iklan

Cara Memperbaiki Lcd Laptop Blank Putih

Cara Memperbaiki LCD Laptop Blank Putih - Layar LCD laptop ialah salah satu komponen laptop yang penting. Tanpa layar, tentunya kita tidak akan dapat mengoperasikan komputer dengan baik. Semua kegiatan kita dengan komputer, yang sebagian besar terkait dengan layar. Mulai dari mengetik, melihat video, mengedit film, mendengarkan musik streaming, dan sebagainya. 

Singkatnya, tanpa layar, maka kita tidak dapat bergerak sama sekali dengan komputer. Oleh alasannya ialah itu, sebagai pengguna komputer, kita perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi persoalan layar laptop, ibarat di antaranya ialah bagaimana cara memperbaiki LCD laptop blank putih. Ini sama pentingnya dengan yang kita tahu cara memperbaiki monitor LCD blank putih.

Apakah Anda sudah tahu cara memperbaiki laptop blank putih LCD? Apa bedanya dengan memperbaiki kerusakan laptop lainnya? Apa alternatifnya? Jika Anda tidak mengetahuinya, damai saja. 

Dengan membaca artikel kita yang satu ini Anda niscaya dapat tahu apa saja cara yang dapat dipakai untuk memperbaiki LCD laptop yang sudah rusak (blank putih) lebih baik. Ingat, ini berbeda dengan cara memperbaiki monitor LED Anda, alasannya ialah ada perbedaan LED dan LCD pada laptop, meski beberapa di antaranya mungkin sama. Baca juga: Cara memperbaiki monitor komputer

Tanpa memperbaiki lagi, berikut beberapa cara untuk memperbaiki LCD laptop blank putih yang mungkin dapat Anda lakukan secara mandiri.

Cara Memperbaiki LCD Laptop Blank Putih  Cara Memperbaiki LCD Laptop Blank Putih


1. Bongkar laptop
Jika layar LCD Anda mempunyai blank putih tanpa persoalan perangkat lunak atau aplikasi sebelumnya, kemungkinan besar masalahnya ialah dari aspek fisik laptop Anda. Kemungkinan kerusakan fisik biasanya cukup besar, apalagi jikalau Anda sudah usang memakai laptop. 

Karena itu, langkah awal bagaimana cara memperbaiki lcd laptop blank putih ialah dengan melihat kondisi fisik layar laptop Anda sendiri. Hal ini juga dilakukan dalam cara memperbaiki monitor LCD gelap lo.

Untuk mengecek kondisi layar laptop Anda, tentunya Anda harus membongkar layar laptop Anda terlebih dahulu. Untuk membongkar layar laptop Anda, Anda harus mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan layar laptop Anda. Ada banyak sekali desain dari pabrik ke layar laptop atau laptop itu sendiri, jadi Anda harus mencari cara untuk membuka layar laptop yang sesuai dengan tipe laptop Anda.

Biasanya Anda membutuhkan peralatan perawatan komputer yang juga tidak sedikit, oleh alasannya ialah itu Anda harus berpikir hati-hati jikalau ingin membongkarnya secara mandiri.

2. Periksa koneksi kabel layar
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengecek kondisi fisik perangkat display dan juga kabel layar yang Anda miliki. Ada baiknya jikalau Anda mengecek kondisi kabel terlebih dahulu, alasannya ialah biasanya persoalan kabel ini dapat menjadi penyebab mengapa layar menjadi blank putih atau bahkan blank hitam. Alasannya alasannya ialah koneksi kabel dilonggarkan, atau hanya tertekan alasannya ialah peletakan yang salah atau alasannya ialah terlalu ketinggalan jaman.

Setelah Anda membongkar laptop, periksa koneksi kabel penghubung ke mainboard, lihat apakah ada cacat atau rusak. Jika Anda menemukan kerusakan jangan lupa segera menggantinya dengan kabel baru. Selain itu, coba untuk menguji apakah posisi kabel tidak tertekan, apakah distribusi output ke layar dapat dilakukan atau tidak. 

Meski penempatan kabel yang salah dan menciptakan kabel yang tertekan dapat diperbaiki dengan cara yang relatif murah, namun perlu diketahui bahwa kabel yang sudah tertekan kemungkinan besar sudah rusak atau rusak di dalamnya. Kaprikornus akan lebih baik jikalau diganti.

Selain mengecek koneksi kabel ke mainboard, perhatikan juga koneksi kabel dari layar itu sendiri. Terkadang kabel dari layar rusak atau pecah di kepingan tengah sedangkan kabel yang terhubung ke mainboard tetap baik. Karena itu, Anda harus mengamatinya dengan saksama.

3. Periksa layar fisik laptop
Setelah mengecek kabel layar lcd laptop Anda, langkah selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menyidik dan memperbaiki layar lcd laptop ialah dengan mengecek keadaan fisik layar laptop itu sendiri. Untuk dapat membedakan apa yang rusak dan apa yang tidak, tentunya Anda perlu berguru dulu perihal layar laptop perangkat fisik. 

Ada risiko yang cukup besar jikalau Anda tidak dapat mencoba membongkar layar laptop Anda tanpa cukup wawasan ke dalam perangkat layar laptop, oleh alasannya ialah itu ada baiknya jikalau Anda mempelajarinya terlebih dahulu.

Anda juga dapat memakai jasa tukang reparasi untuk membuka dan memperbaiki layar laptop Anda. Tentunya Anda harus membayar jasa tukang reparasi. Ada baiknya jikalau Anda juga mengamati proses pembenahan layar laptop Anda sehingga Anda dapat mendapat lebih banyak wawasan ke perangkat layar laptop Anda, sehingga dapat dicoba membongkarnya nanti dikala mengalami persoalan serupa.

4. Pasang kembali layar
Jika sudah niscaya apa yang menjadikan layar Anda mempunyai putih blank dan tidak dapat diatasi daripada dengan mengganti layar Anda, maka tentu saja opsi terakhir yang dapat Anda pilih ialah mengganti layar laptop Anda. 

Langkah atau cara mengatasi monitor blank putih ini tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar bila dibandingkan hanya dengan memperbaiki koneksi kabel atau mengganti kepingan dari display device. Namun, jikalau Anda benar-benar ingin tetap memakai laptop yang rusak di layar, langkah satu ini tak dapat dihindari.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti layar, ada baiknya jikalau Anda mempertimbangkan hal lain ibarat penggunaan laptop jangka panjang. Jika usianya sudah sangat tua, lebih baik jikalau Anda membeli laptop gres yang mempunyai kemungkinan daya tahan lebih usang bila dibandingkan dengan laptop usang Anda. 

Dengan cara itu Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang meski menghabiskan lebih banyak uang. Untuk mempelajari cara mengganti layar, Anda dapat melihat dalam artikel perihal cara mengganti LCD laptop.

5. Periksa dan ganti drivernya
Selain potensi kerusakan fisik, terkadang kerusakan pada perangkat lunak atau driver juga dapat menjadikan layar laptop Anda hanya menampilkan blank putih atau hitam saja, meski peluangnya relatif lebih kecil. 

Namun, tidak ada salahnya jikalau Anda mengecek dulu kondisi driver yang Anda instal, terutama jikalau kesalahan hanya muncul dikala momen tertentu saja, alias tidak dari awal Anda menghidupkan laptop Anda. Kesalahan yang muncul pada waktu-waktu tertentu merupakan salah satu indikasi yang menunjukkan ada persoalan pada VGA atau VGA driver itu sendiri, oleh alasannya ialah itu perlu dipastikan lebih lanjut. (baca: pengertian VGA Card dan fungsinya)

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki LCD laptop putih blank yang mungkin Anda coba. Semoga dengan beberapa cara diatas, Anda dapat memperbaiki layar LCD laptop yang rusak dengan lebih gampang ya. Jangan lupa mengalah kepada jago jikalau merasa tidak ada cukup waktu atau wawasan untuk memperbaiki laptop Anda. Selain itu, jangan lupa untuk merawat layar laptop Anda dengan membersihkan LCD laptop yang tepat.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memperbaiki Lcd Laptop Blank Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel