang instalasi hidroponik. Apabila perawatan serta nutrisi sudah terpenuhi, maka hasil dari bertanam hidroponik sanggup dibilang memuaskan selayaknya ditanam dalam sistem konvensional. Sayuran segar sanggup anda petik sendiri dari pekarangan rumah Anda yang sempit.


Hasil panen dengan hidroponik sanggup Anda nikmati sekeluarga bahkan masih dalam bentuk sayuran segar. Sayuran dengan hidroponik sangat kondusif bagi badan lantaran tidak memakai materi kimia menyerupai pembasmi hama, pembasmi gulma dan sebagainya. Pada artikel ini akan diulas wacana cara menciptakan flora hidroponik beserta contohnya. Sistem hidroponik mempunyai majemuk teknik salah satunya yakni Wick atau sistem sumbu. Cara pembuatan instalasi hidroponik dengan teknis Wick cukup gampang dan sederhana.


Cara menciptakan flora hidroponik beserta misalnya  Inilah Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya
cara menciptakan flora hidroponik beserta contohnya-Pembuatan sistem sumbu

Sebelum memulai pembuatan instalsi hidroponik dengan teknik sistem hidroponik sumbu sebaiknya alat dan materi perlu disiapkan terlebih dahulu. Alat dan materi yang harus dipersiapkan yakni sebagai berikut:



  • Benih, benih yang akan ditanam pada sistem hidroponik ini sanggup bermacam-macam. Namun kali ini dipilih benih sawi. Sebab sawi gampang tumbuh dan jenis yang sawi yang akan dipakai bebas sesuai selera.

  • Air bersih

  • Gunting/cuter/pisau

  • Botol bekas air mineral

  • Rockwool

  • Nutrisi hidroponik

  • Arang sekam serta sabut kelapa

  • Kain flanel, sumbu kompor, kapas, kain bekas dengan daya serap cukup tinggi


Dalam menciptakan instalasi hidroponik diharapkan beberapa tahapan diantaranya yaitu:



  • Pembibitan atau penyemaian

  • Pembuatan media tanam

  • Penanaman

  • Perawatan dan pemeliharaan


Supaya lebih terang maka tahapan–tahapan yang harus dilakukan dalam cara menciptakan flora hidroponik beserta contohnya, akan kami dijabarkan sebagai berikut:


Pembibitan atau penyemaian


Lakukan seleksi benih dengan cara di rendam dalam air, pilih benih yang karam dalam air lalu lakukan penyemaian. Penyemaian sanggup dilakukan dengan memakai media rockwool, lantaran rockwool mempunyai daya serap yang tinggi serta terbebas dari hama dan penyakit. Adapun langkah-langkah dalam pembibitan atau penyemaian cara menciptakan flora hidroponik beserta misalnya yakni sebagai berikut:



  • Rockwool dipotong dadu terlebih dahulu, buatlah lubang tanam pada rockwool tersebut lalu masukan 1-2 biji benih yang sudah terseleksi.

  • Basahi rockwool yang telah diberi benih dalam nampan.

  • Simpan/letakkan dalam ruangan atau tempat yang gelap.

  • Tunggu 1-2 hari sampai berkecambah.

  • Setelah berkecambah, pindahkan ketempat yang terang, namun jangan terkena sinar matahari secara langsung.

  • Semprot rockwool setiap pagi dan sore hari dengan air secukupnya.

  • Setelah sekitar dua ahad atau sudah tumbuh daun sebanyak 2-4 daun maka sanggup dipindahkan pada media tanam hidroponik.


Pembuatan media tanam


Pembuatan media tanam cara menciptakan flora hidroponik beserta misalnya dilakukan dengan memotong botol bekas air mineral menjadi dua penggalan yaitu penggalan atas dan penggalan bawah. Pada potongan botol penggalan atas dilubagi tutupnya dan diberi sumbu. Dari sumbu inilah nutrisi yang terlarut dalam air akan dibawa ke media tanam dan diserap oleh akar.


Setelah sumbu dipasang, selanjutnya potongan penggalan atas diisi dengan media tanam yaitu sabut kelapa dan arang sekam. Sedangkan pada botol penggalan bawah diisi dengan larutan nutrisi hidroponik sebanyak 2/3 bagian. Setelah selesai semua persiapan tinggal di pasangkan botol penggalan atas pada botol penggalan bawah, dengan posisi botol penggalan atas terbalik atau masuk kedalam potongan botol penggalan bawah.


Penanaman


Setelah bibit sawi siap ditanam dan media juga sudah siap, cara menciptakan flora hidroponik beserta misalnya berikut adalah  pemindahan bibit ke media tanam hidroponik. Lakukan tanpa merusak akar. Buat lubang tanam sedalam 1-2 cm selanjutnya tanam benih tersebut.


Perawatan dan pemeliharaan


Perawatan dan pemeliharaan merupakan tahapan terakhir dari cara menciptakan flora hidroponik beserta contohnya. Sayuran jenis sawi termasuk sayuran yang gampang tumbuh dan akan tumbuh dengan maksimal bila dirawat dengan benar. Perawatan yang perlu dilakukan pada sistem hidroponik ini yakni menambahkan larutan nutrisi dalam botol secara berkala. Sebab larutan nutrisi dalam botol akan semakin berkurang dengan cepat seiring tumbuh kembang flora yang semakin besar. Cahaya matahari pada flora sawi harus tercukupi dan sesudah sawi berusia 60 hari semenjak penanaman, flora sawi tersebut sudah sanggup dipanen.


Cara menciptakan flora hidroponik beserta misalnya  Inilah Cara Membuat Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya
cara menciptakan flora hidroponik beserta contohnya-model sumbu

Demikian cara menciptakan flora hidroponik beserta contohnya, biar sanggup memberi wangsit kepada Anda.


artikel terkait lainnya: Logika Dasar Cara Bertanam Hidroponik Yang Wajib Anda Tahu


sumber gambar: daunbuah, beritahidroponik




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Cara Menciptakan Tanaman Hidroponik Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel