iklan

✔ Cara Naik Krl Kereta Api Komuter Line ( Lengkap + Rutenya )

Cara naik KRL atau kereta api komuter line berbeda dengan kreta biasa yang umum dipakai di beberapa daerah selain jabodetabek tentunya.Tutorial ini saya berikan biar anda mengerti mulai dari langkah beli tiketnya hingga jenis karcis yang dipakai ibarat e money kemudian THB ataupun memakai tapcash.

Cara naik kereta api KRL atau komuter line ini saya berikan khususnya untuk anda yang gres pertama kali ingin memakai jasa transportasi anti macet ini.Saya akan berikan panduan atau klarifikasi lengkapnya mulai dari awal membeli tiket step by step hingga simpulan supaya anda faham dan mengerti.


Tatacara Naik KRL ( Kereta Api Komuter Line )




KRL yakni abreviasi atau istilah untuk kereta api komuter line dengan tenaga listrik sebagai sumber tenaga utama kreta.Jasa transportasi masal ini hingga ketika ini hanya ada di derah jabodetabek ( jakarta,bogor,depok,tanggerang dan bekasi cikarang ) saja.

Seperti yang sudah saya jelaskan di awal bahwa mekanisme atau alur memakai jasa tranportasi jenis ini berbeda dengan jenis yang umum.Bagi anda yang mungkin gres pertama menggunakanya,ada beberapa hal penting yang perlu saya sampaikan,antara lain :
  • Satu tiket hanya sanggup dipakai untuk satu orang saja
  • Ada banyak pilihan jenis tiket yang tersedia
  • Setiap masuk dan keluar stasiun,anda harus " tap in/tap out " tiket atau karcis anda ( menempelkanya pada mesin khusus )
  • Dilarang merokok didalam kreta
  • Tidak boleh salah jalur kreta sebab sanggup salah menaiki kretanya nanti ( setiap tujuan mempunyai jalur tertentu ) silahkan baca klarifikasi dibawah nanti
  • Tidak sanggup memakai sistem BOOKING tiket atau memesan di intenet,jadi mungkin anda akan mengantri nanti
  • Tidak semua penumpang mendapat tempat duduk,akan banyak yang bangun ( beda dengan memakai kreta biasa )
  • Rawan pencopetan,jaga barang bawaan anda baik-baik
Itu yakni beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memakai kreta api listrik ini.


Prosedur atau Alur Naik Kereta KRL


Langsung ke penjelasanya saja yaa.Untuk anda yang ingin memakai kreta listrik ini,berikut yakni tahapan yang perlu anda lakukan :


1. Rute KRL


Hal pertama yang harus anda persiapkan yakni memahami dan mengerti perihal jalur atau rute dari kreta sesuai dengan tujuan anda.Kenapa harus faham rutenya? Karena kalau anda tidak faham,sangat besar kemungkinan anda akan salah menaiki kretanya juga.

Adapun rute yang berlaku untuk kreta api listrik komuterline yakni sebagai berikut :


Cara naik KRL atau kereta api komuter line berbeda dengan kreta biasa yang umum dipakai  ✔ Cara Naik KRL Kereta Api Komuter Line ( LENGKAP + RUTEnya )



Pada gambar diatas terlihat beberapa jalur dengan WARNA BERBEDA.Warna itu yakni jalur kreta apinya.Silahkan anda perbesar gambarnya atau anda simpan sebagai file panduan anda di kemudian hari.


Cara membaca rute KRL bagaimana?

Silahkan anda lihat atau baca keterangan di potongan paling bawah gambar.Disana sudah diberikan sedikit deskripsi mengenai hal tersebut.Intinya begini : Anda harus lihat tujuan anda itu berada di jalur dengan warna apa,itu saja.

Hal ini dilakukan BUKAN sebab TIDAK BISA memakai jalur yang warnanya beda dengan tujuan,tetapi untuk lebih mempersingkat waktu anda saja.Jika tujuan anda berada di jalur warna hijau,anda sanggup memakai jalur warna merah,TETAPI akan terlalu usang dan harus gonta-ganti kreta.

Itu kan kalau satu jalur dengan warna yang sama mas,tetapi rumah dan tujuan saya itu berada di jalur dengan warna YANG HARUS GANTI,bagaimana?

Misalnya rumah anda di tanjung priok ( pojok kanan atas ) ingin ke rengkasbitung ( pojok kiri bawah ) begitu ya? Kalau memang ibarat itu,tidak ada jalan lain selain GANTI-GANTI kreta.Naiklah kreta menuju stasiun kampung badan,ganti dengan kreta menuju ke stasiun duri,kemudian ganti lagi kreta menuju ke stasiun tanah kakak terahir naiklah kreta menuju rangkasbitung.

Jadi,dengan pinjaman WARNA JALUR ini,memudahkan anda untuk menentukan kreta yang paling tidak tujuanya tidak terlalu jauh dan muter-muter dari tujuan simpulan ahir anda.Anda juga mau tidak mau harus mengikuti jalur sesuai warna yang ada.


2. Memesan Tiket/Karcis


Sebelum membahas langkah pembelian tiketnya,saya ingin sedikit mengulas perihal BIAYA perjalanan memakai kereta api omuter line atau KRL ini.Adapun perhitungan biaya atau tarifnya yakni sebagai berikut :
  • Anda akan dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah ( tiga ribu ) untuk perjanalan dengan jarak tempuh 25 kilometer
  • Jika anda menambah jarak tempuh,maka anda akan dikenakan biaya perhiasan juga sebesar 1.000 ( seribu ) untuk 10 kilometer
Itu hanya untuk pengetahuan anda saja.Tidak perlu anda hitung juga hingga pusing,katakan saja ke petugas anda mau kemana,nanti juga diberikan rincian biaya yang harus anda bayarkan.


Jenis tiket atau karcis KRL itu apa saja?

Tahukah anda kalau tiket kreta listrik itu ada beberapa jenis? Tidak hanya bayar,dapat tiket,pakai pribadi buang?

Ada beberapa jenis karcis yang disediakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,antara lain :
  • THB ( Tiket Harian Berjaminan )
  • KMT ( Kartu Multi Trip )
  • E Money dan Kartu Bank
Ketige jenis tiket KRL inilah yang sanggup anda pilih dan anda gunakan.Saya akan menjelaskan untuk semua kategori karcis diatas.


- THB atau Tiket Harian Berjaminan

Ini yakni jenis karis yang sanggup dikatakan sebagai " jaminan saja " makanya disebut sebagai karcis berjaminan.Maksudnya berjaminan itu begini :

Harga untuk karcis ini yakni 10.000 ( sepuluh ribu ),tetapi ketika anda hingga tujuan nanti,kartu ini dikembalikan dan uang 10.000 akan dikembalikan kepada anda.Kalau karcis ini hilang atau anda tidak sanggup mengemablikanya,maka uang 10.000 itu tidak sanggup anda ambil.

Jenis karcis ini HANYA BISA dipakai untuk haris yang sama dengan pembelian,jadi kalau anda beli hari senin,maka hanya sanggup dipakai hari itu saja,TIDAK BISA dipakai hari selasa atau hari selanjutnya.

Lalu bayar biaya perjalananya bagaimana? Apakah gratis? Tentu saja tidak.Ketika anda menentukan karcis jenis ini,selain anda harus membayar 10.000 rupiah,anda juga akan dikenakan tarif untuk jarak tempuh perjalanan.


- KMT ( Kartu Multi Trip )

Menurut saya,jenis karcis ini sangat ibarat dengan kartu kredit ( berdasarkan saya saja sih ),kenapa? Jenis kartu ini sanggup anda beli dengan harga 50.000 ( lima puluh ribu ) dan didalam kartu ini nanti,akan ada saldo 30.000 ( tigapuluh ribu ).

Setelah anda membeli jenis karcis ini,anda sanggup menggunakanya untuk BERULANG KALI hingga kapanpun SELAMA SALDO MASIH ADA.Saldo minimal yakni 5.000,jika hingga saldonya dibawah itu,maka anda tidak sanggup menggunakanya.

Mirip kartu kredit kan? Cukup isi saldo di stasiun sebanyak yang anda inginkan,ya sudah,tinggal gunakan saja kartunya berapa kalipun hingga anda bosan,hehe.


- Kartu Bank atau E-Money

Kartu Bank yang sanggup anda gunakan misalnya ibarat BNI Tapcash,Flazz BCA kemudian emoney sanggup bangun diatas kaki sendiri dan sebagainya.Hampir sama dengan penggunaan KMT diatas sih,dimana anda harus mengisi saldonya ketika anda ingin menggunakanya.

Yang sedikit " ENAK " dari penggunaan jenis karcis ini yakni : Anda tidak akan ikut antri tiket dengan penumpang lainya ( yang tidak pakai jenis kartu ini tentunya ),kalau semuanya pakai jenis kartu ini,yaa niscaya antre juga,hehe.


Cara beli tiket bagaimana?

Untuk membeli tiket dari semua jenis diatas,anda sanggup pribadi menuju ke stasiun ( bebas pilih ) tapi usahakan yang stasiun besar yaa sebab biasanya lengkap disana.Datangi petugas yang berjaga dan katakan saja anda mau beli karcis yang mana.

Sebelum membeli karcisnya,saya harapkan anda mengerti klarifikasi khususnya untuk perbedaan dari semua jenis tiket KRL diatas.Jangan hingga anda salah membeli karcis.


3. Masuk Kedalam Stasiun


Untuk potongan tiket,saya harapkan anda mengerti.Angap saja anda sudah sanggup tiketnya,lalu bagaimana lagi selanjutnya? Tentu saja masuk kedalam,hanya saja anda HARUS TAP IN TIKET di pintu masuk supaya pintunya terbuka.

Itulohh,kalau anda pernah belanja di supermarket atau mall-mall besar,ketika anda membeli sesuatu,pasti di kasir ada besi penghalang yang akan terbuka kalau anda sudah membayar bukan? Bentuk pintu yang saya maksudkan ibarat itu.

Silahkan anda tempelkan ttiket dibagian sensor pintu besi hingga terbuka dan silahkan masuk kemudian TUNGGU DI PERON.Peron itu potongan pinggir atau jalur pejalan kaki di stasiun,biasanya ada garis berwarna putih.


4. Masuk Kreta


Setelah kreta datang,silahkan masuk saja,TETAPI kalau anda takut salah kreta,silahkan baca lagi klarifikasi perihal WARNA JALUR/RUTE dibagian paragraf atas yang sudah saya jelaskan tadi.

Kalau anda masih ragu,silahkan tanyakan ke petugas stasiun ( ingat yaa,tanyanya ke petugas,jangan ke penumpang lain ) dengan menunjukkan tiket/karcis anda.Nanti petugas akan menawarkan kode untuk naik kreta yang mana.

Tidak usah aib dan takut,apalagi takut nyasar ( ini masih tempat jabodetabek,tenang saja tidak akan tersesat,anggap pengalaman saja ).Kalau apesnya hingga salah kreta ( walaupun kecil kemungkinan ) toh anda tinggal tanya saja ke petugas harus bagaimana selanjutnya,intinya jangan aib bertanya.

Di potongan ini biasanya yang masih gres pemula sering salah dan taukah anda penyebabnya apa? MEREKA TIDAK MAU BERTANYA,pepatah aib bertanya sesat dijalan itu benar adanya lohh.


5. Didalam Kreta


Sewaktu didalam kreta juga anda dihentikan sembarangan,ada beberapa peraturan yang harus anda ikuti,antara lain :
  • Ada gerbong khusus untuk perempuan dan anak-anak
Ada gerbong yang memang dibentuk khusus untuk perempuan dan anak-anak.Jadi kalau anda BUKAN salah satu dari mereka,jangan masuk,nanti kena tegur petugas.Kalau kena tegur petugas sih nggak terlalu masalah,yang aib itu kalau ken omelan emak-emak ( hadeehhhhh,warrbiasaahhh ).
  • Ada dingklik prioritas
Di kreta listrik bergotong-royong sudah di design sedemikian rupa baiknya,salah satunya yakni dengan menawarkan dingklik priortas khususnya untuk ibu hamil dan menyusui atau untuk lansia.Tetapi kenyataanya,masih banyak terjadi pelanggaran " MENTAL " disini.

Masih banyak yang akal-akalan tidak tau dan akal-akalan lupa soal peraturan ini.Walaupun anda gres pertama menaikinya,saya harapkan anda tidak melakukanya juga yaa.


6. Sampai Tujuan


Setelah hingga ke tujuan anda,silahkan lakukan TAP OUT atau menempelkan tiket anda di pintu keluar stasiun ( yang kaya pitu penghalang potongan kasir itu yaa ) kalau pintu kretanya sih terbuka otomatis tidak perlu anda apa-apakan.

Dari semua klarifikasi diatas,saya harapkan anda mengerti dan memahaminya dengan baik.Hal yang paling penting ketika anda melaksanakan suatu hal yang belum pernah anda lakukan sebelumnya yakni dengan BERTANYA.

BACA :



Demikian pembahasan perihal bagaimana cara untuk naik KRL atau kereta api komuter line yang benar sesuai dengan mekanisme yang berlaku.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.

Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Cara Naik Krl Kereta Api Komuter Line ( Lengkap + Rutenya )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel